Rabu, 14 November 2018

Pemprov Mulai Garap Zona Inti, Akses Mesjid Banten Lama Dialihkan

[Foto Istimewa]
Rabu, 11 Jul 2018 | 16:54 WIB - Serang Mozaik Islami

IBC, Serang - Proyek pembangunan revitalisasi kawasan Banten Lama mulai memasuki tahapan utama, yakni pembangunan zona inti kawasan wisata ziarah tersebut yang meliputi kawasan sekitar Masjid Banten Lama. Untuk mempersiapkan pembangunan di tahap itu, Pemprov Banten berencana melakukan rekayasa akses menuju dan dari kawasan Mesjid Banten Lama.

"Rekayasa dimaksud berupa pengalihan akses masuk keluar Mesjid Banten Lama melalui Terminal Sukadiri. Karena akses utama yang sekarang itu nanti akan ditutup selama proses pembanunan zona inti dilakukan,” kata Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy usai memimpin rapat terkait persiapan pembangunan zona inti dalam proyek revitalisasi Banten Lama, di kantornya di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Curug, Kota Serang pada Rabu, 11 Juli 2018.

Dijelaskan Andika yang juga bertindak sebagai Koordinator/Penanggungjawab Revitalisasi Banten Lama Pemprov Banten, pengalihan akses bagi pejiaran menuju dan dari Mesjid Banten Lama akan mulai dilakukan setelah proses rekayasan atau penyediaan akses alternatif yang melalui kawasan Terminal Sukadiri selesai dilakukan.

Pembuatan akses pengganti tersebut, kata Andika, juga akan dibarengi dengan penyiapan lahan pengganti bagi para PKL atau pedagang untuk berdagang selama akses utama Mesjd Banten Lama dialihkan.

"Ada ratusan PKL yang harus pindah dari tempat yang sekarang yaitu di sekitar akses utama Mesjid Banten Lama ke tempat baru yang nanti kami sediakan di sekitar kawasan Terminal Sukadiri," katanya.

Andika menyebut, persiapan lahan pengganti bagi para PKL itu akan dilakukan dalam waktu sekitar satu pekan ke depan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disindag) Pemprov Banten. Andika meminta para PKL untuk mematuhi ketentuan tersebut dan tidak merasa khawatir akan kehilangan pembeli, mengingat para pembeli yang disasar oleh para PKL itu juga nantinya akan melintasi kawasan atau tempat di mana para PKL dipindahkan.

"Lahan baru buat PKL yang disediakan Disindag nanti ya di sekitar Terminal Suakadiri. Nanti kan, peziarah dan wisatawan juga lewat situ akses ke mesjidnya selama akses uatama ditutup karena ada pembangunan zona inti itu,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Pemprov Banten di bawah kepemimpinan Gubernur Banten Wahidin Halim dan Wail Gubernur Andika Hazrumy telah mencanangkan proyek revitalisasi Banten Lama dengan tujuan agar kawasan wisata ziarah dan sejarah Banten Lama tersebut bersolek dan menjadi destinasi wisata berkelas Internasional.

Pemprov Banten mengambil alih pekerjaan penataan kawasan Banten Lama dari Pemkot Serang sebagai pemerintah daerah yang berwenang. Melalui persetujuan pemerintah pusat, Pemprov Banten kemudian menggandeng Pemkot Serang dan Pemkab Serang sebagai pemda di mana wilayahnya masuk ke dalam kawasan Banten Lama, untuk bekerja sama menggarap proyek tersebut. Pemprov Banten sendiri telah memutuskan untuk menganggarkan dana sebesar Rp 220 miliar dalam beberapa tahun anggaran ke depan.

Sejak dicetuskan, Pemprov Banten langsung tancap gas dengan melakukan pembangunan jalan akses menuju dan dari kawasan Banten Lama dengan melakukan betonisasi sejumlah ruas jalan tersebut. Ruas jalan dimaksud di antaranya jalan akses Banten Lama dari Kota Serang yang melalui Desa Kasemen dan ruas jalan akses Banten Lama dari Kabupaten Serang yang melalui Desa Kramatwatu. 

Terakhir, Pemprov Banten juga tengah melakukan pengerukan kanal-kanal yang mengitari kawasan inti Banten Lama agar kanal-kanal yang selama ini tertutup lumpur dan tidak berfungsi sebagaimana aalnya, agar dapat berfungsi kembali, yakni bisa dialiri air dan dijadikan wisata air. 

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Didi Rosadi
Bagikan:

KOMENTAR

Pemprov Mulai Garap Zona Inti, Akses Mesjid Banten Lama Dialihkan

PEMERINTAHAN

76 dibaca
APBD Banten Tahun 2019 Ditarget Menyentuh Rp12,31 Triliun
237 dibaca
Puluhan Pejabat Fungsional Pemprov Banten Dilantik
1032 dibaca
Perintah Perpres 16/2018, LPSE Dibentuk dalam Satu Badan/Dinas

POLITIK

267 dibaca
Caleg Golkar Dilarang Saling Menjelekkan dan Menjegal
211 dibaca
Dikukuhkan, Karya Nyata ICMI Ditunggu Masyarakat Banten
290 dibaca
Memilih Pemimpin di Pilpres 2019 Menurut UAS

HUKUM & KRIMINAL

68 dibaca
Meresahkan, Tiga Warga Lebak Tersangka Curanmor Diringkus
248 dibaca
Di Pandeglang, Seorang Anak Bacok Ibu Tirinya Hingga Meninggal
636 dibaca
Sebar Ujaran Kebencian di Facebook, Warga Petir Ditangkap

PERISTIWA

107 dibaca
Melalui ARDEX-18, Provinsi Banten Siap Atasi Dampak Bencana
1193 dibaca
Mayat Laki-laki Membusuk di Rumah Kontrakan Gegerkan Warga Cikande
1782 dibaca
Di Waringinkurung, Polisi dan TNI Ini Kompak Gotong Keranda Mayat

EKONOMI & BISNIS

148 dibaca
Andika Ingin Ekraf Jadi Tulang Punggung Baru Perekonomian di Banten
106 dibaca
Selama Oktober 2018, Nilai Tukar Petani di Banten Alami Kenaikan
Top