Kamis, 18 April 2024

Pertebal Kecintaan Terhadap Negara, Forum Bela Negara Kabupaten Lebak Dibentuk

Beberapa elemen masyarakat Kabupaten Lebak tergabung dalam Forum Bela Negara (Foto : Akew/inilahbanten)
Senin, 17 Jul 2017 | 14:57 WIB - Lebak Hukum & Kriminal

IB, LEBAK-Upaya Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya Kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 sebagaimana tertuang dalam BAB X tentang Warga Negara dan Penduduk Pasal 27 (3)  yakni Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

Upaya Bela Negara, merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada negara dan bangsa. Pengabdian dimaksud adalah sesuai dengan profesi artinya pengabdian warga negara yang mempunyai profesi tertentu untuk kepentingan bela negara termasuk dalam menanggulangi dan atau memperkecil akibat yang ditimbulkan oleh perang, bencana alam atau bencana lainnya.

 Sehingga setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya Bela Negara yang diselenggarakan melalui Pendidikan Kewarganegaraan, Pelatihan Dasar Kemiliteran dan Pengabdian sesuai dengan Profesinya masing-masing.

Demikian pula di Kabupaten Lebak, beberapa elemen masyarakat juga tergabung dalam Ormas Bela Negara, bertempat di Saung Jati, Kampung Pasirwaru, Desa Bojongleles, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak,  telah diadakan musyawarah untuk memantapkan dan melengkapi pengurus pada wadah organisasi yang bernama Forum Bela Negara.

Dikatakan H Ahya, Ketua Forum Bela Negara, Kabupaten Lebak, tujuan diadakannya musyawarah ini untuk lebih memantapkan dan melengkapi pengurus-pengurus baik bidang maupun divisi. Hal ini dilakukan lanjut Ahya, karena waktu pelantikan dan pengukuhan yang semakin dekat untuk dilaksanakannya  tentunya kepengurusan harus sudah terisi.

Menurut Ahya, Forum Bela Negara salah satu lembaga dibawah naungan Kementerian Ketahanan sehingga perlu sekali mendatkan  dukungan dari semua pihak, sehingga rennaca pembentukan terealisais dengan baik, “Mudah-mudahan setelah mantap dan lengkap pengurusnya di Kabupaten Lebak bisa cepat berjalan seperti di daerah-daerah lain,”kata H Ahya, Senin(17-Juli-2017).

Sementara menurut Cepi J.SH, ketua bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) Ormas Bela Negara Pusat menjelaskan, organisasi ini didirikan oleh alumni Lemhanas dan dengan terbentuknya organisasi ini salah satu upaya dalam rangka pembinaan karena kecintaannya terhadap Negara Republik Indonesia yang sipatnya secara suka rela. "Forum bela negara ini sudah terbentuk sejak tahun 2005 dan pengembangannya saat ini baru tingkat Kabupaten mudah-mudahan kedepannya bisa sampai ketingkat Kecamatan". Katanya

Reporter: Akew
Redaktur: Fahdi Khalid
Bagikan:

KOMENTAR

Pertebal Kecintaan Terhadap Negara, Forum Bela Negara Kabupaten Lebak Dibentuk
aulmummc zf

INILAH SERANG

240 dibaca
Perluas Layanan Adminduk, Disdukcapil Teken PKS dengan 5 Rumah Sakit

HUKUM & KRIMINAL

245 dibaca
Nyambi Edarkan Sabu, Pekerja Bangunan Ditangkap Polisi

POLITIK

2399 dibaca
Tak Ada yang Menang, Pilkada Kota Serang 2018 Draw
Top