Minggu, 24 Januari 2021

Pinjam Dana di Lembaga Keuangan Terpercaya: Cara Bijak Finansial di Masa Pandemi

Sumber: Pixabai
Rabu, 30 Des 2020 | 17:58 WIB - Ekonomi & Bisnis Teknologi

Memilih lembaga keuangan yang terpercaya ibarat memilih jodoh. Gampang-gampang susah kata sebagian orang. Sebab, bila kita keliru dalam memilih lembaga keuangan, alih-alih terbantu, kita justru dapat terjerat dalam lingkaran setan.

Namun demikian, memilih lembaga keuangan yang kredibel mutlak diperlukan. Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh lembaga keuangan untuk dikatakan terpercaya dan kredibel.

Ciri Lembaga Keuangan Terpercaya

Inilah 8 ciri lembaga keuangan terpercaya yang dapat dijadikan acuan untuk mengajukan pinjaman:

1.     Dapat Dicicil Tiap Bulan

Lembaga keuangan terpercaya adalah lembaga keuangan yang tidak membebani pemohon. Salah satu keringanan yang ditawarkan Tunaiku adalah tenor yang panjang mulai dua bulan hingga 20 bulan. Pinjaman tanpa jaminan yang diberikan oleh Tunaiku ini beragam nilainya, dari dua juta hingga 20 juta. Keringanan dalam pembayaran ini yang membedakan Tunaiku dengan fintech lain.

2.     Bunga yang Tidak Memberatkan

Bunga per bulan yang dibebankan oleh Tunaiku kepada nasabah relatif tidak berat. Hanya berkisar 3% hingga 4% per bulan. Bunga bulanan yang ringan ini akan membuat cicilan juga ringan sesuai dengan kemampuan nasabah yang tidak memberatkan.

3.     Pengajuan yang Mudah dan Praktis

Pinjaman tanpa jaminan yang diajukan melalui aplikasi Tunaiku sangat mudah dilakukan dari rumah. Hal ini yang membedakan Tunaiku dengan meminjam dana dari lembaga keuangan konvensional. Mereka kerap membutuhkan agunan untuk pengajuan pinjaman. Pengajuan pinjaman secara daring dapat dilakukan melalui gawai dengan waktu kurang dari 15 menit melalui aplikasi Tunaiku.

4.     Proses Cepat

Setelah syarat pengajuan pinjaman dilengkapi melalui aplikasi Tunaiku, tidak diperlukan waktu yang lama bagi nasabah untuk menerima pencairan dana yang diajukan. Pemeriksaan kelengkapan syarat dilakukan selama satu hingga tujuh hari kerja. Apabila permohonan calon nasabah disetujui, dana tunai akan cair ke rekening bank yang telah didaftarkan.

5.     Lembaga Keuangan Terpercaya yang Terdaftar dan Diawasi oleh OJK

Satu hal yang juga membedakan Tunaiku dengan lembaga keuangan lain adalah bahwa Tunaiku merupakan produk resmi dari PT Bank Amar Indonesia Tbk. Tunaiku telah terdaftar secara resmi sejak tahun 2014 di OJK. Tunaiku berbeda dengan perusahaan teknologi finansial lain karena berada di bawah naungan institusi keuangan resmi di Indonesia dan perusahaan multinasional.

6.     Jaminan Keamanan Data

Kebocoran data yang banyak dilakukan oleh institusi keuangan akan membuat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga keuangan menurun. Tunaiku memberikan jaminan kepada nasabah untuk keamanan data mereka. Dengan berada di bawah OJK keamanan data nasabah Tunaiku ini terlindungi dengan baik.

7.     Layanan Pelanggan yang Siap Membantu

Lembaga keuangan yang kredibel salah satu tandanya adalah memiliki layanan pelanggan. Call center Tunaiku tersedia selama 24 jam dalam seminggu untuk membantu pelanggan apabila menemui kesulitan. Keluhan dan hambatan saat proses pengajuan dapat juga dibantu melalui call center Tunaiku.

8.     Bonus Program Referral

Tunaiku menyediakan program bonus referral untuk nasabah yang merekomendasikan aplikasi kepada kolega atau kerabat. Bonus yang diberikan kepada nasabah yang berhasil merekomendasikan kepada kerabat adalah sebesar 200 ribu rupiah. Program referral yang menarik ini memberikan penanda bahwa Tunaiku merupakan lembaga keuangan yang terpercaya bila dibandingkan dengan lembaga lain yang sejenis.

Lembaga keuangan yang memberikan pinjaman dana memang banyak dan tersebar di berbagai daerah. Demikian juga seperti Tunaiku juga telah tersebar di banyak kota di Indonesia. Memastikan memilih lembaga keuangan yang terpercaya mutlak diperlukan agar masyarakat terhindar dari kesulitan keuangan yang makin dalam.

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

LAINNYA

Dompet Dhuafa Berdayakan Perempuan Sokong
Jumat, 15 Jan 2021 | 09:21 WIB
Dompet Dhuafa Berdayakan Perempuan Sokong
Jokowi Dorong Modernisasi Pertanian
Senin, 11 Jan 2021 | 15:17 WIB
Jokowi Dorong Modernisasi Pertanian
Cuaca Buruk, Hasil Tangkap Ikan Nelayan Menurun
Sabtu, 09 Jan 2021 | 09:48 WIB
Cuaca Buruk, Hasil Tangkap Ikan Nelayan Menurun

KOMENTAR

Pinjam Dana di Lembaga Keuangan Terpercaya: Cara Bijak Finansial di Masa Pandemi

INILAH BANTEN

71 dibaca
Polda Banten Kawal Distribusi Vaksin Sinovac ke Kabupaten/Kota
100 dibaca
Sambil Ngopi, Polda Banten Imbau Masyarakat Patuhi Prokes

INILAH SERANG

69 dibaca
Laznas Chevron dan Dompet Dhuafa Banten Salurkan Paket Nutrisi
112 dibaca
KPU Tetapkan Tatu-Pandji Bupati dan Wakil Bupati Serang Terpilih

HUKUM & KRIMINAL

66 dibaca
Selundupkan Bibit Lobster, Dua Warga Pandeglang Dibekuk
81 dibaca
Usai Disetujui DPR, Komjen Listyo Sigit Siapkan Rencana Aksi

POLITIK

112 dibaca
KPU Tetapkan Tatu-Pandji Bupati dan Wakil Bupati Serang Terpilih
116 dibaca
KPU Pandeglang Siapkan Materi Gugatan di MK

PENDIDIKAN

173 dibaca
Nadiem Makarim Bicara Korban Sriwijaya Air
303 dibaca
Tenaga Pengajar Berstatus ASN di Pandeglang Masih Minim
Top