Jumat, 12 Juli 2024
Serang Hukum & Kriminal

PWI Banten Kecam Aksi Kekerasan Terhadap Wartawan

Minggu, 22 Okt 2017 | 06:28 WIB
Firdaus, ketua PWI Cabang Banten (Foto-ist)

IBC, Serang – Persatuan Wartawan Indonesian (PWI) Cabang Banten mengecam aksi kekerasan terhadap Panji Romadon wartawan Harian Banten Pos pada saat peliputan unjuk rasa mahasiswa di depan Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanudin Banten (SMHB)  oleh oknum aparat kepolisian.

            Kekerasan yang dilakukan oleh oknum polisi tersebut dalam melaksanakan tugasnya tidak dibenarkan dan merupakan bentuk kesewenang wenangan. Lantaran, dalam pasal 8 UU no. 40/1999 tentang pers, bahwa dalam melaksanakan profesinya wartawan mendapatkan perlindiungan hukum, bukan sebaliknya menjaid objek kekerasa aparat hukum.

            Untuk itu, menyikapi aksi kekerasan tersebut, Firdaus ketua PWI Banten   menyatakan beberapa pernyataan sikap diantaranya,  mengecam tindakan kekerasan terhadap wartawan, kemudian menuntut penuntasan kekerasan terhadap wartawan dengan segera, transparan, serta menindak tegas oknum aparat yang terlibat serta melakukan kekerasan. PWI Banten mengapresiasi itikad baik Kabid Humas Polda Banten dengan hadir ke redaksi Banten Pos untuk meminta maaf secara langsung.

            “Kami mengutuk serta mengecam aksi kekerasan yang terjadi pada saat peliputan unjuk rasa kemarin. Karena berdasarkan UU no 40/1999 tentang pers, bahwa dalam melaksanakan profesinya wartawan mendapatkan perlindungan hukum, bukan sebaliknya malah menjadi objek kekerasan aparat hukum,”tutur Firdaus dalam siaran persnya yang diterima redaksi IBC, Minggu 22-Oktober-2017.  

KOMENTAR

PWI Banten Kecam Aksi Kekerasan Terhadap Wartawan

BERITA TERKAIT

jbkj

INILAH SERANG

1170 dibaca
Jamkrida Banten Diharapkan Dapat Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi
1017 dibaca
Upacara HUT RI ke-75, Pesan Bupati Serang Lestarikan Kembali Gotong Royong

HUKUM & KRIMINAL

1745 dibaca
Kronologi Pemerkosaan dan Pembunuhan Gadis Baduy
1046 dibaca
Dukung Bongkar Korupsi Hibah Ponpes, Ulama Banten Datangi Kejati

POLITIK

1518 dibaca
Ribuan Anggota PPS di Lantik KPU Lebak
1282 dibaca
BCAD PKS Diminta Pahami Aturan Pemilu 2019

PENDIDIKAN

1381 dibaca
DPKD Pilih Tiga Perpustakaan Desa Terbaik di Kabupaten Serang
Top