Jumat, 25 September 2020

Ratusan Aktivis Kemanusian Berkumpul di Jambore Relawan Banten 2019

Rabu, 18 Des 2019 | 20:46 WIB - Pandeglang

lBC, Pandeglang - Guna menghimpun dan mempererat kekeluargaan para relawan penggiat kemanusiaan di Provinsi Banten, beberapa komunitas merencanakan menggelar kegiatan Jambore dan rempug serta ajang silaturahmi akbar perdana. Kegiatan yang bertepatan dengan setahun kejadian tsunami di Banten akan melibatkan masyarakat setempat untuk siaga bencana.

"Ada puluhan bahkan ratusan komunitas relawan di Provinsi Banten, mereka bergerak sendiri-sendiri dan mandiri," ujar Aank Ahmad, Ketua Panitia Jambore Relawan Banten 2019 saat ditemui usai rapat persiapan terakhir Jambore Relawan 2019, di Pandeglang pada Selasa, 17 Desember 2019.

Kegiatan yang akan digelar 3 hari 2 malam mulai dari 20 hingga 22 Desember 2019 di Bumi Perkemahan Cikujang Tanjung Lesung, Pandeglang ini bertajuk "membangun jiwa kerelawanan yang mandiri dan solid".

"Jambore ini juga sebagai wahana sharing dan upgrading keilmuan kerelawanan juga tanggap bencana, selain itu di kegiatan ini juga kita akan saling mengenal antar penggiat di komunitas yang berbeda,"tambahnya.

Ada sebanyak 140 relawan yang sudah konfirmasi dan akan mengikuti kegiatan berkonsep outdoor ini. Acara ini juga didukung oleh para pihak dan beberapa industri di Provinsi Banten.

Jambore Relawan ini menurut Aank guna menyatukan visi serta langkah gerak yang lebih terstruktur dari komunitas relawan di Provinsi Banten. Dalam rangkaian acara Jambore, Panitia juga akan merencanakan adanya pembagian santunan dan kegiatan sosial di daerah yang pernah terpapar tsunami selat sunda 2018 silam.

"Mudahan-mudahan kumpul kita nanti juga memberikan dampak positif bagi warga sekitar yang juga menjadi korban tsunami lalu," tandasnya.

Sementara itu dari acara akan diisi dengan kegiatan sharing, peringatan setahun Tsunami Selat Sunda, malam keakraban juga hiburan. "Selain sharing kita juga akan mengisi acara dengan kegiatan-kegiatan yang memperkuat ukhuah dan keakraban antar aktivis dan relawan kemanusian yang hadir, melalui game dan talkshow,"ujar Yosep Aulia Rahman seksi acara Jambore Relawan Banten 2019.

Kegiatan ini disuport secara swadaya oleh peserta dan sumbangsih mandiri dari personal relawan dan komunitas. Selain itu juga akan dicanangkan petisi kemanusiaan oleh para relawan sebagai bentuk soliditas dari komunitas-komunitas relawan di Banten.[Jamal]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Ratusan Aktivis Kemanusian Berkumpul di Jambore Relawan Banten 2019

PEMERINTAHAN

402 dibaca
Pemkab Serang jadi Pilot Project Arsitektur SPBE Nasional
530 dibaca
Jelang Pilkada, Pemkab Serang Antisipasi Konflik Sosial

POLITIK

212 dibaca
Dapat Nomor Urut 1, Tatu-Pandji Siap Tuntaskan Pembangunan
153 dibaca
Terapkan Prokes Covid, KPU Tetapkan Nomor Urut Paslon Bupati dan Wabup Serang
331 dibaca
KPU Tetapkan Dua Paslon Bupati dan Wakil Bupati Serang

HUKUM & KRIMINAL

32 dibaca
Dua Gadis ABG Digilir Tujuh Pemuda
253 dibaca
Polres Serang Berhasil Ungkap Jaringan Narkoba Lintas Provinsi

PERISTIWA

269 dibaca
Curi Kotak Amal, TSP jadi Bulan-bulanan Warga
436 dibaca
Razia Prokes, Gugus Tugas Kabupaten Serang Sanksi Puluhan Pelanggar

EKONOMI & BISNIS

52 dibaca
Dukung Ketahanan Pangan, Polda Banten PT. IP Budidaya Ikan
Top