Jumat, 01 Maret 2024

Pertumbuhan Ekonomi Pemprov Banten Capai 4,97 Persen

[Foto Ilustrasi/Net]
Rabu, 03 Jan 2024 | 20:42 WIB - Banten Ekonomi & Bisnis

lBC, Serang - Pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten pada kuartal tiga tahun 2023 mencapai 4,97 persen yang berada di atas pertumbuhan ekonomi Nasional sebesar 4,94 persen. Kondisi tersebut merupakan hasil dari  pengambilan langkah-langkah dalam pengendalian inflasi, dalah satunya dengan menjaga keseimbangan antara faktor penawaran (supply) dan faktor permintaan (demand).

“Kita ketahui bahwa inflasi ini seperti denyut darah, terlalu rendah masalah dan terlalu tinggi juga masalah. Dan kita terus berupaya mencari titik keseimbangan itu,” ungkap Pj Gubernur Banten Al Muktabar usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi secara virtual di Ruang Rapat Gubernur, KP3B Curug, Kota Serang pada Rabu, 3 Januari 2024.

Badan Pusat Statistik (BPS)  Provinsi Banten, mencatat secara Year-on-Year (y-o-y) bulan Desember 2023 Inflasi Provinsi Banten sebesar 3,06 persen. Yang mana, inflasi tersebut masih dipicu oleh beberapa komoditi pemicu seperti beras dan cabai.

“Dan keseimbangan itu kita lakukan dalam menindaklanjuti komoditi pemicu inflasi, seperti beras dan cabai sebagai upaya mempertahankan pangan kita,” jelasnya.

Ia menambahkan, pasca El Nino pihaknya juga terus memaksimalkan pengendalian inflasi dengan memperhatikan siklus tanam bagi komoditas pemicu inflasi. Dimana, upaya tersebut berkolaborasi dengan stakeholder untuk menentukan berbagai kebutuhan seperti penentuan cuaca, bibit atau benih tanaman.

“Seusai kemarau panjang, kita juga mengupayakan lahan tanam seperti sawah-sawah atau ladang dengan siklus tanam yang kita terus komunikasikan dengan menteri pertanian dan BMKG. Dimana soal bibit, pupuk sudah kita ajukan yang kedepannya saya harap sentra-sentra pangan kita akan semakin tinggi,” pungkasnya.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Pertumbuhan Ekonomi Pemprov Banten Capai 4,97 Persen

INILAH SERANG

1681 dibaca
Sasar Peredaran Miras, Polres Serang Kota Razia Café & Resto
1389 dibaca
Wagub Banten Ingatkan Komitmen Lembaga Pendidikan Soal Bela Negara

HUKUM & KRIMINAL

747 dibaca
Tangkap Dua Pengedar, Polisi Amankan 1.000 Butir Pil Heximer
1162 dibaca
Diduga Korban Tabrak Lari, Seorang Wanita Tergeletak di tol Tangerang - Merak

POLITIK

2135 dibaca
DPP Serahkan ke DPD Gerindra Banten Tentukan Balon Kada
1859 dibaca
Keputusan MK Landasan KPU Tetapkan Gubernur & Wagub Banten Terpilih

PENDIDIKAN

1633 dibaca
Pemkab Serang Akan Tingkatkan Penerima dan Insentif Guru Paud
975 dibaca
Gubernur NTB : Membangun Bangsa Harus Miliki Pondasi Spiritualitas
Top