Minggu, 15 Desember 2019

Soal CSR, Ratusan Perusahaan di Kabupaten Serang Membangkang

Wakil Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Serang, Zainal Abidin-[Foto: InilahBanten/Arif Soleh ]
Rabu, 07 Agt 2019 | 16:57 WIB - Serang Ekonomi & Bisnis

lBC, Serang – Wakil Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Serang, Zainal Abidin mengatakan, bahwa sebanyak 600 lebih perusahaan swasta yang ada di Kabupaten Serang hingga kini membangkang atau tidak patuh terkait Corporate Social Responsibility (CSR). Padahal, terkait itu tertuang dalam Perda Nomor 12 Tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Perusahaan atau Corporate Social Responsibility.

“Kendala yang utama perusahaan swasta besar seperti di kawasan Modern Cikande, Nikomas itu melakukan CSR sendiri. Seharusnya meski melakukan CSR sendiri seharusnya melaporkan kepada pihak Tim CSR Kabupaten Serang, nah dia laporannya hanya lisan belum pernah tertulis,” katanya kepada lnilahBanten saat ditemui di Gedung DPRD Kabupaten Serang pada Rabu, 7 Agustus 2019.

Baca juga: BPR Serang Salurkan CSR Tujuh Cator dan Alat Drumband

“Maka, Ibu Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah harus lebih keras lagi, karena mereka (perusahaan) tidak patuh,” sarannya. Menurut Politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini, CSR yang diberikan Perusahaan Daera Bank Perkreditan Rakyat (PD BPR) atau Bank Serang ataupun Bank bjb bukan CSR murni. “Kalau CSR dari bank bjb dan BPR Serang itu bukan CSR murni, karena ada dana pemda itu untuk penyertaan modal dari APBD Kabupaten Serang,”katanya.

Zainal memastikan, CSR murni yang harus dilakukan oleh perusahaan-perusahaan di Kabupaten Serang selama dirinya sebagai Ketua Tim CSR Kabupaten Serang periode 2014-2016 itu tidak ada. Seharusnya, dengan adanya Perda Nomor 12 Tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Perusahaan atau Corporate Social Responsibility perusahaan patuh.

“Mereka (perusahaan) mengatur sendiri, seharusnya dengan adanya perda itu perusahaan manut, tapi perusahaan tidak ada yang manut. Dari 600 perusahaan tidak ada. Sampai saya diganti (dari Ketua Tim CSR) sampai saat ini pun tidak ada,”tegas Zainal.

Baca juga: Tatu: CSR Perusahaan Swasta di Kabupaten Serang Jauh dari Harapan

Sebelumnya Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengungkapkan jika dana tanggung jawab perusahaan atau Corporate Social Responsibility yang dikelola oleh Tim CSR masih jauh dari harapan. Padahal, di Kabupaten Serang ada lebih dari 500 perusahaan swasta.

“Pengelola CSR dari perusahaan di Kabupaten Serang masih jauh dari harapan. Tapi, kami akan terus berusaha agar sesuai harapan karena atas dasar Perda pengelolaan CSR,” ungkap Tatu usai penyerahan CSR secara simbolis berupa tujuh unit motor roda tiga atau becak motor (cator) sebagai pengangkut sampah.

Tujuh cator dari corporate social responsibility (CSR) Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat (PD. BPR) atau Bank Serang juga menyerahkan alat drumband kepada MI Alkhariyah di Kecamatan Mancak dengan total dana Rp437 juta.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Soal CSR, Ratusan Perusahaan di Kabupaten Serang Membangkang

PEMERINTAHAN

169 dibaca
Tiga Kali, Pemkab Serang Raih Penghargaan Peduli HAM
384 dibaca
Soal Aset, Bupati Serang Tegaskan Gubernur Tidak Perlu Mediasi

POLITIK

186 dibaca
Hadiri Launching Pilbup Serang 2020, Pandji Pastikan ASN Netral
201 dibaca
KPU Launching Pilbup dan Wabup Serang 2020

HUKUM & KRIMINAL

95 dibaca
Simpan Sabu di Celana, Karyawan Swasta Diamankan Polisi
1091 dibaca
Duh, Gadis Warga Pontang Diperkosa di Areal Persawahan

PERISTIWA

305 dibaca
Bantah Tuduhan, Mantan Bupati Serang Ancam Polisikan Pendemo
204 dibaca
FPKS Duga Kasus Dua BUMD Libatkan Mantan Bupati Serang

EKONOMI & BISNIS

198 dibaca
Pemkab Serang Pamerkan Gerabah Bumijaya di Bandara Soetta
315 dibaca
Pasca Kebakaran, Pedagang Pasar Baros Diberi Bantuan Rp549 Juta
Top