Senin, 08 Maret 2021

Puluhan Mahasiswa Gabung Mapaba PMII Kota Serang

Puluhan Mahasiswa saat mengikuti Mapaba PMII Kota Serang. (Foto-Abdul Rahman Ahdori/inilahbanten)
Jumat, 06 Okt 2017 | 19:26 WIB - Serang Pendidikan

IB, Serang-Puluhan Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN Banten) bergabung dengan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Keterpilihan PMII sebagai organisasinya tersebut karena dinilai mampu mengawal keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba) adalah jenjang kaderisasi yang ada di PMII, pelatihan tingkat awal itu dilakukan untuk melatih mental, spiritual dan daya nalar para mahasiswa di seluruh perguruan tinggi di Indonesia tidak terkecuali di Kota Serang.

Ketua Komisariat PMII UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Endang Saepul Malik, mengatakan pihaknya memiliki tujuh rayon yang ada di masing masing fakultas. Menurutnya, keberadaan PMII sangat dibutuhkan oleh bangsa dan negara. Sebab, kata dia, hanya PMII lah yang memiliki haluan Ahlusunnah Waljamaah sebagai idiologi mayoritas rakyat Indonesia.

“Mau sampai kapanpun PMII akan setia kepada NKRI, akan menjaga Indonesa dan akan merawat kebinekaan, saya merasa miris belakangan terjadi perpecahan yang mengatasnamkan agama, itu sangat mengganggu idiologi kita dan perlu ada pemahaman ulang soal keislaman,” kata Endang saat sambutan di Mapaba PMII Rayon Fakultas Adab di Cipocok Jaya Kota Serang, Jumat 6 Oktober 2017.

Mapaba kali ini, kata Endang, dilakukan oleh Fakultas Adab UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Menurutnya, dengan masuknya anggota baru di PMII UIN berarti ada tugas baru juga yang akan dilakukan oleh pengurus.

Sementara itu, Ketua Rayon Fakultas Adab pada PMII UIN Banten, Farhan Mubarok, mengatakan jumlah peserta yang bergabung difakultas tersebut berjumlah 4o anggota. Menurutnya, calon anggota akan dilatih untuk mengembangkan mental, spiritual dan daya berfikir yang konstruktif. Juga akan diarahkan agar tidak terlibat pada organisasi yang anti pancasila.

“Ini yang melatar belakangi adanya kaderisasi, menjaga bangsa, agama dan negara itu tidak bisa sendirian, harus gotong royong,” ucapnya.

 

 

Reporter: Abdul Rahman Ahdori
Redaktur: Akew
Bagikan:

KOMENTAR

Puluhan Mahasiswa Gabung Mapaba PMII Kota Serang

BERITA TERKAIT

dinsos dewan ac as Fae SF

INILAH SERANG

78 dibaca
Balap Liar di Kibin Dibubarkan Polsek Cikande
Top