Senin, 16 Mei 2022

Polri Awasi Pilkada di Zona Merah Covid 19

Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (kanan). Foto Instagram
Kamis, 03 Des 2020 | 21:28 WIB - Nasional

IBC, JAKARTA - Kepolisian RI memberikan perhatian dan catatan dalam mengawasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 yang berada di zona merah COVID-19.

Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo di Jakarta, Kamis, mengatakan Polri mengantisipasi kemungkinan adanya tindak pidana pemilihan di Pilkada Serentak 2020.

"Kami perlu antisipasi terkait kemungkinan adanya pelanggaran-pelanggaran tindak pidana pemilihan. Apalagi memang kalau dikaitkan dengan protokol kesehatan, ada 17 wilayah yang masuk dalam zona merah yang tentunya ada proses dari kegiatan pilkada yang tentunya akan terganggu dengan zona merah tersebut," tuturnya dilansir dari antaranews.com Kamis (3/12/2020).

Sehingga, menurut Kabareskrim tentunya Polri harus betul-betul bekerjasama dengan rekan-rekan di Bawaslu mengawasi proses pilkada.

Karena di situlah biasanya muncul sumber sengketa yang berdampak kepada terjadi tindak pidana pemilihan ataupun hal-hal lain yang tentunya akan berdampak pada konflik jadi hal tersebut menjadi catatan kami," ucap dia.

Polri meneruskan langkah-langkah antisipasi tersebut ke jajarannya di daerah yang menggelar Pilkada 2020 agar potensi masalah bisa diantisipasi jauh-jauh hari.

"Sehingga hal-hal seperti ini bisa kita antisipasi jauh-jauh hari, supaya bisa kita minimalkan segala risiko yang ada baik tindak pidana pemilihan maupun tindak pidana lain," ucap Kabareskrim.

Ketua KPU RI Arief Budiman menyampaikan apresiasi atas dukungan Polri dalam mengawal penyelengaraan Pilkada Serentak 2020 agar berjalan aman, damai, langsung, bebas, umum, rahasia, jujur dan adil, serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Saya tentu mengucapkan terima kasih dan apresiasi karena ada perhatian luar biasa serius dari Kepolisian Republik Indonesia untuk bekerja sama, berkoordinasi dan mendukung terlaksananya pemilihan kepala daerah serentak 2020 aman, damai, luber jurdil dan melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat," ujarnya. (Antara/IBC)***

Redaktur: Nunu
Bagikan:

KOMENTAR

Polri Awasi Pilkada di Zona Merah Covid 19

BERITA TERKAIT

pemda

INILAH SERANG

147 dibaca
Polres Serang Tangkap Pengedar Pil Koplo saat Tunggu Pelanggan
335 dibaca
Bawa Kambing, Pengemudi dan Penumpang Mobil Nyaris Diamuk Massa
244 dibaca
Pemprov Banten Siapkan Strategi Penanganan Stunting dan Gizi Buruk

HUKUM & KRIMINAL

147 dibaca
Polres Serang Tangkap Pengedar Pil Koplo saat Tunggu Pelanggan
335 dibaca
Bawa Kambing, Pengemudi dan Penumpang Mobil Nyaris Diamuk Massa
987 dibaca
Resmob Polres Serang Ringkus 4 Bandit Kurang dari 24 Jam Usai Terima Laporan Perampasan

POLITIK

242 dibaca
Golkar Banten Sambut Bahagia Koalisi Indonesia Bersatu
1432 dibaca
Instruksikan Pemenangan Airlangga, Andika Keliling ke DPD Golkar Kabupaten dan Kota di Ban...
1256 dibaca
Bakesbangpol Pastikan Tak Ada Ormas Radikal di Kabupaten Serang
Top