Selasa, 27 Oktober 2020

Peringati HUT RI ke-75, Mapala se-Banten Long March dari Bukit Teletubbies

Senin, 17 Agt 2020 | 14:58 WIB - Cilegon Peristiwa

lBC, Cilegon - Ratusan Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) se-Banten memeringati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia atau HUT RI ke-75 dengan cara berbeda. Ratusan mahasiswa tersebut melakukan longmarch dari Bukit Teletubbies di Kelurahan Suralaya, ke Bukit Ciporong di Kelurahan Tamansari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon pada Senin, 17 Agustus 2020.

Sebanyak 140 mahasiswa melakukan longmarch dari Bukit Teletubbies, Kelurahan Suralaya ke Bukit Ciporong, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Pulomerak sekitar 10 kilometer. Longmarch dilakukan setelah rencana pengibaran di bendera merah putih di Bukit Teletubbies ditolak lantaran alasan keamanan.

Koordinator Mapala se-Banten, Okib mengatakan, aksi long march membawa bendera berukuran 16x10 meter dilakukan setelah pihak Kelurahan Suralaya tidak menginginkan adanya pengibaran bendera merah putih menggunakan peralatan panjat tebing. Pemerintah Kelurahan Suralaya membolehkan pengibaran bendera merah putih tanpa peralatan atau dibentangkan di tanah lapang yang ada di bukit bukan di tebingnya.

"Kita dilarang mengibarkan bendera merah putih dengan peralatan yang kita bawa seperti tali, cincin pengaman dan yang lainnya untuk naik di tebing yang curam. Alasannya karena bukitnya curam, hanya boleh dibentangkan saja di tempat yang lapang," kata Okib.

Okib menjelaskan, pengibaran bendera merah putih berukuran besar di Bukit Teletubbies sebagai protes Mapala se-Banten atas pembangunan unit 9 dan 10 PLTU Suralaya. Alasannya, PLTU Suralaya yang menggunakan bahan bakar batubara untuk operasionalnya, dinilai bisa merusak lingkungan sekitar.

"Kita ingin pembangunan PLTU Suralaya unit 9 dan 10 di stop dan diganti dengan menggunakan energi terbarukan yang ramah lingkungan. Kita menolak bukan proyeknya, tapi penggunaan bahan bakarnya saja," ungkapnya

Okib menambahkan, pada akhirnya pengibaran bendera dilakukan hanya sekitar 20 orang saja di Bukit Ciporong yanh tidak begitu curam. Ia berharap, di HUT RI ke-75 ini, pembangunan di Indonesia lebih mengedepankan kelestarian lingkungan. "Tadinya mau di Bukit Teletubbies karena berhadapan langsung dengan PLTU Suralaya,"tutup dia.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Peringati HUT RI ke-75, Mapala se-Banten Long March dari Bukit Teletubbies

PEMERINTAHAN

91 dibaca
Libur Panjang, Sekda : Mending Sama Keluarga
124 dibaca
Pemkab Serang Raih Penghargaan 5 Kali Opini WTP dari Kemenkeu

POLITIK

214 dibaca
Ucapan Terima Kasih Warga, Ratu Tatu Dihadiahi Bontot Pontang
276 dibaca
Ciptakan Pilkada Kabupaten Serang Aman Damai Sehat dan sejuk

HUKUM & KRIMINAL

91 dibaca
Dua Residivis Sindikat Curanmor Dibekuk Polisi
171 dibaca
Belum Dapat Untung jadi Pengedar Pil Heximer, Dua Pemuda Ditangkap

PERISTIWA

67 dibaca
Libur Panjang, Polres Serang Terjunkan 143 Personil di Pusat Keramaian
69 dibaca
Sajadah Pengimaman Mesjid Al-Falah Dibakar Diduga ODGJ

EKONOMI & BISNIS

80 dibaca
Waduh, Upah Minimum Tahun Depan Tidak Naik
596 dibaca
Kemendag-Facebook Berdayakan UMKM Indonesia
Top