Minggu, 19 Januari 2020

Rem Blong, Truk Pengangkut Kimia Terguling

[Foto: InilahBanten/Haji Imat]
Kamis, 15 Agt 2019 | 16:39 WIB - Serang

lBC, Serang - Kendaraan truk tanki L 9191 UV mengangkut cairan kimia terguling di gerbang Serang Timur Tol Tangerang – Merak pada Kamis, 15 Agustus 2019, setelah mengalami rem blong. Beruntung cairan kimia yang ada dalam truk tidak tumpah. Tak ada korban jiwa dalam musibah kecelakaan tunggal tersebut, baik sopir maupun kenek hanya menderita luka ringan.

Akibat dari kejadian tersebut lajur transaksi kendaraan kecil pada ruas kiri tidak dapat difungsikan karena akses jalan tertutup kendaraan. Petugas PJR Induk Tol bersama personil PT Marga Mandalasakti tengah berupaya untuk mengevakuasi kendaraan tersebut.

Zainal Abidin (37 tahun), pengemudi truk tanki menceritakan rem blong sudah dirasakan saat kendaraannya akan keluar tol melalui gerbang Serang Timur. Laju kendaraan semakin kencang ketika kendaraan telah melintas fly over dan meluncur ke arah gerbang tol. Beruntung pada saat itu suasana di gerbang aepi kendaraan. Karena tak ingin mengambil resiko menabrak gardu transaksi, ia membanting kemudi sisi kiri jalan.

"Saya tidak mau ambil resiko, kalau dibiarkan mobil meluncur lurus pasti akan banyak makan korban. Saya. pastikan rem kendaraan blong. Itu saya rasakan, pas waktu mau belok keluar tol," ungkap Zainal yang merupakan warga Kampung Mayak, Desa/Kecamatan Baros, Kabupaten Serang.

Menurut karyawan perusahaan ekspedisi PT Agung Jaya Semesta ini, kendaraannya mengangkut cairan kimia yang baru saja diambil dari Merak, Kota Cilegon. Sebelum mengantarkan cairan kimia tersebut ke Kerawang, Jawa Barat, dirinya berniat istirahat dulu di parkiran di Kota Serang.

"Niatnya mau istirahat dulu, nanti malam baru saya kirim ke Kerawang. Tapi pas belok di bawah fly over, mobil tidak bisa direm. Alhamdulilah, tidak ada korban, saya sendiri cuma luka gores tangan," kata Zainal.

Sementara itu, Kepala Induk PJR Tol Tangerang Merak Rikky Akmaja mengatakan masih menyelidiki penyebab pasti kecelakaan tunggal tersebut. Dari keterangan pengemudi, kata Rikky, penyebabnya katena rem blong.

"Keterangan sementara yang kami peroleh dari pengemudi karena rem blong, tapi akan kami selidiki lebih lanjut. Untuk korban jiwa tidak ada dan proses evakuasi kendaraan sedang berjalan," terangnya.

Reporter: Haji Imat
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Rem Blong, Truk Pengangkut Kimia Terguling
x.ackd

PEMERINTAHAN

227 dibaca
Bupati Serang: APBD Rp 3 Triliun Adalah Amanah Rakyat
318 dibaca
Lantik 277 Pejabat, Bupati Serang Minta Pemerintah Kecamatan Siaga Bencana

POLITIK

107 dibaca
Buka Pendaftaran Calon PPK, KPU Pastikan Tak Ada Titipan 
406 dibaca
KPU Kabupaten Serang Buka Pendaftaran Calon Anggota PPK

HUKUM & KRIMINAL

116 dibaca
Cabuli Anak Tiri Warga Kelurahan Unyur Diamankan Polisi

PERISTIWA

54 dibaca
Banjir, Ratusan Rumah di Kecamatan Kasemen Terendam

EKONOMI & BISNIS

160 dibaca
Andika: Banten Siap Dukung Kebijakan Strategis OJK
Top