Jumat, 01 Maret 2024
Serang Hukum & Kriminal

PWI Banten Kecam Aksi Kekerasan Terhadap Wartawan

Minggu, 22 Okt 2017 | 06:28 WIB
Firdaus, ketua PWI Cabang Banten (Foto-ist)

IBC, Serang – Persatuan Wartawan Indonesian (PWI) Cabang Banten mengecam aksi kekerasan terhadap Panji Romadon wartawan Harian Banten Pos pada saat peliputan unjuk rasa mahasiswa di depan Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanudin Banten (SMHB)  oleh oknum aparat kepolisian.

            Kekerasan yang dilakukan oleh oknum polisi tersebut dalam melaksanakan tugasnya tidak dibenarkan dan merupakan bentuk kesewenang wenangan. Lantaran, dalam pasal 8 UU no. 40/1999 tentang pers, bahwa dalam melaksanakan profesinya wartawan mendapatkan perlindiungan hukum, bukan sebaliknya menjaid objek kekerasa aparat hukum.

            Untuk itu, menyikapi aksi kekerasan tersebut, Firdaus ketua PWI Banten   menyatakan beberapa pernyataan sikap diantaranya,  mengecam tindakan kekerasan terhadap wartawan, kemudian menuntut penuntasan kekerasan terhadap wartawan dengan segera, transparan, serta menindak tegas oknum aparat yang terlibat serta melakukan kekerasan. PWI Banten mengapresiasi itikad baik Kabid Humas Polda Banten dengan hadir ke redaksi Banten Pos untuk meminta maaf secara langsung.

            “Kami mengutuk serta mengecam aksi kekerasan yang terjadi pada saat peliputan unjuk rasa kemarin. Karena berdasarkan UU no 40/1999 tentang pers, bahwa dalam melaksanakan profesinya wartawan mendapatkan perlindungan hukum, bukan sebaliknya malah menjadi objek kekerasan aparat hukum,”tutur Firdaus dalam siaran persnya yang diterima redaksi IBC, Minggu 22-Oktober-2017.  

KOMENTAR

PWI Banten Kecam Aksi Kekerasan Terhadap Wartawan

BERITA TERKAIT

INILAH SERANG

1333 dibaca
Malam Tahun Baru, Masyarakat Diimbau Dzikir di Masjid
2617 dibaca
Tak bernyawa, Jasad Ateng Ditemukan di Bendungan Pamarayan

HUKUM & KRIMINAL

721 dibaca
Pengaruh Minuman Keras Empat Warga Cikande Perkosa Gadis Dibawah Umur
2359 dibaca
Pelaku Curanmor yang Dihajar Massa Ternyata Warga Tangerang

POLITIK

1932 dibaca
Pilkada Kota Serang 2018, Golkar Beri Waktu Subadri Tujuh Hari untuk Berfikir
19948 dibaca
Besok Demo, Tuntutan HMI Copot WH dari Jabatan Gubernur Banten

PENDIDIKAN

1271 dibaca
Anak Pengemudi Taksi Online dapat Beasiswa Hingga S2
405 dibaca
Pemkab Pandeglang Terima Penghargaan dari BPMP Banten
Top