Selasa, 24 November 2020

Ratu Tatu: Pendidikan Gratis hingga Perguruan Tinggi

Calon bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat berkampanye di Kecamatan Ciomas, Rabu (28/10/2020).
Rabu, 28 Okt 2020 | 19:18 WIB - Banten Serang Politik

IBC, SERANG - Calon Bupati Serang nomor urut 01 Ratu Tatu Chasanah memastikan warga Kabupaten Serang bisa menikmati pendidikan gratis mulai dari sekolah dasar (SD) hingga perguruan tinggi. Beasiswa pun diberikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang untuk memastikan seluruh warga Kabupaten Serang bisa sekolah dan kuliah.

Menurut Tatu, sesuai kewenangan pemerintahan, Pemkab Serang berkewajiban mengelola pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah pertama. Oleh karena itu, untuk menjamin aksesibilitas, telah diluncurkan program beasiswa SD dan SMP.

“Kemudian pemerintah pusat juga menurunkan program bantuan operasional sekolah atau BOS. Jadi program beasiswa Pemkab Serang ini bersinergi dengan program BOS,” kata calon petahana ini di sela-sela kampanye di Kecamatan Ciomas, Rabu (28/10/2002).

Sekadar diketahui, beasiswa tingkat SD sebanyak 1.650 siswa dan beasiswa SMP sebanyak 2.452 siswa. Selain itu, Pemkab Serang juga memberikan beasiswa untuk 212 penghafal Alquran. “Untuk program pendidikan gratis tingkat SMA atau SLTA, sudah diprogramkan Pemerintah Provinsi Banten yang punya kewenangan. Namun Pemkab Serang melalui Baznas Kabupaten Serang, juga memberikan beasiswa untuk siswa SLTA,” tegas Tatu.

Untuk tahun pelajaran 2019/2020, Pemkab Serang memberikan beasiswa untuk 1.400 siswa SD dan 1.445 siswa SMP. Kemudian beasiswa vokasi D-1 Untirta untuk 44 mahasiswa, vokasi D-3 UI 13 mahasiswa, sarjana kedokteran Untirta 7 mahasiswa, sarjana Ilmu hukum Untirta 1 orang, sarjana ilmu pertanian Untirta 1 mahasiswa, dan sarjana guru PAUD 351 mahasiswa.

Kemudian untuk tahun pelajaran 2020, untuk program kuliah gratis, Pemkab Serang memberikan beasiswa untuk vokasi D-1 Untirta untuk 25 mahasiswa, vokasi D-2 UI 8 mahasiswa, sarjana guru PAUD 375 mahasiswa, sarjana kedokteran Untirta 5 mahasiswa, dan program sarjana pertanian Untirta 1 mahasiswa.

“Jika punya kemauan, kemudian tekun belajar, insya Allah, warga Kabupaten Serang berkesempatan menikmati pendidikan gratis dari SD hingga perguruan tinggi. Saya minta para orangtua terus memotivasi dan mendorong anak-anaknya untuk tekun belajar,” ujarnya.

Tokoh masyarakat Kecamatan Ciomas, Ustad Abi Syuja'i menilai, sudah menjadi ikatan batin bahwa warga Kecamatan Ciomas untuk memilih pasangan Tatu-Pandji. Sebab, Tatu merupakan kelahiran wilayah Palima-Cinangka (Palka). “Kita sedang memilih pemimpin yang sudah terbukti membangun Kabupaten Serang, bukan hanya wilayah Ciomas, tetapi juga hingga Kecamatan Bojonegara,” tegasnya. (rls)***

Redaktur: Nunu
Bagikan:

KOMENTAR

Ratu Tatu: Pendidikan Gratis hingga Perguruan Tinggi

PEMERINTAHAN

134 dibaca
Jelang Nataru, TPID Kabupaten Serang Diminta Antisipasi Gejolak Harga
303 dibaca
Sekda Entus: DWP Kabupaten Serang Harus jadi Perekat Masyarakat

POLITIK

100 dibaca
Tinjau Simulasi, Pjs Bupati Serang Optimis Pilkada Sukses Masyarakat Sehat
149 dibaca
Terapkan Prokes, KPU Kabupaten Serang Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara

HUKUM & KRIMINAL

194 dibaca
Resmob Polres Serang Ringkus Tiga Pelaku Curanmor, Dua Ditembak
173 dibaca
214 Ranmor Diungkap Polda Banten

PERISTIWA

55 dibaca
Di Wilayah Hukum Polres Serang, Spanduk dan Baligho Ilegal Diturunkan
171 dibaca
Hujan Deras Akibatkan Tebing Longsor dan Rendam Rumah Warga

EKONOMI & BISNIS

22 dibaca
Widih, Start up Kaesang Dapat Dana Rp 29 Miliar
47 dibaca
Mau Liburan Tahun Baru, Tiket Kereta Api Udah Bisa Dipesen yah
Top