Sabtu, 02 Maret 2024

Pengmas Mahasiswa MAP Untirta di Sawah Luhur, Dorong Wanita Tani Manfaatkan Pekarangan

Mahasiswa MAP Untirta Angkatan Tahun 2022 saat pose bersama.[Foto Istimewa]
Senin, 02 Okt 2023 | 08:38 WIB - Serang Pendidikan

lBC, Serang - Mahasiswa Magister Administrasi Publik (MAP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Angkatan Tahun 2022 melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) di Kelurahan Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

Bertempat di aula gedung kelurahan, kegiatan yang bertemakan pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT) disambut dengan baik dan antusias oleh pihak kelurahan dan kelompok masyarakat sekitar yang hadir dalam acara tersebut.

zvAcara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB, dibuka secara simbolis oleh Kepala Kelurahan Sawah Luhur dengan penyerahan sertifikat peserta kepada bidan desa setempat. Pelaksanaan pengmas tepatnya pada Minggu, 16 Juli 2023. 

Dalam kegiatan tersebut sebagai narasumber antara lain Kepala Program Studi (Kaprodi) Jurusan Magister Administrasi Publik Dr. Ipah Ema Jumiati, M.Si, Dr. Ir. Indar Kustiningsih, S.T., M.T dan juga Dr. Ayuning Budiati, S.IP., MPPM yang hadir secara daring.  Secara bersamaan juga dilaksanakan kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan ibu hamil serta dihadirkannya pojok literasi bagi warga sekitar.

Dalam kesempatan tersebut, warga diberikan materi tentang tata cara pembuatan pupuk organik cair dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan sehari-hari. Seperti air cucian beras, gula pasir/ gula jawa, air kelapa serta air dengan peralatan sederhana seperti jerigen, selang dan botol air kemasan.

scsHal ini diharapkan dapat bermanfaat bagi warga yang sebagian besar berprofesi sebagai petani dan memiliki lahan pekarangan di rumahnya masing-masing.

Penggunaan pupuk organik ini selain dapat menyuburkan tanah dan mempercepat pertumbuhan tanaman, juga tidak memerlukan biaya yang mahal. Pupuk organik pun diharapkan dapat meningkatkan hasil pertanian dan mengurangi dampak negatif penggunaan pupuk kimia pada tanah.

Pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat mengembangkan kemampuan praktis yang relevan bagi mahasiswa Magister Administrasi Publik, membantu masyarakat dalam hal meningkatkan kualitas hidup dan memberikan alternatif solusi dalam keberlangsungan lingkungan serta menjadi kontribusi positif dalam peningkatan kemampuan literasi.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Pengmas Mahasiswa MAP Untirta di Sawah Luhur, Dorong Wanita Tani Manfaatkan Pekarangan

INILAH SERANG

1348 dibaca
Korek Gas Meledak, Rumah di Kawasan Banten Lama Terbakar
1480 dibaca
Pj Gubernur Instruksikan Pejabat dan Pegawai  Ikuti Pengajian Rutin

HUKUM & KRIMINAL

1515 dibaca
Pemberi Ganja ke Iwa K Sesama Artis?
761 dibaca
Jadi Pengedar Obat Keras, Polres Serang Tangkap Pengamen Jalanan

POLITIK

1884 dibaca
Soal Wacana Pembubaran KNPI, Hanya Habiskan Energi Jika Tanpa Dasar
1489 dibaca
KPPD Banten Yakin Mahasiswa Mampu Dongkrak Partisipasi Pemilu

PENDIDIKAN

2490 dibaca
Guru Diniyah Dapat Dana Insentif Rp5,1 Miliiar 
2621 dibaca
Mengabdi di Lebak, 172 Mahasiswa STKIP Pelita Pratama Dilepas
Top