Jumat, 01 Maret 2024

Rekomendasi 6 Processor Laptop Terbaik Dari Intel Dan AMD

[Foto Istimewa]
Minggu, 12 Mar 2023 | 10:33 WIB - Ekonomi & Bisnis

Salah satu hal yang perlu kamu pertimbangkan saat membeli laptop baru adalah memilih processor laptop terbaik. Sebab, processor adalah komponen laptop yang penting dan utama selain komponen lainnya.

Processor menjadi otak utama dalam sistem operasi laptop. Semakin tinggi nilai kecepatan processor, maka akan semakin tinggi pula kinerja laptop dalam memproses suatu data. Kini, sudah ada banyak perusahaan teknologi yang memproduksi processor laptop.

Namun, Intel dan AMD merupakan dua nama besar yang paling populer di pasaran. Keduanya memproduksi processor untuk laptop dengan memiliki kelebihan masing – masing. Jika kamu ingin membeli processor laptop dari Intel atau AMD, berikut rekomendasi 6 produknya yang terbaik :

Intel Core i9 x Series

Intel adalah jenis processor terpopuler dan paling mendominasi di pasaran. Brand processor satu ini dikenal tahan panas serta memiliki grafis handal. Menurut laman intel.co.id, sebagian processor Intel sudah dilengkapi dengan teknologi Hyper Threading untuk mempertajam gambar. Salah satu processor terbaik dari Intel adalah Intel Core i9 X Series yang menduduki kelas tertinggi diantara seri prosesor Intel lainnya.

Dengan segala kecanggihan yang ditawarkannya, processor seri ini dibandrol dengan harga 999 Dolar Amerika.

Intel Core i5-124000

Rekomendasi processor terbaik berikutnya adalah Intel Core i5-124000 yang diklaim sudah lebih dari cukup untuk menahan VGA mid-end sekelas NVIDIA RTX Series meskipun tidak didukung hybrid core.

Di marketplace, Core i5-124000 termasuk sebagai salah satu processor yang paling banyak digunakan untuk komputer rakitan yang cukup affordable. Meskipun processor ini hanya merupakan generasi kedua belas namun masih cukup dapat diandalkan untuk beberapa waktu mendatang.

AMD Ryzen Threadripper Pro

Processor AMD menjadi pesaing berat dari processor Intel. Kelebihan processor AMD ini terletak pada grafisnya yang bagus. Sehingga tidak heran jika processor ini lebih banyak disukai oleh para pemain game.

Processor terbaik dari AMD saat ini adalah AMD Ryzen Threadripper Pro yang pertama kali diperkenalkan pada pameran CES 2020 di Las Vegas pada Januari 2022 lalu dan diklaim sebagai yang terkencang dari processor seri lainnya.

AMD Ryzen Bulldozer

Processor dari AMD ini menawarkan spesifikasi tinggi di kelasnya. Tak tanggung – tanggung, AMD Ryzen Bulldozer memiliki kecepatan sebesar 3,6 GHz hingga 3.9 GHz dan mencapai kecepatan maksimal hingga 4.2 GHz.

Dengan kecepatan tersebut, AMD Orochi “Bulldozer” cocok digunakan untuk komputer dengan spesifikasi tinggi. processor ini tersedia dalam tiga pilihan core yaitu 6 core (FX60000), 8 core (FX80000), dan 4 core (FX40000).

AMD Ryzen 9 5950X

AMD Ryzen 9 5950X termasuk salah satu processor laptop terbaik yang layak dipertimbangkan. Hadir dengan 16 core dan 32 thread yang menggunakan topologi 2 CCD + 1 IOD. Selain itu, kecepatan processor ini juga bahkan mencapai 5 GHz saat diuji coba melakukan logging CPU di kala pengujian sedang berlangsung dengan menggunakan Cinnebench R15.

Dengan demikian, performanya sangat terbukti dan bahkan saat digunakan pada program atau aplikasi yang memiliki kinerja cukup berat.

Intel Core i7

Rekomendasi processor terbaik untuk laptop selanjutnya adalah Intel Core i7 yang dikembangkan dengan Nehalem Mikroarsitektur. Teknologi tersebut adalah sebuah transistor bermaterial hafnium dioxide dan gate bermetal dengan fabrikasi 45nm.

Dengan Nehakem Mikroarsitektur, Intel Core i7 memiliki performa lebih baik dibandingkan i3 dan i5. Dengan processor laptop ini, kamu bisa menjalankan software animasi, desain grafis, 3D rendering, dan memainkan game berat dengan lancar.

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Rekomendasi 6 Processor Laptop Terbaik Dari Intel Dan AMD

INILAH SERANG

1552 dibaca
Kunjungi WH-Andika, Fahri Hamzah: Maksimalkan Dana Desa & Haritage Banten
2249 dibaca
Identitas Mayat Dalam Kolam Limbah Terungkap

HUKUM & KRIMINAL

1011 dibaca
Polsek Pamarayan Ringkus DPO Spesialis Pencurian HP
1853 dibaca
Eksekusi Lahan dan Bangunan di Ciruas Diwarnai Adu Mulut

POLITIK

978 dibaca
Dzikir Bersama, Ratu Tatu Gelar Tasyakuran Golkar Bareng Ulama
171 dibaca
Prabowo Promosikan Airin jadi Gubernur Banten

PENDIDIKAN

2020 dibaca
Guru Diniyah di Lebak Terima Dana Insentif
1293 dibaca
Bupati Serang Pastikan Beasiswa PTN Bertambah
Top