Senin, 20 Mei 2024

PPDB Online SMA/SMK Negeri Kacau, Orangtua Siswa Mengeluh

[Foto inilahbanten.co.id]
Kamis, 21 Jun 2018 | 14:29 WIB - Serang Pendidikan

IBC, Serang - Para orangtua siswa mengeluhkankan kacaunya proses pendaftarkan sekolah tingkat SMA/SMK Negeri di Provinsi Banten secara online. Sebab proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online dibuka pada hari ini Kamis, 21 Juni 2018 sulit untuk di akses karena server error melalui situs resmi Pemprov Banten di https://ppdb.bantenprov.go.id.

"Dari semalem susah di akses, saya mau mendaftarkan keponakan saya,"ujar Nur Fajar Wati warga Kota Serang saat menghubungi inilahbanten.co.id pada Kamis, 21 Juni 2018.

Menurut dia, seharus Pemprov Banten siap dalam menghadapi proses PPDB Online jangan seperti tahun sebelumnya. Namun sayangnya, proses PPDB Online masih kacau dari tahun sebelumnya. "Ini SDM nya bagaimana, seperti tidak siap dan tidak profesional," cetus Nur.

Sementara pantauan di media sosial facebook viral terkait PPDB Online. Nyaris semua orangtua siswa mengeluhkan proses PPDB Online karena server error sulit di akses.

"Kok begini?? Bukannya sekarang tanggal 21??!," tulis akun Mathori beberapa saat lalu.

"Udah setahun. Bukannya belajar dari tahun lalu ya. Hadehhh ngapain aja ya setahun," tulis komentar akun Robinand Erham.

Atas kacaunya server tersebut, diamini langsung oleh Kepala Bidang Aplikasi Informatika dan Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Banten, Amal Herawan Budhi. Ia menjelaskan berbagai kendala yang ditemui di lapangan.

"Di Provinsi Banten ini memang terkendala dari segi SDM-nya (sumber daya manusia)," ujar Amal dikutip dari Warta Kota pada Kamis, 21 Juni 2018.

Terlebih di sejumlah daerah pelosok. Banyak warga yang kurang paham mengenai PPDB online ini.

"Dari warga dan sekolah di pelosok seperti Lebak dan lainnya itu kesulitan. Karena banyak yang gaptek (gagap teknologi)," ucapnya.

Amal mengklaim pihaknya segera tanggap guna mengantisipasi persoalan ini. Dibentuk tim khusus untuk melakukan monitoring langsung di sumber masalah yang terjadi.

"Kami siapkan dua operator langsung di tiap - tiap sekolah yang berada di daerah pelosok. Ini masih ditangani soal server yang eror. PPDB dibuka mulai hari ini sampai 26 Juni 2018," kata Amal.

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

PPDB Online SMA/SMK Negeri Kacau, Orangtua Siswa Mengeluh

INILAH SERANG

858 dibaca
Pemkab Serang Serah Terima Website Dinas dan Kecamatan
1083 dibaca
Bupati Serang Fokus Tangani Pencegahan dan Penanggulangan Stunting

HUKUM & KRIMINAL

1364 dibaca
Polisi Minta Pedagang Unggas Jangan Tutupi Jalan
2186 dibaca
Tiga Tersangka Curanmor Tersungkur Ditembak

POLITIK

1350 dibaca
Kembalikan Formulir ke Demokrat, Vera Usung Jargon Kota Serang Cantik
1297 dibaca
Iti-Ade Jalani Pemeriksaan Kesehatan

PENDIDIKAN

3105 dibaca
PPDB SMA/SMK Secara Online di Lebak Dikeluhkan
2004 dibaca
Haerul Jaman Ingin IPSI Optimalkan Pembinaan Anggota
Top