Jumat, 18 Januari 2019

Produksi Gula Aren Asal Lebak Diminati Eksportir Nasional

[Foto inilahBanten]
Kamis, 13 Des 2018 | 21:31 WIB - Serang Ekonomi & Bisnis

lBC, Serang - Produksi gula aren asal Kabupaten Lebak mencapai 1.346 ton per tahun dengan luas lahan 2.454 hektare. Bahkan, produksi gula aren pun sudah diminati eksportir nasional yakni PT. Okuuri Bumi Nusantara.

Supervisor penjualan PT Okuuri Bumi Nusantara, Yuliana Kristiani Marcelita memgungkapkan, bahwa alasan memilih gula aren produksi Banten tersebut dianggap memiliki keunggulan produk bertaraf internasional. Dipilihnya gula aren Banten diakui secara kualiatas sangat baik. “Apalagi kelebihan gula aren Banten ini bersifat organsik.  Sehingga kualitasnya diakui tidak hanya ditingkat nasional,  melainkan juga diakui di internasional,” kata Yuliana kepada wartawan.

Hal itu diungkapkannya, usai penyerahan Letter Of Internet (LOI) dan penandatangan  perjanjian kerjasama penjualan aren organik antara Dinas Pertanian Provinsi Banten, Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak, Kementrian Pertanian, Kelompok Usaha Bersama  (KUB) Mandala, Kelompok Usaha Bersama Mandiri dengan PT Okouiri Bumi Nusantara selaku trader eksportir gula aren organik, di Auditorium Dinas Pertanian Provinsi Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang pada Kamis, 13 Desember 2018.

Ditempat yang sama Direktur Perlindungan Perkebunan pada Kementrian Pertanian, Didi Gunadi mengatakan, dengan dimintai produksi gula aren dianggapnya sangat wajar mengingat atas kualitasnya. Maka, dirinya pun mendorong agar gula aren sebagai salah satu spesial produk dari Banten. “Ini menurut saya sangat rasional. Kenapa seperti itu Banten dekat dengan pusat-pusat konsumsi Jakarta ada 12 juta penduduknya begitupun Jawa Barat dan juga Lampung, demikian juga industri berkembanga pesat,”ujarnya.

“Jadi, kalau (produksi gula aren) ini kita kembangkan ada permintaan pasar yang terus meningkat, organic ini bisa kita kembangkan dengan sangat mudah. Terutama tanaman aren,”ucap Didi Gunadi.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus M Tauchid mengatakan, produksi gula aren tersebut berkembang di Kecamatan Malingping, Cijaku, Cigemblong, Cihara, Panggarangan, Bayah, Cilograng, Cibeber, Sobang, dan Muncang.

Adapun untuk produksi aren di Kabupaten Lebak dalam sebulan sebanyak 30 ton. “Alhamdulillah setelah ditemukannya varietas aren Banten, produktifitas yang setahun dua ton tahun depan kami harapkan  bisa meningkat lagi,” kata Agus.

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Produksi Gula Aren Asal Lebak Diminati Eksportir Nasional

PEMERINTAHAN

87 dibaca
Andika Sebut Kepercayaan Publik pada Pemprov Banten Meningkat
223 dibaca
Lantik 223 Pejabat, Bupati Serang Sebut Agar Kinerja Lebih Baik
181 dibaca
Pertama di Indonesia, Inspektorat Kabupaten Serang Integrasikan Dua ISO

POLITIK

3950 dibaca
Gubernur Banten Wahidin Halim Dilaporkan ke Bawaslu
845 dibaca
Dukung Prabowo-Sandi, Caleg PBB di Banten Bentuk Pass Lantang
153 dibaca
Debat Capres Bisa untuk Curi Perhatian Rakyat

HUKUM & KRIMINAL

219 dibaca
Mayat Wanita di Cipocok Jaya Ternyata Dibunuh
107 dibaca
Polisi Ringkus Pelaku Curanmor, Penadah dan Pengoplos
333 dibaca
Diduga Otak Pengeroyokan Santri, MH Terancam Dijemput Paksa

PERISTIWA

121 dibaca
Peran Media Penting dalam Sosialisasi Millennial Road Safety Festival
140 dibaca
Gubernur Berikan Bantuan Seragam Sekolah untuk Korban Tsunami

EKONOMI & BISNIS

104 dibaca
Sri Mulyani Jamin Usaha Kecil Digital Bebas Pajak
196 dibaca
Pulihkan Anyer, Pemprov Banten Tinjau Pelarangan Rapat di Hotel
Top