Kamis, 21 Januari 2021

Sepi Wisatawan, Keluh Kesah Warga Cikoncang Tak Lagi Miliki Penghasilan

Suasana Bendungan Cikoncang di Desa Katapang, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak sepi penujnjung atau wisatawan.[Foto: Inilah Banten/Syam]
Selasa, 05 Jan 2021 | 08:03 WIB - Lebak Wisata

lBC, Lebak - Bendungan Cikoncang yang berlokasi Desa Katapang, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak dan berbatasan dengan Desa Curugciung Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang kini terlihat begitu sepi dari wisatawan. Padahal, sejak pertama dibuka pada Desember 2019 lalu itu biasanya begitu ramai dipadati pengunjung.

Awal penurunan jumlah pengunjung yang datang ke bendungan itu berawal dengan adanya insiden perahu yang terbalik pada Oktober 2020 lalu, hingga menewaskan sebanyak tiga orang.

Ditambah, saat ini Kabupaten Lebak masih tetap menerapkan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) dan menutup seluruh objek wisata guna mencegah terjadinya penyebaran wabah covid-19. Alhasil, kebijakan itu begitu berdampak besar terhadap perekonomian para insan wisata.

Salah seorang pedagang di Bendungan Cikoncang, Mahmud mengeluhkan, dengan menurunnya wisatawan yang berkunjung ke Cikoncang. Karena, dengan penurunan jumlah wisatawan tentunya begitu membawa dampak terhadap perekonomiannya. Lantaran, biasanya rumah makan yang ia miliki di Cikoncang kerap dipadati wisatawan.

"Tidak lagi ramai sekarang. Kita pedagang kecil sangat rugi kepada perekonomian, akibat covid-19. Dulu itu tidak ketampung sama kami kalau ada yang datang kesini tapi, untuk bisa dapat keuntungan Rp100 ribu saja sekarang susah," ucap Mahmud kepada wartawan pada Senin, 4 Januari 2021.

Untuk itu, ia berharap agar kondisi yang saat ini terjadi bisa segera berakhir. Guna perekonomian para pedagang yamg hanya mengandalkan penghasilan di bendungan Cikoncang bisa segera berakhir. "Mudah mudahan bisa segera pulih lagi, agar perekonomian bisa normal lagi," katanya.

Senada dikatakan, Syahrosi yang juga pemilik kedai Safana di wisata Bendungan Cikoncang. Ia juga mengakui begitu besar dampak yang dirasakan saat ini lantaran sepinya pengunjung yang tidak lagi berwisata ke Cikoncang padahal saat wisata Cikoncang ramai ekonomi masyarakat bisa terangkat lantaran bisa memperoleh rupiah dari berbagai sektor di wisata Cikoncang ini.

"Kalau ramai itu bukan saja yang pemuda bisa tertolong perekonomian nya. Tapi, yang sudah menikah pokonya yang ada di lingkungan cikoncang semua bisa memiliki penghasilan karena banyak cara yang bisa dilakukan. Mulai dari berdagang, menjaga tiket dan lainnya," tandasnya.[Syam/Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Sepi Wisatawan, Keluh Kesah Warga Cikoncang Tak Lagi Miliki Penghasilan

INILAH BANTEN

65 dibaca
Brimob Polda Banten, Siap Antisipasi Penanggulangan Bencana
100 dibaca
HPN 2021 SMSI Sumbang Jalan dan Sarana Sanitasi

INILAH SERANG

31 dibaca
HPN 2021, SMSI Tuntaskan Bangun Jalan dan Sanitasi untuk Masyarakat
71 dibaca
11 Kali Beraksi, 5 Pelaku Spesialis Bobol Minimarket Diringkus

HUKUM & KRIMINAL

71 dibaca
11 Kali Beraksi, 5 Pelaku Spesialis Bobol Minimarket Diringkus
309 dibaca
Sedang Tidur, Pengedar Sabu Ditangkap Dirumahnya

POLITIK

97 dibaca
KPU Pandeglang Siapkan Materi Gugatan di MK
115 dibaca
Sekda: Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Serang Diharap 17 Februari

PENDIDIKAN

151 dibaca
Nadiem Makarim Bicara Korban Sriwijaya Air
280 dibaca
Tenaga Pengajar Berstatus ASN di Pandeglang Masih Minim
Top