Selasa, 23 April 2024

Sebelum di KPU Lebak Tiga Komisioner ini Berprofesi Sebagai Wartawan, Siapakah Mereka?

Ace Sumiarsa Ali, Apipi dan CR Nurdin, saat melakukan dialog interaktif pada acara kunjungan kerja di KPU Buleleng. (Foto-Akew/inilahbanten)
Minggu, 27 Agt 2017 | 16:01 WIB - Lebak Politik

IBC, Lebak - Tanpa di sadari, tiga orang diantara lima anggota komisoner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak ternyata  mantan Jurnalis. Adalah Cedin Rosyad Nurdin, Ace Sumiarsa Ali dan  Apipi.   

Kehadiran mereka dilembaga penyelenggara pemilu pun nampaknya bisa membawa nama Jurnalis menjadi harum, lantaran kinerja ketiganya di KPU  bisa dikategorikan cakap serta handal dalam menjalankan tugas yang di embankan kepada ketiganya.

Seperti yang terlihat pada acara kunjungan kerja ke Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, beberapa hari yang lalu, ketiganya nampak aktif dan komunikatif dalam acara studi banding.

Lantas apa saja tugas ketiganya di KPU Lebak?  Berdasarkan data yang tertuang pada struktur organisasi,  Cedin Rosyad Nurdin mantan wartawan di sebuah koran harian terkemuka ibu kota tersebut di berikan mandat untuk menangani Devisi Hukum, dimana beberapa tugas penting yang harus ia tangani semisal pembuatan rancangan keputusan, verifikasi partai politik, verifikasi DPD, pelaporan dana kampanye, telaah hukum, advokasi hukum, sengketa pemilu, dokumentasi hukum serta pengawasan dan pengendalian internal.

Kemudian Ace Sumiarsa Ali, mantan wartawan penuh dedikasi ini tercatat pernah mengabdi pada koran harian lokal Banten, tugas di KPU pun ia dipercaya sebagai Devisi Umum, Keuangan dan logistik yang meliputi adminsitrasi perkantoran, kearsipan, protokol dan persidangan, pengelolaan dan pelaporan barang milik negara, kerumah tanggaan kantor, keamanan, pelaksanaan pertanggung jawaban dan pelaporan keuangan, logistik serta pengadaan barang dan jasa.  

Sementara Apipi, dipercaya duduk pada Devisi Perencanaan dan Data, dimana mantan wartawan harian lokal ini juga dalam tugasnya harus menangani penyusunan program dan anggaran, pemutakhiran data pemilih, sistem informasi yang berkaitan dengan tahapan pemilihan, pengelolaan jaringan IT, scane hasil pemilu, serta pelaporan dan evaluasi tahapan pemilu.

“Kita mencoba semaksimal mungkin menjalankan amanah yang diberikan kepada kami, sesuai tugas pokok dan pungsinya. Tanpa terasa memang kita telah melakoni beberapa kali pemilihan umum, baik itu pemilihan legislatif, pemilihan gubernur. Kini masa bakti kami tinggal satu tahun lagi, lantaran Januari 2019 kami habis masa pengadiannya,”kata Apipi didampingi Ace Sumiarsa Ali.

Reporter: Akew
Redaktur: Fahdi Khalid
Bagikan:

KOMENTAR

Sebelum di KPU Lebak Tiga Komisioner ini Berprofesi Sebagai Wartawan, Siapakah Mereka?

BERITA TERKAIT

aulmummc zf

INILAH SERANG

2653 dibaca
Dugaan Korupsi Genset RSUD Banten, WH Tantang Kejati Tetapkan Tersangka

HUKUM & KRIMINAL

1755 dibaca
Sejumlah Pejabat Polres Serang Dimutasi dan Promosi, Ini Daftarnya

POLITIK

1939 dibaca
Pilkada Kota Serang 2018, Golkar Beri Waktu Subadri Tujuh Hari untuk Berfikir
Top