Jumat, 25 September 2020

Ratusan Rumah Tidak Layak Huni Akan Direhab

(foto-ilustrasi)
Selasa, 09 Jan 2018 | 15:19 WIB - Lebak Ekonomi & Bisnis

IBC, Lebak-Sebanyak 442 unit rumah tidak layak huni (RTLH), milik masyarakat berpenghasilan rendah di Lebak, akan mendapatkan bantuan rehab dari program bantuan stimulan rumah swadaya. Berdasarkan data yang diterima  wartawan dari Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Lebak, dari jumlah 442 unit RTLH tersebut, 295 unit diantaranya RTLH perkotaan, tepatnya di lima kelurahan di Kecamatan Rangkasbitung. Sedangkan sisanya sebanyak 147 unit berada diwilayah perdesaan yang tersebar di sejumlah kecamatan di Lebak.

Kepala DPKPP Lebak, Wawan Hermawan   mengatakan, untuk bantuan stimulan perumahan swadaya 295 unit RTLH, alokasi anggarannya dari dana alokasi khusus (DAK) 2018. Sedangkan untuk bantuan stimulan perumahan swadaya bagi 147 unit RLTH, dialokasikan dari APBD murni 2018. Sedangkan jumlah uang untuk rehab yang akan diterima masing-masing rumah dari DAK 2018, yaitu sebesar Rp 15 juta berbentuk material. Sedangkan jumlah uang untuk rehab yang diterima masing-masing pemilik 147 RTLH dari APBD 2018, yaitu sebesar Rp 8,5 juta berbentuk material.

“Sebelum program ini dilaksnakan, kami akan melakukan verfikasinya terlebih dahulu. Karena bukan tidak mungkin, setelah kami verifikasi, ada RTLH yang sudah menjadi milik orang lain, atau sudah dibangun terlebih dahulu oleh pemiliknya,”ujar Wawan Hermawan, Selasa 9-Januari-2018.

Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman pada DPKPP Lebak, Ahmad Hidayat,  menambahkan verifikasi terhadap calon penerima bantuan stimulan rumah swadaya tahun ini, akan dimulai pada pertengahan Februari. Sedangkan proses realisasi pencairan, hingga penyedian material untuk rehabnya sendiri, sekitar bulan Juli.

“Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, maka dalam program ini, kami akan melakukan pengawasannya secera ketat. Bahkan, masing-masing rumah yang mendapatkan bantuan rehab ini, akan dikontrol tahapan pelaksanannya, sehingga bantuan yang diberikan, benar-benar digunakan untuk merah rumah tersebut,”kata Ahmad Hidayat

 

 

Reporter: Fahdi Khalid
Redaktur: Akew
Bagikan:

KOMENTAR

Ratusan Rumah Tidak Layak Huni Akan Direhab

PEMERINTAHAN

382 dibaca
Pemkab Serang jadi Pilot Project Arsitektur SPBE Nasional
530 dibaca
Jelang Pilkada, Pemkab Serang Antisipasi Konflik Sosial

POLITIK

54 dibaca
Dapat Nomor Urut 1, Tatu-Pandji Siap Tuntaskan Pembangunan
75 dibaca
Terapkan Prokes Covid, KPU Tetapkan Nomor Urut Paslon Bupati dan Wabup Serang
269 dibaca
KPU Tetapkan Dua Paslon Bupati dan Wakil Bupati Serang

HUKUM & KRIMINAL

110 dibaca
Polres Serang Berhasil Ungkap Jaringan Narkoba Lintas Provinsi
207 dibaca
Konsumsi Sabu, Janda Cantik Digerebek Polisi

PERISTIWA

235 dibaca
Curi Kotak Amal, TSP jadi Bulan-bulanan Warga
413 dibaca
Razia Prokes, Gugus Tugas Kabupaten Serang Sanksi Puluhan Pelanggar

EKONOMI & BISNIS

108 dibaca
Muswil Dekopin, Andika: Banten Fokus Pemulihan Ekonomi Tanpa Korbankan Kesehatan
Top