Selasa, 23 Juli 2019

Pilkada Kabupaten Serang 2020, KPU Ajukan Anggaran Rp85 Miliar

Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar-[Foto InilahBanten]
Rabu, 19 Jun 2019 | 21:16 WIB - Serang Politik

lBC, Serang – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Serang yang akan dimulai tahapannya pada akhir tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang mengajukan anggaran senilai Rp85 miliar. Besaran anggaran yang diusulkan tersebut dihitung berdasarkan tahapan-tahapan yang akan dilaksanakan.

Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar mengatakan, bahwa dalam Pilkada 2020 nanti ada tiga tahapan, yang pertama adalah tahapan persiapan, kedua tahapan pelaksanaan dan tahapan yang ketiga adalah evaluasi. 

Untuk tahapan persiapan akan mulai pada September 2019. "Kami dari sekarang sudah merancang program, tahapan lalu kemudian anggaran terlebih dahulu, lalu  setelah itu pembentukan badan ad hoc dan pendataan penduduk atau pendataan pemilih di Kabupaten Serang," kata Abidin Nasyar kepada lnilahBanten saat ditemui di ruang kerjanya Jalan Kitapa Cilame Kota Serang pada Rabu, 19 Juni 2019.

Dikatakan dia, pelaksanaan Pemilihan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Serang sendiri akan dilaksanakan pada September 2020. Ia pun mengaku sudah menyusun rancangan Pilkada tersebut dan sudah mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang. 

"Kami sudah melakukan rapat koordinasi dengan Pemda, karena anggaran Pilkada ini kan sesuai dengan Permendagri nomor 33, pemerintah wajib memberikan anggaran, dan ini adalah amanat undang undang juga," ujarnya.

Adapun besaran anggaran yang diusulkan, kata dia sudah dirinci berdasarkan tahapan-tahapan yang dilaksanakan. Namun demikian ia pun mempersilahkan terhadap Pemkab Serang untuk menganalisa besaran anggaran yang telah disusun tersebut.

"Tapi satu hal, berapapun anggaran yang kita buat, yang kita susun dan kita usulkan itu tentunya hasil dari pencermatan dan kajian kita, kalau kemudian anggaran itu sejumlah misalkan Rp85 miliar yang kita usulkan di acc semuanya, dan itu tidak habis maka itu harus kembali ke kas daerah. Jadi belum tentu anggaran itu kita habiskan semua," tuturnya.

 

Ia juga menegaskan KPU Kabupaten Serang dalam menggunakan anggaran tersebut sesuai dengan kebutuhan yang ada. Adapun jika ada kegiatan diluar, menurutnya hal itu untuk menunjang susksesnya pemilu.

"Terutama kita memang target partisipasi, jangan lagi kemudian di Serang ini partisipasinya rendah, jangan lagi kemudian KPU disalahkan kurang masifnya sosialisasi, makanya kami melakukan penganggaran untuk sosialisasi agar kita tingkatkan," tuturnya.

Sekretaris KPU Kabupaten Serang, Mulyadi menambahkan anggaran yang diusulkan terhadap Pemkab Serang untuk Pilkada 2020 nanti adalah senilai Rp85 miliar. Kebutuhan anggaran tersebut diasumsikan pada Pilkada nanti ada lima pasang calon."Dana itu harusnya september itu sudah ada turun, tapi Pemda yang punya kewenangan," pungkasnya.

Diketahui pelaksanaan Pilkada Serentak pada September 2020 di Provinsi Banten bukan hanya Kabupaten Serang yang akan melaksanakan Pemilihan Cabup dan Cawabup, ada beberapa daerah yang juga melaksanakan pergantian kepala daerah yakni, Kabupaten Pandeglang, Kota Cilegon, dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Reporter: Ahyaruddin Ayonk
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Pilkada Kabupaten Serang 2020, KPU Ajukan Anggaran Rp85 Miliar

PEMERINTAHAN

630 dibaca
Silpa APBD Kabupaten Serang TA 2018 Capai Rp403 Miliar
1848 dibaca
Dinilai Sukses, Bupati Minsel Belajar Kelola BUMD ke Bupati Serang
1710 dibaca
Pemkab Serang Terapkan Sistem Berbasis Elektronik

POLITIK

826 dibaca
Tak Penuhi Kuorum, Paripurna DPRD Kabupaten Serang Batal Digelar
1875 dibaca
Pilkada Serentak 2020, Golkar Banten Prioritaskan Usung Kader
1778 dibaca
Eks Relawan Sebut Kepemimpinan WH–Andika Bergaya Otoriter

HUKUM & KRIMINAL

2346 dibaca
Orang Tua Kades di Kecamatan Ciruas Dibacok
1401 dibaca
Tiga Pelaku Curas Biasa Aksi di Wilayah KP3B Diringkus
1448 dibaca
Miliki Catatan Kriminalitas, Dua Perampok Asal Malaysia Tak Bisa Dibawa ke Indonesia

PERISTIWA

1819 dibaca
Bupati Serang: TMMD Bangkitkan Budaya Gotong Royong di Masyarakat 
1959 dibaca
Diduga Terlibat Jual Aset Negara, Kejari Didesak Usut Walikota Serang
1734 dibaca
Peringati HANI 2019, Bupati Serang Canangkan Program Bersih dan Aman

EKONOMI & BISNIS

374 dibaca
Soal Pasir Laut, Bupati Tatu Minta Kajian Tim Ahli Dipublikasikan
539 dibaca
Inilah Gadis di Balik Uang Digital Facebook
Top