Selasa, 30 November 2021

Polres Serang Apel Siap Siaga Antisipasi Bencana Alam

Kamis, 11 Nov 2021 | 19:38 WIB - Serang

lBC, Serang – Mengantisipasi terjadinya bencana alam yang diakibatkan fenomena la lina, Polres Serang menggelar apel kesiapsiagaan bersama instansi terkait di Mapolres Serang pada Kamis, 11 November 2021.

Apel yang dipimpin Kapolres Serang AKBP Yudha Satria ini dihadiri pejabat utama Polres Serang, Kapolsek jajaran, personil Kodim 0602 Serang, BPBD serta Damkar Kabupaten Serang.

Kapolres AKBP Yudha Satria mengatakan apel kesiapsiagaan bencana, pada hakekatnya bertujuan sebagai langkah kesiapsiagaan atas kesiapan seluruh unsur pelaksana serta sarana dan prasarana penanggulangan bencana.

Selain itu sebagai sarana untuk lebih menyatukan serta membulatkan tekad dan semangat dalam penanggulangan bencana sehingga menciptakan rasa aman bagi seluruh masyarakat. 

"Langkah ini dilakukan menyusul tingginya intensitas hujan akibat fenoma la nina yang berpotensi menyebabkan terjadinya bencana alam seperti banjir, puting beliung dan tanah longsor. Oleh karena itu perlu dilakukan kesiapsiagaan," ungkap Kapolres kepada poskota.co.id, usai apel.

Dijelaskan Kapolres, dari pemetaan wilayah rawan bencana alam di daerah hukum Polres Serang yang memiliki dataran rendah dan tinggi serta memiliki tiga aliran sungai besar yaitu Sungai Cidurian, Cibereum dan Ciujung. 

"Dengan kondisi geografis seperti itu dimungkinkan akan terjadi bencana alam berupa banjir maupun tanah longsor pada musim penghujan ini," katanya. 

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banten, kata Yudha Satria, wilayah Kabupaten Serang dan sekitarnya akan menghadapi fenomena la nina yang intensitasnya akan meningkat.

Fenomena alam yang memungkinan intensitas hujan cukup tinggi ini akan terus berkembang dan diprediksi berlangsung hingga awal 2022.

Pada kesempatan itu, Kapolres juga memberi penekanan kepada seluruh personil agar melaksanakan tugas dengan dilandasi keikhlasan sebagai ibadah.

Tampilkan sosok sebagai penolong dan pelayan masyarakat sehingga masyarakat benar-benar merasakan kehadiran Polri serta merasa terlindungi dan terayomi.

"Bangun komunikasi dan sinergitas dengan instansi terkait dan seluruh komponen masyarakat, hilangkan ego sektoral dalam membangun kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam," tandasnya.

Optimalkan sarana dan prasarana yang ada di kesatuan masing masing, laksanakan kegiatan patroli di daerah rawan bencana. 

"Utamanya, jaga kesehatan serta senantiasa berdoa kepada Allah SWT, agar diberikan kekuatan, kemampuan, dan ketabahan dalam menjalankan tugas yang mulia ini," tandasnya.

Usai apel, kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan kelengkapan peralatan siaga bencana dan dapur umum tanggap bencana Kapolres Serang.

Reporter: Haji Imat
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Polres Serang Apel Siap Siaga Antisipasi Bencana Alam

INILAH SERANG

96 dibaca
Kerjasama Produsen Sepatu, Bupati Serang Gelorakan ‘UMKM Bisa’
111 dibaca
Hari Korpri ke-50 Tahun, Sekda Kabupaten Serang Ingatkan ASN Tiga Hal
208 dibaca
Resmob Polres Serang Ringkus Pentolan Perampas Motor

HUKUM & KRIMINAL

208 dibaca
Resmob Polres Serang Ringkus Pentolan Perampas Motor
234 dibaca
Lanjutkan Pembongkaran THM, Pemkab Serang Terjunkan 500 Personil Satpol PP
279 dibaca
Duh, Gadis ABG Disetubuhi Orangtua Angkatnya hingga Melahirkan

POLITIK

423 dibaca
Target Golkar di 2024, Andika Tugaskan AMPI Banten Rangkul Milenial
683 dibaca
144 Kades Dilantik, Sekda Entus: Berhentikan Perangkat Desa Kades Bakal Disanksi
618 dibaca
144 Kades Terpilih Dilantik, Bupati Serang Larang Kades Ganti Perangkat Desa

PENDIDIKAN

148 dibaca
Pemkab Ajak Paguyuban Anak Serang Gencar Lakukan Literasi Digital
230 dibaca
Hari Guru Nasional ke-76 Tahun, Wabup Serang harap Kuantiti dan Kualitas Ditingkatkan
Top