Kamis, 18 April 2024

Sekolah Diminta Bekali Siswa Skill untuk Kurangi Pengangguran di Kota Serang

Ilustrasi pengangguran/Net]
Rabu, 13 Des 2023 | 22:25 WIB - Serang

lBC, Serang - Permasalahan pengangguran di Kota Serang merupakan Pekerjaan Rumah (PR) yang perlu diselesaikan secara bersama-sama. Oleh karenanya penting untuk setiap sekolah membekali peserta didik dengan berbagai keahlian, terutama keahlian yang memang dibutuhkan dunia industri.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Serang, Poppy Nopriadi. Dirinya mengungkapkan bahwa untuk  mengatasi pengangguran di Kota Serang, perlu adanya kolaborasi antara semua pihak.

Poppy mengimbau kepada sekolah-sekolah agar bisa membekali siswanya dengan berbagai keahlian (Skill) yang memang dibutuhkan oleh dunia usaha.

"Bekali mereka dengan kemampuan-kemampuan, mengikuti pelatihan untuk mengasah keterampilan. Supaya mereka bisa memenuhi apa yang dipersyaratkan oleh perusahaan-perusahaan yang nantinya merekrut mereka sebagai pekerja," ujarnya kepada wartawan pada Rabu, 13 Desember 2023.

Ia mengatakan hal tersebut sebagai upaya peningkatan sumber daya manusia. "Jadi bukan sekedar punya ijazah kelulusan saja. Karena industri itu memerlukan tambahan keterampilan yang lain. Keterampilan baik teknis maupun non teknis," katanya.

Poppy mengaku bahwa pihaknya selama ini telah melakukan upaya-upaya peningkatan sumber daya manusia di Kota Serang dengan menyelenggaran berbagai kegiatan, seperti pelatihan-pelatihan berbasis kompetensi agar para calon tenaga kerja mempunyai keterampilan. "Agar bisa diserap dunia industri," ucapnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa pihaknya dalam mengatasi banyaknya jumlah pengangguran di Kota Serang menggelar job rekruitmen atau job fair untuk bisa mempertemukan antara pencari kerja dengan perusahaan-perusahaan.

"Kita jalin hubungan yang baik dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Serang maupun diluar Kota Serang agar bisa menyerap tenaga kerja asal kota serang. Kemudian juga memaksimalkan kuota-kuota pengiriman tenaga kerja di luar negeri," katanya.

Namun, pengiriman pekerja keluar negeri pun masih minim pekerja yang terdidik dan terlatih. "Tapi ini balik lagi, masih sedikit orang yang memenuhi kriteria untuk di luar negeri. Terutama tenaga kerja yang terdidik dan terlatih, saat ini masih didominasi pekerja kasar seperti asisten rumah tangga," tandasnya.[Edn]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Sekolah Diminta Bekali Siswa Skill untuk Kurangi Pengangguran di Kota Serang
aulmummc zf

INILAH SERANG

967 dibaca
Pangdam Siliwangi Resmikan Jembatan Gantung di Kabupaten Serang

HUKUM & KRIMINAL

4117 dibaca
Jabatan Kapolres Serang Akan Diserahterimakan

POLITIK

1824 dibaca
Pilkada Kota Tangerang 2018, Agus Setiawan Ambil Formulir di PDIP
Top