Minggu, 20 Oktober 2019

Pilkada Serang 2020, Pemkab dan KPU Tanda Tangani NPHD

[Foto: InilahBanten.co.id/Arif Soleh]
Selasa, 01 Okt 2019 | 16:55 WIB - Serang Pemerintahan

lBC, Serang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang diwakili oleh Wakil Bupati (Wabup), Pandji Tirtayasa dan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang, Abidin Nasyar menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020. Penandatangan bertempat di Pendopo Bupati Serang Jalan Brigjen KH. Syam’un pada Selasa, 1 Oktober 2019.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Asda I Setda Kabupaten Serang, Asep Saepudin, sejumlah camat dan kepala OPD, dan para Komisioner KPU Kabupaten Serang. Hadir juga para unsur muspida tingkat Kabupaten Serang.

Wabup Serang, Pandji Tirtayasa mengatakan, bahwa berdasarkan undang-undang pemerintah daerah (pemda) harus membiayai pilkada atau harus didanai dari APBD. Karenanya, pihak KPU hanya sebagai penyelenggara.

“Pemda akan memberikan hibah daerah dan mudah-mudahan dana yang tidak seberapa bisa mencukupi kebutuhan operasional atau tahapan sebesar Rp75,6 miliar,”ujar Pandji dalam sambutannya.

xccSambungnya, bahwa sedianya kalau berdasarkan Permendagri dana awal yang dikucurkan pemda harus 40 persen untuk memenuhi proses pilkada. Karena kondisi keuangan pemda, jadi 40 persen bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

“Insya Allah tahun 2020 bisa memenuhi yang diperlukan oleh KPU, kalau kurang tinggal ngomong saja. Untuk perubahan ini baru menyanggupi Rp500 juta,”terang Pandji yang bakal maju kembali sebagai Bakal Calon Wakil Bupati Serang ini.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar menambahkan bahwa anggaran Rp75,6 miliar berdasarkan yang sudah disepakati antara Pemkab Serang dan KPU itu untuk seluruh tahapan Pilkada Kabupaten Serang. “Jadi sudah kita hitung semua, mudah-mudahan semuanya bisa terakomodir,”ujarnya kepada wartawan.

Sedangkan untuk launching Pilkada Kabupaten Serang, akan dilaksanakan pada 1 November 2019 mendatang yang merupakan salah satu tahapan. Kemudian dilanjutkan pengumuman persyaratan untuk calon perseorangan. “Pertama kita pada pertengahan Oktober ini akan dilaksanakan sayembara untuk maskot dan jingle Pilkada Kabupaten Serang 2020, baru tanggal 1 November launching Pilkada,”jelas Abidin Nasyar.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Pilkada Serang 2020, Pemkab dan KPU Tanda Tangani NPHD
sayembara2

PEMERINTAHAN

152 dibaca
Pemprov Banten Terima Apresiasi dan Penghargaan dari Kemendagri
167 dibaca
Sosialisasikan SLRT, Layanan Sosial Kini Dilakukan Terpadu

POLITIK

679 dibaca
Didiskualifikasi, Balon Kades Garut Malah Kesurupan
117 dibaca
Rapatkan Barisan, Seluruh Dewan Golkar di Banten Diminta Solid

HUKUM & KRIMINAL

212 dibaca
Unit Reskrim Polsek Curug Tembak Gembong Curanmor
126 dibaca
Belum Nikmati Hasil Curanmor, Dua Pelaku Diringkus

PERISTIWA

68 dibaca
Bupati Serang Minta UPZ Maksimalkan Penerimaan ZIS
229 dibaca
Temui Massa Aksi Demo, Bupati Serang Jawab Semua Tuntutan

EKONOMI & BISNIS

105 dibaca
Musim Kemarau, PDAM Tirta Albantani Alami Kerugian Capai Rp5 Miliar
47 dibaca
Andika Jajaki Ekspor Gula Aren dan Manggis via Platform Digital
Top