Senin, 27 Januari 2020

PKK Dituntut Perhatikan Perkembangan dan Dinamika Masyarakat

Suasana Rakor Pembina TP PKK Provinsi Banten Tahun 2019, di Aula Inspektorat, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang pada Jum’at, 26 April 2019.[Foto SubagLiputan]
Jumat, 26 Apr 2019 | 16:14 WIB - Banten

lBC, Serang - Sebagai mitra kerja pemerintah, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluaraga (TP PKK) Provinsi Banten dituntut untuk senantiasa memperhatikan perkembangan dan dinamika masyarakat serta meningkatkan kualitas kinerjanya. Baik dalam hal perencanaan, pelaksanan kegiatan maupun mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan, sebagai bahan pertimbangan di masa yang akan datang. 

Hal ini ditegaskan Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Banten Ino S Rawita saat membuka sekaligus memberikan arahan pada acara Rapat Koordinasi (Rakor) Pembina TP PKK Provinsi Banten Tahun 2019, di Aula Inspektorat, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang pada Jum’at, 26 April 2019.

Menurut Ino, sinergitas antara tim penggerak PKK dengan semua perangkat daerah dan lembaga terkait, agar terjalin harmonisasi serta persepsi yang sama dalam memajukan dan meningkatkan peran PKK dalam pembangunan daerah.

“Rakor ini sangat penting dalam rangka mensingkronkan seluruh program baik itu di TP PKK provinsi, kabupaten dan kota, termasuk di OPD-OPD yang bersangkutan,” kata Ino.

Dalam rapat koordinasi ini, kata Ino tim penggerak PKK provinsi, kabupaten dan kota dapat duduk bersama dengan semua jajaran secara berjenjang, menyusun dan merumuskan program yang lebih strategis, inovatif dan tepat guna khususnya program atau kegiatan yang terkait dengan pembinaan ekonomi keluarga maupun rumah tangga.

“Banyak program yang harus dipadukan antara program PKK dengan pemerintah, oleh karena itu disinilah tempatnya akan dibahas, apa yang menjadi program unggulan PKK dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat akhirnya menjadi masyarakat yang sejahtera,” tuturnya.

“Saya suka melihat ibu PKK ini suka pergi ke pelosok daerah, kadang-kadang OPD belum nyampe kesitu. Ini sangat luar biasa dan harus tetap dilakukan,” sambung Ino.

Rakor dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Banten, Ketua TP PKK Kabupaten dan Kota, Pj Kepala BPMD Provinsi Banten Enong Suhaeti dan beberapa kepala OPD Pemprov Banten.

Ino menambahkan, selain fokus pada peningkatan kualitas SDM, keberadaan PKK juga penting dalam penyelesaian isu-isu lain. Seperti isu kesehatan, pendidikan serta isu lain yang kerap terjadi pada lingkungan masyarakat.

“Tugas PKK ini berat, jadi jangan dikerjakan sendiri. Tapi harus ada kerjasama antara pemerintah pusat dan daerah ini tidak akan susah. Katanya jejaring PKK ini sangat luar biasa, dari pusat, provinsi, kabupaten dan kota, kecamatan, desa bahkan sampai ke dapur-dapur. Karena pemerintah tidak ada apa-apannya tanpa dibantu ibu PKK,” jelas Ino

Plt Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Provinsi Banten Enong Suhaeti mengatakan dengan dilaksanakanya Rakor ini diharapkan adanya sinkronisasi pelaksanaan program OPD dengan 10 program PKK.

Selain itu, diharapkan adanya sinergitas dengan pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota melalui OPD Pembina PKK untuk lebih meningkatkan sepuluh program PKK yang dilaksanakan. Baik kebijakan umum, maupun teknis pelaksanaanya merupakan target pembangunan di segala bidang.

“Program-program PKK yang dilaksanakan baik kebijakan umum maupun teknis, pelaksanaanya tidak dapat dipisahkan dengan tugas dan tanggung jawab pemerintah dan instansi serta lembaga terkait,” kata Enong.[SubagLiputan]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

LAINNYA

Polda Banten Tanam Ribuan Batang Pohon
Jumat, 10 Jan 2020 | 13:27 WIB
Polda Banten Tanam Ribuan Batang Pohon
Irjen Pol Agung Sabar Santoso Jabat Kapolda Banten
Selasa, 07 Jan 2020 | 19:15 WIB
Irjen Pol Agung Sabar Santoso Jabat Kapolda Banten

KOMENTAR

PKK Dituntut Perhatikan Perkembangan dan Dinamika Masyarakat

PEMERINTAHAN

243 dibaca
Bupati Serang: APBD Rp 3 Triliun Adalah Amanah Rakyat
344 dibaca
Lantik 277 Pejabat, Bupati Serang Minta Pemerintah Kecamatan Siaga Bencana

POLITIK

107 dibaca
Juni, KPU Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup Serang
209 dibaca
Puji Program Infrastruktur, Tatu Direkomendasikan ke DPP Berkarya

HUKUM & KRIMINAL

186 dibaca
Bosan Pelayanan Istri, Kakek di Pandeglang Cabuli 2 Bocah
255 dibaca
Setubuhi Gadis Dibawah Umur, Pedagang Pakaian Ditangkap

PERISTIWA

280 dibaca
Banjir, Ratusan Rumah di Kecamatan Kasemen Terendam
482 dibaca
Tak Mampu Penuhi Mahar Janda Idamannya, Pria Ini Tewas Gantung

EKONOMI & BISNIS

219 dibaca
Andika: Banten Siap Dukung Kebijakan Strategis OJK
160 dibaca
Produksi Pertanian Surplus, Bupati Serang Kampanyekan Beras Jaseng
Top