Rabu, 12 Juni 2024

Puluhan Mahasiswa IPB KKN di Lebak

Bupati Lebak, saat poto bersama dengan Mahasiswa ITB di aula Multatuli. (Foto :Ist)
Senin, 17 Jul 2017 | 17:23 WIB - Lebak Pendidikan

IB, Lebak -- Institut Pertanian Bogor (IPB) kembali mengirimkan mahasiswanya untuk melaksanakan kuliah kerja nyata tematik (KKN-T) yang kedua kalinya di Kabupaten Lebak, dimana sebelumnya pada tahun 2016 KKN tematik ini dilaksanakan di tiga  kecamatan yaitu Panggarangan, Bayah dan Cilograng. 

Pada tahun ini, pelaksanaan KKN tematik akan dilaksanakan di tujuh  Desa pada tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Sajira, Cipanas dan Muncang dengan mengangkat tema pengintegrasian pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat dalam pengarusutamaan pertanian, KKN-T ini diikuti 49 orang mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu diantaranya Fakultas Pertanian, ekonomi manajemen dan ekologi manusia. 

Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya dalam sambutannya mengatakan, secara kewilayahan Kabupaten Lebak memiliki potensi pada sektor pertanian, hal ini ditunjukkan dengan pemanfaatan ruang untuk sektor pertanian sekitar 50% dan kontribusi terhadap PDRB pada tahun 2015 sebesar 26,56% sehingga pembangunan sektor pertanian dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat sangatlah penting.  

"Pemerintahan daerah terus melakukan beberapa upaya dalam pembangunan sektor pertanian melalui program unggulan yaitu pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan usaha tani dan irigasi penyediaan sarana dan prasarana mekanisasi pertanian, pembangunan jalan Kabupaten dan pedesaan untuk kelancaran distribusi, pengembangan sentra komoditas unggulan seperti pisang dan gula aren, serta meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam sektor pertanian dengan mengangkat penyuluh menteri tani desa,” kata Iti, dalam acara penerimaan kuliah kerja nyata tematik IPB di aula Multatuli(17-Juli-2017).   

Wakil Dekan Fakultas peternakan IPB DR. Rudi Adnan mengatakan, pelaksanaan kegiatan KKN ini akan dimulai tanggal 17 Juli sampai dengan 26 Agustus 2017. dari 49 mahasiswa akan ditempatkan 7 mahasiswa di setiap desa dari beberapa bidang keahlian yang saling mendukung dan diharapkan dapat membantu dalam mengatasi permasalahan yang ada di desa.

"Kami mohon dukungan serta bantuan dari pemerintah daerah untuk terlaksananya kegiatan KKN yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa bersama masyarakat desa." ungkapnya 

Selain itu Rudi Adnan menjelaskan, tujuan KKN-T ini untuk mengembangkan pengetahuan sikap dan Keterampilan mahasiswa dalam mengidentifikasi, merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program pemberdayaan masyarakat dalam bidang pertanian serta diharapkan dapat memberikan manfaat kepada semua pemangku kepentingan diantaranya mahasiswa, institusi IPB, pemerintah daerah dan masyarakat.

Reporter: Akew
Redaktur: Fahdi Khalid
Bagikan:

KOMENTAR

Puluhan Mahasiswa IPB KKN di Lebak
hclh

INILAH SERANG

915 dibaca
Pemkab Serang Berikan Bantuan Sepatu untuk Siswa SDN Ujungtebu 3
1392 dibaca
Masyarakat Apresiasi Program Pemkab Serang

HUKUM & KRIMINAL

1530 dibaca
Wanita Ngamuk Tabrak Tujuh Motor di Sudirman
1265 dibaca
Saat Jaman Bicara Soal Kekerasan Terhadap Anak

POLITIK

2213 dibaca
Resmi, Tatu-Pandji Terima SK Dukungan PDI Perjuangan

PENDIDIKAN

1471 dibaca
Tak Bela Guru Honorer, Dewan Pendidikan Banten Sebaiknya Membubarkan Diri
Top