Sabtu, 30 Mei 2020

Pilkada Serang 2020, Pemkab dan KPU Tanda Tangani NPHD

[Foto: InilahBanten.co.id/Arif Soleh]
Selasa, 01 Okt 2019 | 16:55 WIB - Serang Pemerintahan

lBC, Serang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang diwakili oleh Wakil Bupati (Wabup), Pandji Tirtayasa dan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang, Abidin Nasyar menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020. Penandatangan bertempat di Pendopo Bupati Serang Jalan Brigjen KH. Syam’un pada Selasa, 1 Oktober 2019.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Asda I Setda Kabupaten Serang, Asep Saepudin, sejumlah camat dan kepala OPD, dan para Komisioner KPU Kabupaten Serang. Hadir juga para unsur muspida tingkat Kabupaten Serang.

Wabup Serang, Pandji Tirtayasa mengatakan, bahwa berdasarkan undang-undang pemerintah daerah (pemda) harus membiayai pilkada atau harus didanai dari APBD. Karenanya, pihak KPU hanya sebagai penyelenggara.

“Pemda akan memberikan hibah daerah dan mudah-mudahan dana yang tidak seberapa bisa mencukupi kebutuhan operasional atau tahapan sebesar Rp75,6 miliar,”ujar Pandji dalam sambutannya.

xccSambungnya, bahwa sedianya kalau berdasarkan Permendagri dana awal yang dikucurkan pemda harus 40 persen untuk memenuhi proses pilkada. Karena kondisi keuangan pemda, jadi 40 persen bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

“Insya Allah tahun 2020 bisa memenuhi yang diperlukan oleh KPU, kalau kurang tinggal ngomong saja. Untuk perubahan ini baru menyanggupi Rp500 juta,”terang Pandji yang bakal maju kembali sebagai Bakal Calon Wakil Bupati Serang ini.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar menambahkan bahwa anggaran Rp75,6 miliar berdasarkan yang sudah disepakati antara Pemkab Serang dan KPU itu untuk seluruh tahapan Pilkada Kabupaten Serang. “Jadi sudah kita hitung semua, mudah-mudahan semuanya bisa terakomodir,”ujarnya kepada wartawan.

Sedangkan untuk launching Pilkada Kabupaten Serang, akan dilaksanakan pada 1 November 2019 mendatang yang merupakan salah satu tahapan. Kemudian dilanjutkan pengumuman persyaratan untuk calon perseorangan. “Pertama kita pada pertengahan Oktober ini akan dilaksanakan sayembara untuk maskot dan jingle Pilkada Kabupaten Serang 2020, baru tanggal 1 November launching Pilkada,”jelas Abidin Nasyar.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

LAINNYA

Kapolres Serang Serahkan Bantuan Sembako dan APD
Jumat, 29 Mei 2020 | 21:00 WIB
Kapolres Serang Serahkan Bantuan Sembako dan APD
Salah Sasaran, Warga Tanara Kena Bacok
Kamis, 28 Mei 2020 | 20:51 WIB
Salah Sasaran, Warga Tanara Kena Bacok

KOMENTAR

Pilkada Serang 2020, Pemkab dan KPU Tanda Tangani NPHD

PEMERINTAHAN

148 dibaca
Pakai Protokol Kesehatan, Pemkab Serang Gelar Halabihalal Terbatas
550 dibaca
Pemkab Serang Bentuk Satgas Ketahanan Pangan Daerah

POLITIK

1083 dibaca
DPP Serahkan ke DPD Gerindra Banten Tentukan Balon Kada
1175 dibaca
PDIP Usulkan Tatu-Pandji di Pilkada Kabupaten Serang 2020

HUKUM & KRIMINAL

86 dibaca
Salah Sasaran, Warga Tanara Kena Bacok
67 dibaca
Kantongi Sabu, Seorang Pemuda di Cilegon Diciduk Polisi

PERISTIWA

74 dibaca
Diduga Stres, Mahasiswi Bina Bangsa Gantung Diri
510 dibaca
Warga Curug Ditemukan Tewas Mengambang di Sungai

EKONOMI & BISNIS

480 dibaca
Sekretaris Bapenda: Bank Banten Gagal Bayar Disebabkan Utang ASN dan DPRD
559 dibaca
Bupati Serang Sebut Bantuan Beras Harus Serap Petani Lokal
Top