Kamis, 13 Juni 2024

Rumah Diperbaiki, Bupati Serang Bantu Maksimal Korban Bencana

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat menyerahkan kunci rumah kepada warga korban puting beliung pada Kamis, 22 Februari 2018. (Foto Qomat)
Kamis, 22 Feb 2018 | 17:36 WIB - Serang Peristiwa

lBC, Serang – Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengunjungi warga yang pernah terdampak bencana puting beliung pertengahan November 2017 lalu di Kampung Pabuaran, Desa Cikande, Kecamatan Cikande pada Kamis, 22 Februari 2018. Dalam kunjungannya, Bupati Serang ditemani Dandim 0602/Serang Letkol Czi Harry Praptomo, Wakapolres Serang Kompol Heri Sugeng, Kepala Dinas PUPR Hatib Nawawi, dan Camat Cikande Ajat Sudrajat.

Warga di kampung tersebut terdampak bencana puting beliung pada Kamis, 16 November 2017. Enam rumah porak poranda dan kini sudah dibangun kembali oleh Pemkab Serang bekerja sama dengan aparat TNI dari Kodim 0602/Serang.

“Alhamdulillah, enam rumah sudah diperbaiki dan sangat layak huni. Karena itu kita tinjau langsung untuk memastikan semua sudah berjalan normal,” kata Tatu kepada wartawan.

Baca juga: Puting Beliung Rusak Ratusan Rumah Warga di Cikande

Tatu menyempatkan berbincang dengan setiap warga yang menghuni rumah barunya. Tatu menemukan banyak masalah, mulai dari kepala keluarga yang sulit mendapatkan pekerjaan, anak usia sekolah yang kesulitan biaya, hingga belum tersentuh bantuan pemerintah seperti program keluarga harapan (PKH).

Saat kunjungan itu pula, Tatu langsung berkoordinasi dengan dinas terkait untuk responsif. Antara lain, langsung meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang untuk menurunkan program kejar paket untuk kepala keluarga agar bisa bekerja di industri serta memberikan beasiswa kepada anak usia sekolah.

“Setelah berbincang kepada warga kita menemukan ada suami yang belum kerja karna tidak punya ijazah. Sehingga,  Camat akan mendata siapa yang belum memiliki ijazah SD, SMP, dan SMA agar ikut ke program paket A,B, dan C. Tidak boleh ada anak putus sekolah dan pencari kerja harus dipermudah dan diberi solusi,” tegas Tatu.

Baca juga:Warga Korban Puting Beliung di Cikande Dapat Bantuan

Hasil pantauan, terdapat korban puting beliung yang belum mendapatkan PKH dari pemerintah pusat. Sehingga, akan didata ulang untuk masuk ke program Gerbang Utama yang menjadi program Pemkab Serang sebagai replika dari PKH.

“Karena pada kenyataanya masyarakat masih ada yang belum tercover di PKH dan Jamsosratu. Sehingga, Pemda harus memunculkan Gerbang Utama,” imbuhnya.

Dandim 0602/Serang Letkol Czi Harry Praptomo turut peduli terhadap para warga yang terdampak bencana di kampung tersebut. Ia menegaskan, akan merekrut salah satu anak muda yang saat ini masih berusia SMP untuk bisa menjadi tentara. “Bagi anak yatim yang mau menjadi tentara dan memenuhi syarat, akan kami fasilitasi,” kata Harry.

Salah satu penerima bantuan, Aminah, mengaku senang atas kepedulian Pemkab Serang dan Bupati Serang yang turun langsung menemui korban puting beliung. Bahkan, sebelumnya pada November 2017, Tatu sempat mengajak puluhan warga untuk makan bersama saat proses perbaikan rumah dilakukan.

“Sebelumnya, rumah saya sudah rata dengan tanah dan khawatir akan tinggal dimana lagi. Alhamdulillah, dikasih bantuan sembako juga dan lainnya,” katanya.[Qomat]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Rumah Diperbaiki, Bupati Serang Bantu Maksimal Korban Bencana
hclh

INILAH SERANG

463 dibaca
Tahun 2023, DPUPR Kabupaten Serang Terima DAK Rp26 M dari Kemen PUPR
750 dibaca
Polres Serang Tangkap Pengedar Sabu Saat Menunggu Konsumen

HUKUM & KRIMINAL

1407 dibaca
Bupati Serang Selamatkan Dua Korban Human Trafficking
1609 dibaca
Jadikan Gadis ABG Budak Seks, Warga Cipondoh Ditangkap

POLITIK

1601 dibaca
DPS Pemilu Serentak 2019 Ditetapkan oleh KPU Lebak

PENDIDIKAN

1394 dibaca
Tito Sutanto Siap Kawal Peningkatan Mutu Pendidikan Tingkat SMP di Lebak
Top