Senin, 16 Mei 2022

Pola Hidup Sehat untuk Penderita Diabetes

Minggu, 05 Mar 2017 | 15:21 WIB - Kesehatan

lBAN, Serang--Saat seseorang didiagnosa menderita diabetes, maka ada satu hal yang harus ia pantau setiap waktu, yaitu kadar gula darahnya. Menjaga kadar gula darah tetap normal seperti yang disarankan dokter memang bisa jadi tantangan tersendiri, namun hal itu tidak mustahil untuk dilakukan.

Anda hanya perlu membiasakan diri dalam melakukannya. Anda juga harus mengetahui hal apa saja yang bisa menyebabkan gula darah naik atau sebaliknya, turun, dan bagaimana mengontrol hal tersebut dari hari ke hari.

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat memengaruhi kadar gula dalam darah:

Makanan

Sesungguhnya pola makan sehat itu disarankan untuk semua orang, bukan hanya mereka yang menderita penyakit tertentu saja. Akan tetapi saat menderita diabetes, Anda harus tahu jenis makanan apa yang bisa memengaruhi kadar gula darah, begitu juga dengan berapa banyak porsi yang seharusnya dimakan. Soal makanan ini Anda harus belajar untuk:

Menghitung porsi karbohidrat yang dikonsumsi

Karbohidrat merupakan salah satu jenis nutrisi yang paling besar pengaruhnya terhadap kadar gula darah. Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari apa saja sumber karbohidrat itu, dan berapa banyak porsi yang boleh dikonsumsi dari masing-masing sumber. Anda dapat menuliskan jenis makanan yang paling sering dikonsumsi. Gunakan pula alat penakar atau timbangan agar hitungan porsinya akurat.

Menyeimbangkan menu makan

Sedapat mungkin rencanakan setiap menu yang hendak dikonsumsi, sehingga Anda memperoleh semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Anda juga bisa mengandalkan beberapa sumber karbohidrat yang lebih baik ketimbang nasi putih seperti buah, sayur, dan biji-bijian utuh (whole grain).

Selain rendah karbohidrat, makanan ini juga memuat lebih banyak serat yang dapat membantu kadar gula darah tetap stabil. Untuk mengetahui menu makan terbaik yang perlu Anda konsumsi, jangan segan mengonsultasikannya dengan dokter.

Mengoordinasi makanan dan pengobatan dengan benar

Makan terlalu sedikit ketika sedang dalam pengobatan bisa menyebabkan kadar gula darah terlalu rendah (hipoglikemik). Namun sebaliknya, makan kelewat banyak juga dapat memicu hiperglikemia. Untuk itu, koordinasikan pengobatan yang dijalani dan asupan makanan yang dikonsumsi dengan baik.

Konsultasi dengan dokter Anda mengenai pola dan menu makanan yang tepat untuk Anda.

Menghindari minuman manis

Minuman manis, termasuk yang mengandung sirup jagung fruktosa atau sukrosa tinggi, biasanya memuat banyak kalori, namun rendah nutrisi. Dan karena minuman ini bisa mendongkrak kadar gula naik dengan cepat, maka sebaiknya Anda menghindarinya.

Pengecualian baru berlaku kalau kadar gula darah berada pada level rendah. Dalam kasus ini, mengonsumsi minuman manis bisa menjadi solusi efektif untuk menaikkan kadar gula dengan cepat.

Olahraga

Aktif bergerak secara rutin merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan penderita diabetes. Karena dengan berolahraga, otot akan memanfaatkan glukosa sebagai energi. Olahraga teratur membuat tubuh menggunakan insulin secara efektif.

Jadi ketika berolahraga, Anda sebaiknya klik selengkapnya disini

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Pola Hidup Sehat untuk Penderita Diabetes

BERITA TERKAIT

pemda

INILAH SERANG

147 dibaca
Polres Serang Tangkap Pengedar Pil Koplo saat Tunggu Pelanggan
335 dibaca
Bawa Kambing, Pengemudi dan Penumpang Mobil Nyaris Diamuk Massa
244 dibaca
Pemprov Banten Siapkan Strategi Penanganan Stunting dan Gizi Buruk

HUKUM & KRIMINAL

147 dibaca
Polres Serang Tangkap Pengedar Pil Koplo saat Tunggu Pelanggan
335 dibaca
Bawa Kambing, Pengemudi dan Penumpang Mobil Nyaris Diamuk Massa
996 dibaca
Resmob Polres Serang Ringkus 4 Bandit Kurang dari 24 Jam Usai Terima Laporan Perampasan

POLITIK

242 dibaca
Golkar Banten Sambut Bahagia Koalisi Indonesia Bersatu
1436 dibaca
Instruksikan Pemenangan Airlangga, Andika Keliling ke DPD Golkar Kabupaten dan Kota di Ban...
1256 dibaca
Bakesbangpol Pastikan Tak Ada Ormas Radikal di Kabupaten Serang
Top