Kamis, 19 Juli 2018

Polisi Gagalkan Penyelundupan Puluhan Ribu Benih Lobster

Polisi menunjukan barang bukti dan tersangka. (Foto: Aden Hasanudin/lnilahBanten)
Senin, 16 Apr 2018 | 21:34 WIB - Serang Hukum & Kriminal

lBC, Serang - Satuan Unit Tindak Pidana Tertentu Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Tipidter Ditrekrimsus) Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) berhasil menggagalkan penyelundupan ribuan benur atau benih lobster di Kampung Kosambi, Desa Karang Suraga, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang pada Senin, 16 April 2018.

Kepala Unit (Kanit) Tipidter Bareskrim Polri, Kompol Agung yudadi Nugraha menjelaskan, dari hasil penangkapan tersebut, pihaknya berhasil mengamankan kurang lebih sebanyak 50 ribu benur atau benih lobster yang rencananya akan di selundupkakan ke Singapure melalui jalur darat.

"Pagi ini saya bersama tim pada pukul 04:30 mengamankan sebuah rumah yang sudah tidak digunakan, namun disalahgunakan untuk dijadikan gudang penampungan benur yang rencananya akan di kirim ke Jambi melali jalur darat dan akan di kirim ke singapure," kata Agung kepada wartawan.

Agung menjelaskan, selain mengamankan ribuan benih lobster, pihaknya juga mengamankan sebanyak 10 orang terduga pelaku yang terlibat dalam jaringan penyelundupan lobster tersebut.

"Sampai saat ini baru kita lakukan pemeriksaan dan pengembangan terhadap 10 orang terduga pelaku penyelundupan Lobster, karena ini masih dalam pengembangan. Insya Allah masih ada tersangka lain dalam pemodal dan jaringan jaringan yang lainya,"imbuhnya.

Dikatakan Agung, berdasarkan pengakuan tersangka, benih lobster tersebut didapatkan dari para nelayan di tiga daerah, yaitu Binuangeun, Kabupaten Lebak, Pelabuan Ratu dan Sukabumi. "Pergerakannya kita ikuti sejak tanggal 3 April 2018, begitu ada barang masuk, baru kita lakukan penangkapan," pungkasnya.

Atas perbuatannya tersebut, para tersangka dikenakan Undang-undang nomor 45 tahun 2015 tentang Perikanan dengan hukuman penjara paling lama 8 tahun dan denda paling banyak Rp1,5 miliar.

Reporter: Aden Hasanudin
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Polisi Gagalkan Penyelundupan Puluhan Ribu Benih Lobster

PEMERINTAHAN

225 dibaca
Lantik Sekda Baru, Bupati Serang Minta Perkuat Konsolidasi dan Koordinasi
160 dibaca
Rehab Kantor Koperasi dan UKM Lebak Telan Dana Rp3,8 Miliar
117 dibaca
Kepala BKKBN Apresiasi Kinerja Pemkab Serang

POLITIK

396 dibaca
Pemilu 2019, Hanura Pandeglang Target Raih 12 Kursi di DPRD
198 dibaca
Pileg 2019, Mayoritas Caleg PKS Lebak adalah Generasi Milenial
416 dibaca
Suami Bupati Lebak Nyalon DPD RI, Apa Misinya? 

HUKUM & KRIMINAL

65 dibaca
Pelaku Diduga Penyandang Dana Politik Uang Pilkada Kota Serang Diringkus
170 dibaca
Kejari Lebak Hentikan Penyelidikan Dugaan Korupsi Pasar Gajrug Rp19 M
Top