Senin, 08 Maret 2021

Sakit Gigi? Ini obat Herbal Yang Ampuh

Ilustrasi herbal cengkeh
Rabu, 16 Des 2020 | 07:30 WIB - Nasional Kesehatan

IBC, JAKARTA - Kata orang 'lebih baik sakit gigi daripada sakit hati.' Namun kenyataannya sakit gigi juga tetap terasa menyakitkan. Tapi obat herbal untuk sakit gigi mungkin bisa bantu mengatasinya.

Selain berkumur dengan air garam - seperti yang banyak disarankan selama ini - Anda juga bisa mencoba berbagai obat herbal untuk sakit gigi karena sebab apapun.

Namun jika sakit gigi terjadi lebih dari 2 hari, ada baiknya Anda juga pergi ke dokter gigi.

Dikutip dari berbagai sumber ini beberapa obat herbal untuk mengobati sakit gigi :

1. Cengkeh
Pohon cengkeh merupakan tanaman yang berasal dari Maluku, menghasilkan cengkeh atau bunga lawang atau kembang lawang. Yang disebut cengkeh adalah putik bunga yang dikeringkan.

Cengkeh biasanya digunakan sebagai bumbu masakan, baik dalam bentuknya yang utuh maupun bubuk. Cengkeh juga digunakan sebagai bahan rokok kretek. Di China dan Jepang, cengkeh dipakai sebagai bahan dupa. Minyak cengkeh juga dapat dimanfaatkan sebagai aromaterapi dan mengobati sakit gigi.

Cara paling mudah adalah dengan dengan mengambil satu buah cengkeh utuh kering. Kunyah sedikit untuk melepaskan minyaknya, kemudian letakkan di area gigi yang sakit. Diamkan selama 30 menit.

2. Bawang putih
Bawang putih telah banyak digunakan untuk tujuan pengobatan sepanjang sejarah. Ini mengandung senyawa yang disebut allicin, yang menyumbang sifat antibakterinya yang kuat.

Ambil bawang putih segar, kemudian haluskan. Campur dengan sedikit garam, dan oleskan ke gigi yang sakit.

3. Teh Peppermint
Seperti cengkih, peppermint memiliki khasiat 'mati rasa' yang dapat meredakan sakit gigi. Mentol, yang memberi rasa dan aroma mint pada peppermint, juga dikenal sebagai antibakteri.

Satu sendok teh daun peppermint kering bisa dimasukkan ke dalam secangkir air mendidih dan direndam selama 20 menit. Setelah dibiarkan dingin, bisa ditelan di dalam mulut lalu diludahkan atau ditelan.

Kantong teh basah yang sedikit hangat juga dapat digunakan dan ditempelkan pada gigi selama beberapa menit sampai nyeri berkurang.

Beberapa tetes minyak peppermint pada bola kapas juga dapat ditempelkan pada gigi yang sakit sebagai obat sementara.

4. Lidah buaya
Gel lidah buaya telah lama digunakan untuk menyembuhkan luka bakar dan luka ringan. Beberapa orang sekarang menggunakan gel untuk membersihkan dan menenangkan gusi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki kualitas antibakteri alami dan dapat menghancurkan kuman penyebab kerusakan gigi. Gel harus dioleskan ke area mulut yang nyeri dan dipijat dengan lembut.

5. Ekstrak Vanila
Ekstrak vanila mengandung alkohol. Alkohol akan mematikan rasa sakit untuk sementara waktu, dan antioksidan dalam vanila dapat membantunya sembuh. Gunakan jari atau bola kapas untuk mengoleskan sedikit minyak pada gigi dan gusi yang sakit.

Obat herbal untuk sakit gigi bisa diaplikasikan sementara, jika sakit berlanjut Anda harus berobat ke dokter gigi untuk mendapat perawatan yang tepat.(CNNIndonesia/IBC)***

Redaktur: Nunu
Bagikan:

KOMENTAR

Sakit Gigi? Ini obat Herbal Yang Ampuh

BERITA TERKAIT

dinsos dewan ac as Fae SF

INILAH SERANG

78 dibaca
Balap Liar di Kibin Dibubarkan Polsek Cikande
Top