Senin, 18 Januari 2021

Penerapan Vaksinasi Masih terus Dipersiapkan

Ilustrasi/Net
Selasa, 12 Jan 2021 | 22:09 WIB - Pandeglang Kesehatan

lBC, Pandeglang -Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Pandeglang dr. Achmad Sulaeman mengaku saat ini masih terus mempersiapkan untuk penerapan vaksinasi di Kabupaten Pandeglang. Salah satu hal yang masih dipersiapkan untuk saat ini yakni tempat untuk penyimpanan vaksin yang bakal diterima di Kabupaten Pandeglang. 

"Kita masih menunggu, kita akan mendapat jadwal untuk pengambilan. Ini tentu bukan hal yang remeh, dan perlu koordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengawal. Nanti akan disediakan tempat khusus di GFK sarana untuk penyimpanannya," ucap Sulaeman kepada wartawan di Pandeglang pada Selasa, 12 Januari 2021.

Selain itu, vaksin yang sudah diterima nantinya bakal dikirimkan kepada tiap-tiap puskesmas. Untuk itu, ia meminta agar seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Pandeglang sesegera mungkin menyiapkan tempat untuk penyimpanan vaksin. 

"Sekaligus di puskesmas harus menyiapkan juga. Nanti kan di didistribusikan juga kesana. Ada SOP (standar operasional) yang akan dipatuhi oleh puskesmas dalam pengambilan dan penyimpanan vaksin," katanya. 

Sulaeman meyakini untuk seluruh tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Pandeglang sudah seluruhnya mengetahui akan pemberian dosis vaksin itu. "Sudah, jadi semua kan sudah terlatih dan memahami betul karakter dari vaksin ini," ujarnya. 

Selain itu, pihaknya bakal membentuk tim khusus untuk mengawasi apabila pasca dilakukan vaksinasi terdapat salah satu pasien yang menunjukan kelainan gejala usai diberikan vaksin. 

"Kita akan membuat panitia pokja untuk menilai efek samping yang disebut Kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI, jadi semua yang di imunisasi atau vaksinasi akan dipantau keadaanya apakah sesuai dengan vaksin dan baik-baik saja. Atau ada efek samping yang timbul," ujarnya. 

Sedangkan untuk tahap awal penerapan vaksinsi pihaknya bakal memberikan kepada tenaga kesehatan terlebih dahulu, sebanyak 2.343 orang. Sementara perencanaan kuota vaksin yang didapatkan untuk Kabupaten Pandeglang mencapai 443. 

"Jadi kalau misalnya sedia satu vial itu untuk 10 orang maka kita dapat kurang lebih 4.430 dosis dan kalau misal ini dibagi dua jadi tetap masih kurang untuk kebutuhan nakes dalam tahap pertama," tandasnya.[Syam/Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

LAINNYA

Puluhan Ribu Mangrove Mulai Ditanam KSB dan Tagana
Minggu, 17 Jan 2021 | 18:14 WIB
Puluhan Ribu Mangrove Mulai Ditanam KSB dan Tagana
Siapkan Rumah Singgah untuk Warga Pandeglang
Sabtu, 16 Jan 2021 | 16:44 WIB
Siapkan Rumah Singgah untuk Warga Pandeglang
Usai Divaksin, Irna Harap jadi Solusi Terbaik
Kamis, 14 Jan 2021 | 22:51 WIB
Usai Divaksin, Irna Harap jadi Solusi Terbaik
22 Ribu Kouta PTSL di Pandeglang Tak Tercapai
Kamis, 14 Jan 2021 | 10:51 WIB
22 Ribu Kouta PTSL di Pandeglang Tak Tercapai

KOMENTAR

Penerapan Vaksinasi Masih terus Dipersiapkan

INILAH BANTEN

86 dibaca
HPN 2021 SMSI Sumbang Jalan dan Sarana Sanitasi
199 dibaca
Kapolda: Jadilah Polisi yang Empati, Mengayomi dan Dekat Dengan Rakyat

INILAH SERANG

47 dibaca
Bupati Tatu Beberkan Reaksi Pasca Divaksin
131 dibaca
Lakalantas Dua Truk di Tol Tangerang-Merak, Satu Meninggal Dunia

HUKUM & KRIMINAL

30 dibaca
Arief Budiman Diberhentikan, Ilham Jadi plt
130 dibaca
Jokowi Minta Aparat Tindaklanjuti Temuan Komnas HAM soal FPI

POLITIK

30 dibaca
Arief Budiman Diberhentikan, Ilham Jadi plt
139 dibaca
Partisipasi Masyarakat di Pilkades Diprediksi Tinggi

PENDIDIKAN

112 dibaca
Nadiem Makarim Bicara Korban Sriwijaya Air
254 dibaca
Tenaga Pengajar Berstatus ASN di Pandeglang Masih Minim
Top