Senin, 18 November 2019

Pilkada Kabupaten Serang 2020, KPU Ajukan Anggaran Rp85 Miliar

Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar-[Foto InilahBanten]
Rabu, 19 Jun 2019 | 21:16 WIB - Serang Politik

lBC, Serang – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Serang yang akan dimulai tahapannya pada akhir tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang mengajukan anggaran senilai Rp85 miliar. Besaran anggaran yang diusulkan tersebut dihitung berdasarkan tahapan-tahapan yang akan dilaksanakan.

Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar mengatakan, bahwa dalam Pilkada 2020 nanti ada tiga tahapan, yang pertama adalah tahapan persiapan, kedua tahapan pelaksanaan dan tahapan yang ketiga adalah evaluasi. 

Untuk tahapan persiapan akan mulai pada September 2019. "Kami dari sekarang sudah merancang program, tahapan lalu kemudian anggaran terlebih dahulu, lalu  setelah itu pembentukan badan ad hoc dan pendataan penduduk atau pendataan pemilih di Kabupaten Serang," kata Abidin Nasyar kepada lnilahBanten saat ditemui di ruang kerjanya Jalan Kitapa Cilame Kota Serang pada Rabu, 19 Juni 2019.

Dikatakan dia, pelaksanaan Pemilihan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Serang sendiri akan dilaksanakan pada September 2020. Ia pun mengaku sudah menyusun rancangan Pilkada tersebut dan sudah mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang. 

"Kami sudah melakukan rapat koordinasi dengan Pemda, karena anggaran Pilkada ini kan sesuai dengan Permendagri nomor 33, pemerintah wajib memberikan anggaran, dan ini adalah amanat undang undang juga," ujarnya.

Adapun besaran anggaran yang diusulkan, kata dia sudah dirinci berdasarkan tahapan-tahapan yang dilaksanakan. Namun demikian ia pun mempersilahkan terhadap Pemkab Serang untuk menganalisa besaran anggaran yang telah disusun tersebut.

"Tapi satu hal, berapapun anggaran yang kita buat, yang kita susun dan kita usulkan itu tentunya hasil dari pencermatan dan kajian kita, kalau kemudian anggaran itu sejumlah misalkan Rp85 miliar yang kita usulkan di acc semuanya, dan itu tidak habis maka itu harus kembali ke kas daerah. Jadi belum tentu anggaran itu kita habiskan semua," tuturnya.

 

Ia juga menegaskan KPU Kabupaten Serang dalam menggunakan anggaran tersebut sesuai dengan kebutuhan yang ada. Adapun jika ada kegiatan diluar, menurutnya hal itu untuk menunjang susksesnya pemilu.

"Terutama kita memang target partisipasi, jangan lagi kemudian di Serang ini partisipasinya rendah, jangan lagi kemudian KPU disalahkan kurang masifnya sosialisasi, makanya kami melakukan penganggaran untuk sosialisasi agar kita tingkatkan," tuturnya.

Sekretaris KPU Kabupaten Serang, Mulyadi menambahkan anggaran yang diusulkan terhadap Pemkab Serang untuk Pilkada 2020 nanti adalah senilai Rp85 miliar. Kebutuhan anggaran tersebut diasumsikan pada Pilkada nanti ada lima pasang calon."Dana itu harusnya september itu sudah ada turun, tapi Pemda yang punya kewenangan," pungkasnya.

Diketahui pelaksanaan Pilkada Serentak pada September 2020 di Provinsi Banten bukan hanya Kabupaten Serang yang akan melaksanakan Pemilihan Cabup dan Cawabup, ada beberapa daerah yang juga melaksanakan pergantian kepala daerah yakni, Kabupaten Pandeglang, Kota Cilegon, dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Reporter: Ahyaruddin Ayonk
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

LAINNYA

Bupati Serang: Pelayanan Ambulan Desa Gratis
Rabu, 13 Nov 2019 | 20:24 WIB
Bupati Serang: Pelayanan Ambulan Desa Gratis
Pengangguran di Kabupaten Serang Turun Drastis
Rabu, 13 Nov 2019 | 13:50 WIB
Pengangguran di Kabupaten Serang Turun Drastis
Puluhan Anak Jalanan Diamankan Polisi
Rabu, 13 Nov 2019 | 13:09 WIB
Puluhan Anak Jalanan Diamankan Polisi

KOMENTAR

Pilkada Kabupaten Serang 2020, KPU Ajukan Anggaran Rp85 Miliar

PEMERINTAHAN

141 dibaca
Diskominfosatik Kabupaten Serang Akan Sosialisasikan Wali Data
170 dibaca
Pemkab Serang Wujudkan Sistem Satu Data

POLITIK

266 dibaca
Hanya Ingin Dampingi Tatu, Pandji Daftar ke Gerindra
180 dibaca
Tatu Ajak Demokrat Tuntaskan Pembangunan Kabupaten Serang

HUKUM & KRIMINAL

149 dibaca
Buruh Pabrik Bawa Satu Paket Sabu
154 dibaca
Ringkus Tiga Pelaku Curanmor, Polisi Temukan 24 Paket Sabu

PERISTIWA

192 dibaca
Pasca Bom Bunuh Diri di Medan, Polres Serang Perketat Pemeriksaan
208 dibaca
Kebakaran di Pasar Baros, 300 Kios Ludes Terbakar

EKONOMI & BISNIS

22 dibaca
PUPR Putuskan Uang Muka Rumah Bersubsidi Cuman 1 Persen
129 dibaca
BUMD Pemkab Serang Kelola Pelabuhan Swasta 
Top