Jumat, 26 April 2019

Roh Siapakah Yang Wangi Ini?

[foto ilustrasi]
Senin, 03 Des 2018 | 22:13 WIB - Mozaik Islami

Al-Barra bin Azib radhiyallahu anhu meriwayatkan,

"Kami keluar bersama Nabi shallallahu alaihi wa sallam untuk mengurusi jenazah seorang laki-laki dari tokoh sahabat Anshar. Lantas kami sampai di kuburan yang belum digali. Lalu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam duduk dan kami pun duduk di sekeliling beliau seakan-akan kepala kami dihinggapi burung.

Beliau shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Mohonlah semaumu untuk Allah Subhanahu wa Taala dari siksa kubur. (sebanyak dua kali atau tiga kali).

Kemudian beliau bersabda lagi, Sesungguhnya seorang hamba yang beriman jika terpisah dari dunia dan menuju ke akhirat, niscaya dia didatangi malaikat dari langit yang menghadap putih bagaikan mentari. Mereka membawa kain kafan dan wewangian dari surga, lalu duduk di depan.

Selanjutnya datang lagi dan duduk di samping kanan. Malaikat maut itu berkata, Wahai jiwa yang baik! Keluarlah menuju ampunan Allah Subhanahu wa Taala dan rida-Nya. Lantas nyawanya pun keluar dan mengalir mengalirnya tetesan udara dari wadahnya.

Ketika malaikat mengambil nyawanya, dia juga tidak akan mengeluarkannya, dan mereka menempatkannya di dalam kafan dan wewangian tersebut. Dan dari nyawanya tersebut muncul keharuman seperti misk (kasturi) terharum yang ada di muka bumi.

Nabi shallallahu alaihi wa sallam melanjutkan kisahnya, Kemudian mereka membawa nyawa naik tersebut. Mereka tidak melupakan mereka dan mengatakan, Roh siapakah yang ingin ini? Mereka menjawab, Ruh fulan bin fulan, dengan menyebut nama terbaik dia bisa disebut di dunia.

Agar para malaikat yang membawa mereka sampai di langit dunia, maka mereka meminta agar dibukakan pintu nyawa tersebut. Kemudian dibukakan pintu untuknya. Selanjutnya malaikat muqarrabun dari masing-masing langit mengantarkannya sampai ke langit berikutnya. Sampai ke langit ketujuh.

Lantas Allah Azza wa Jalla berfirman, Tulislah buku catatan amal hambaku ini di Illiyyin dan kembalikan dia ke bumi, ke tanah yang saya inginkan mereka dari tanah, dan dari sanalah Aku akan mengeluarkan mereka pada waktu yang lain.

Beliau shallallahu alaihi wa sallam masih melanjutkan kisahnya,

Selanjutnya rohnya membebaskan pada jasadnya, lalu dia didatangi dua malaikat, lalu keduanya mendudukkannya dan bertanya sebaliknya, siapa Rabbmu? Dia menjawab, Rabbku adalah Allah Subhanahu wa Taala. Bertanya lagi, Apa agamamu? Dia menjawab, "Agamaku Islam.

Apa yang Anda lakukan diutus untuk Anda? Dia menjawab, Dia adalah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Bertanya lagi, Apa yang menyebabkanmu mengetahuinya? Dia menjawab, Saya membaca kitab Allah, lalu saya beriman paksa dan membenarkannya.

Lantas di langit ada yang mengumandangkan, Hambaku benar. Hamparkanlah untuknya permadani dari surga, berilah dia pakaian dari surga dan bukakan untuknya ke arah surga, lalu didatangkan angin dan semerbak keharuman surga. Kemudian kuburnya dilapangkan sebatas mata melihat.

Selanjutnya dia didatangi sesosok yang tampan muka, bagus pakaiannya, dan harum baunya. Ia berkata, Bergembiralah engkau dengan sesuatu yang membuatmu gembira. Ini adalah harimu yang telah dijanjikan untukmu. Lantas dia bertanyaahankan, Kamu ini siapa? Wajahmu adalah wajah yang datang dengan kebaikan.

Dia menjawab, Saya adalah amal kebajikanmu. Lalu dia berkata, Ya Rabbi! Datangkanlah hari kiamat Saya dapat kembali pada keluargaku dan hartaku. (HR Al-Baihaqi dengan sanad shahih).

[Hiburan Orang-orang Shalih, 101 Kisah Segar, Nyata dan Penuh Hikmah / kisahmuslim/lnilah]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

LAINNYA

Hai Muslimah! Hiasilah Dirimu dengan Rasa Malu
Jumat, 26 Apr 2019 | 12:02 WIB
Hai Muslimah! Hiasilah Dirimu dengan Rasa Malu
Manusia Terburuk Orang yang Mempersulit Keluarga
Jumat, 26 Apr 2019 | 11:57 WIB
Manusia Terburuk Orang yang Mempersulit Keluarga
Pekerjaan Paling Mulia di Mata Rasulullah
Kamis, 25 Apr 2019 | 21:06 WIB
Pekerjaan Paling Mulia di Mata Rasulullah
Perempuan tidak Boleh Pasrah Terhadap Masalah
Kamis, 25 Apr 2019 | 20:45 WIB
Perempuan tidak Boleh Pasrah Terhadap Masalah

KOMENTAR

Roh Siapakah Yang Wangi Ini?

PEMERINTAHAN

203 dibaca
Tatu Optimis Pemkab Serang Raih WTP Tanpa Catatan dari BPK RI
6828 dibaca
Soal Tiga Guru Dilantik jadi Pejabat, Gubernur WH: Apa, Apa?
5970 dibaca
Guru Diangkat jadi Pejabat, Ombudsman Sebut Melanggar SE MenPAN- RB

POLITIK

21749 dibaca
Akui Kalah di Banten, Ketua TKD Salahkan Masyarakat dan Kyai Ma'ruf
225 dibaca
Tunggu Hasil Resmi KPU, Andika: Kita Jaga Kondusifitas
202 dibaca
Gubernur Tunggu Rekomendasi KASN Soal Tiga ASN Dukung Calon DPD RI

HUKUM & KRIMINAL

194 dibaca
Polisi Tembak Dua Tersangka Perampok Spesialis Mini Market
127 dibaca
Dua Ribu Gram Sabu dari Jaringan Internasional Dimusnahkan
183 dibaca
Polda Selidiki Pemalsuan 80 SPBJ Palsu di Tangerang

PERISTIWA

1259 dibaca
Pertemuan Gubernur Banten dengan HMI Serang Tuai Kritikan
264 dibaca
Satu Petugas KPPS Meninggal Dunia, Bupati Serang Berduka
269 dibaca
Ricuh Saat Demo Gubernur, HMI Lapor ke Propam Polda Banten

EKONOMI & BISNIS

76 dibaca
Layani Pensiunan, Bank Banten Jalin Kemitraan dengan BPR Baturaja
186 dibaca
Bank Banten Dukung Layanan Samsat Nasional Modern Channel
Top