Sabtu, 20 April 2024

PMI Lebak Gelar Diklat KSR

Wakil bupati Lebak berpose bersama pengurus PMI. (Foto-ist)
Jumat, 03 Nov 2017 | 17:41 WIB - Lebak Kesehatan

IBC, Lebak - Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan tempat bernaungnya orang-orang yang berorientasi untuk membantu meringankan beban orang lain, PMI ini kerjanya harus ikhlas dan bahagia seraya mengharap keridhoan Allah SWT. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Lebak H. Ade Sumardi, saat membuka kegiatan Orientasi Kepalangmerahan bagi Pengurus PMI Kecmatan dan Diklat Korps Sukarela (KSR) II PMI Kabupaten Lebak, Jumat 3-November-2017.

Dalam kegiatan yang digelar di Wisma Sugri, Rangkasbitung, Lebak, Banten ini, Wabup berharap agar materi yang didapatkan oleh peserta diantaranya mengenai pemahaman mengenai organisasi PMI, pengetahuan mengenai kepalangmerahan serta penguatan karakter dan nilai-nilai kepalangmerahan dapat terimplementasikan dalam manajemen dan pelayanan PMI kedepannya.

Wabup juga mengapreseasi prestasi-prestasi yang sudah diraih oleh PMI Lebak, karena dengan segala keterbatasan, terutama minimnya pendanaan, namun mampu membuktikan prestasinya baik ditingkat provinsi maupun ditingkat nasional, untuk itu wabup minta agar seluruh pengurus untuk selalu menjaga kekompakan dan memahami anggaran dasar dan anggaran rumah tangga PMI agar semua pengurus selalu mentaatinya.

“Jaga soliditas dan kebersamaan, karena tujuan kita semua untuk menolong orang lain, aturannya harus kita taati, semua harus tau itu” Ujarnya.

Selain menekankan hal tersebut, Wabup juga meminta agar dalam pengelolaannya mengedepankan transparansi, baik itu pada sisi manajemen, keuangan maupun tupoksi masing-masing pengurus. Menurutnya hal itu penting agar tidak ada saling curiga antar sesama pengurus.

“Semua anggota harus tau permasalahan yang dihadapi organisasi, agar solusinya bisa dipecahkan secara bersama-sama” Kata Ade Sumardi.

Sementara Ketua  PMI Lebak, H. Haryono,  mengatakan bahwa kegiatan yang digelar dari selama 3 hari ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas organiasi dan meningkatkan kualitas SDM serta kesigapan sukarelawan dalam menghadapi kebencanaan.

Selain masalah minimnya pendanaan, Haryono juga menyampaikan kurangnya sarana yang dimiliki PMI Lebak, untuk itu pihaknya meminta agar Pemerintah Daerah dapat memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi PMI Lebak tersebut, terutama kebutuhan terhadap mobil Ambulance, karena menurutnya mobil Ambulance yang dimiliki PMI hanya 1 Unit dengan kondisi yang sudah tidak layak.

 

“Selama ini sumber dana kita hanya dari iuran Korpri, dan itu masih jauh untuk memenuhi kegiatan PMI yang sekarang semakin sering” Ujarnya.

Haryono juga meminta ijin kepada Pemkab untuk memanpaatkan Bulan Dana PMI, dalam rangka menghimpun dana dengan menyebarkan kupon iuran PMI kepada pihak lain, selain anggota Kopri, seperti yang dilakukan PMI di daerah lain.

Reporter: Fahdi Khalid
Redaktur: Akew
Bagikan:

KOMENTAR

PMI Lebak Gelar Diklat KSR

BERITA TERKAIT

aulmummc zf

INILAH SERANG

876 dibaca
Tutup THM, Satpol PP Kabupaten Serang Panggil Sejumlah Pemilik

HUKUM & KRIMINAL

952 dibaca
Ditempat Berbeda, Satresnarkoba Polres Serang Tangkap Tiga Kurir Narkoba

POLITIK

1172 dibaca
Panwascam Dituntut Profesional
Top