Minggu, 26 Mei 2024

Puluhan Kades di Lebak "Lengser" dari Jabatan, Kok Bisa ?

(Foto-Ilustrasi)
Minggu, 01 Jul 2018 | 15:26 WIB - Lebak Pemerintahan

IBC, Lebak-Sebanyak 10 kepala desa di Kabupaten Lebak akan melepas jabatannya lantaran waktu periode kursi kepemimpinan sudah habis.

Kepala Bidang Pemerintah desa DPMD Kabupaten Lebak Firman Arif Hidayat mengatakan, sepuluh Kades tersebut diantaranya desa  Sawarna, Sawarna Timur, Wantisari, Kaduhauk, Margaluyu, Sukamarga, Rangkasbitung Timur, Cidadap, Situregen dan Desa Jalupang Girang.

"Tahun ini (2018-red) ada 10 Kades habis masa jabatannya. Habis murni bukan karena tersandung masalah," kata Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lebak Firman Arif Hidayat kepada  wartawan melalui telepon selulernya, Minggu 1 Juli 2018.

Menurut Firman, dari 10 Kades itu, sebanyak 8 Kades habis masa jabatannya pada Juni. Kemudian satu di bulan Agustus dan satunya lagi Desember. "Kalaupun masa jabatan habis, kita tidak dapat menyelenggarakan Pilkades (Pemilihan Kepala Desa), karena bertepatan dengan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah), paling juga nanti di tahun 2019 mendatang," tuturnya.

Firman menegaskan, pada tahun 2019 juga belum bisa memastikan waktu tepatnya, karena bertepatan dengan Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres).

"Ketika memang sudah habis masa jabatannya, maka secara otomatis jabatan Kades diisi oleh penjabat. Pemilihan penjabat Kades itu setelah melewati mekanisme usulan pemberhentian dari BPD (Badan Permusyawaratan Desa) setempat, baru usulan pengangkatan terhadap penjabat kepala desa dibuat," tegasnya.

Penjabat Kades, tambah Firman, diharuskan seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagaimana aturan yang berlaku. "Aturannya harus ASN," tambahnya.

Tokoh Masyarakat Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Erwin Komara Sukma berharap, Pemkab Lebak bisa mempersiapkan penjabat Kades Sawarna dengan baik. "Tahun ini (2018-red) masa jabatannya habis, jadi harus segera dikoordinasikan supaya jangan sampai menimbulkan polemik," ucapnya

 

Reporter: Fahdi Khalid
Redaktur: Akew
Bagikan:

KOMENTAR

Puluhan Kades di Lebak "Lengser" dari Jabatan, Kok Bisa ?

BERITA TERKAIT

INILAH SERANG

1024 dibaca
Ops Patuh Kalimaya 2020, Polda Banten Tilang 718 Pengendara Motor
1989 dibaca
Sukses Gelar PKD se-Banten, Begini Cara PMII UNIBA Perkokoh Kebangsaan

HUKUM & KRIMINAL

1403 dibaca
Bupati Serang Selamatkan Dua Korban Human Trafficking
847 dibaca
Pengedar Obat Terlarang Diringkus Saat Menunggu Pelanggan

POLITIK

1336 dibaca
Pilkada Kota Serang 2018, Satu RS Dilayani Lima KPPS
1319 dibaca
Isu Cagub Rano Karno Akan Tersangka Gerus Elektabilitas

PENDIDIKAN

2643 dibaca
Mengabdi di Lebak, 172 Mahasiswa STKIP Pelita Pratama Dilepas
1469 dibaca
DPRD Bakal Awasi Pendidikan di Kota Tangerang
Top