lB, Jakarta - Semakin meluasnya penetrasi internet terutama melalui perangkat mobile seperti smartphone dan tablet, membuat cara mendapatkan informasi pun berubah.
Jika dahulu kebanyakan pecinta otomotif langsung menyambangi diler untuk mendapatkan informasi mobil baru, kini semuanya beralih dengan banyaknya konsumen yang memilih mencari informasi mobil baru menggunakan internet.
Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Google dan TNS menunjukkan bahwa peranan perangkat seluler telah merubah cara belanja orang Indonesia dalam membeli Mobil.
Penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 ini menunjukkan 73% dari mereka yang menggunakan mobil di Indonesia rata-rata memiliki 1,7 perangkat, dan 73% dari mereka menggunakan perangkat seluler.
"Orang Indonesia kebanyakan mencari promosi untuk mendapatkan harga terbaik dari mobil yang diincar melalui perangkatnya," ujar Amalia Fahmi, Industry Head Google Indonesia, di Jakarta pada Selasa, 11 April 2017.
"Pembeli mobil juga suka mencari informasi panduan beli mobil yang menyediakan liputan mendalam, rating, dan ulasan mobil baru di Indonesia serta perbandingan harga," tambahnya.
Tak hanya mencari informasi harga dan promosi, saat ini juga terlihat kecenderungan peningkatan akses ke konten komersial video seperti yang disediakan oleh beberapa pemain besar seperti Toyota.
"Kami melihat online video kini bisa merubah pandangan untuk suatu brand," kata Amalia.
Merespons riset tersebut, Head of Media Relation Toyota-Astra Motor (TAM) Dimas Ibrahim Aska menuturkan konsumen saat ini sudah cenderung lebih suka mendapatkan informasi dari bagian otomotif di situs web konsumen, berita, atau portal web dibanding diler.
"Interest pertumbuhan untuk melakukan riset digital selalu meningkat dengan berbagai kategori dari sisi brand dan tipenya," ujar Dimas.[lnilahcom]