Selasa, 17 Mei 2022

Pemprov Banten Minta BKOW Bantu Sukseskan Pembangunan Gender

Rabu, 10 Nov 2021 | 00:05 WIB - Lebak

lBC, Serang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten berharap Badan Koordinasi Organisasi Wanita atau BKOW Banten berperan aktif dan berkontribusi besar dalam pembangunan gender di Provinsi Banten. Mulai dari sektor politik, ekonomi, dan publik. 

Sebab, tingkat keterwakilan perempuan dalam proses pengambilan kebijakan publik dapat meningkatkan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG), yang digunakan sebagai ukuran keterlibatan perempuan dalam pengambilan keputusan publik.

"Karena itu, segenap pengurus BKOW Provinsi Banten diharapkan bersinergi dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan peran-peran institusional perempuan dalam sektor politik, ekonomi dan publik,” kata Andika dalam sambutannya saat menghadiri acara HUT ke-18 BKOW Banten di Ponpes Irsyadul Hamdi, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak pada Selasa, 9 November 2021.

Menurut Andika, Pemerintah Provinsi Banten berkomitmen terhadap penyelenggaraan pembangunan berbasis gender guna terwujudnya keadilan dan kesetaraan gender. Kesetaraan gender akan mempercepat proses pembangunan terutama kaitannya dalam pembangunan sumber daya manusia. 

Komitmen dimaksud, lanjutnya, mengacu pada Peraturan Daerah Provinsi Banten Nomor 10 tahun 2005 tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Daerah dan Peraturan Gubernur Banten Nomor Nomor 80 Tahun 2014 tentang Percepatan Pengarusutamaan Gender Melalui Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender di Provinsi Banten. 

Lebih jauh Andika mengatakan, Pemerintah Provinsi Banten telah meraih penghargaan berupa Anugerah Parahita Ekapraya (APE) sebanyak 7 kali. Kondisi inilah yang menjadi bukti bahwa program-program pembangunan yang sudah dilaksanakan di Banten, kata Andika, memang dilakukan dengan berpedoman pada strategi pengarusutamaan gender.

"Karena itu, pada kesempatan yang berbahagia ini saya berharap BKOW Provinsi Banten senantiasa terus meningkatkan peran-peran institusional perempuan dalam sektor publik khususnya melalui perencanaan pembangunan responsif gender,” imbuhnya. 

Pada sektor ekonomi, Andika melanjutkan, Pemprov Banten berharap BKOW Provinsi Banten berperan dalam pemberdayaan dan pengembangan kewirausahaan perempuan yang dapat membantu masyarakat terdampak covid-19 serta membantu pemerintah daerah meningkatkan perekonomian daerah. Selain itu UMKM perempuan juga sangat penting sebagai salah satu motor penggerak perekonomian dan kemajuan sosial. 

Andika berharap ke depan BKOW Provinsi Banten Banten memiliki program kerja pemberdayaan kewirausahaan perempuan yang dapat diintegrasikan dengan program perlindungan sosial dan pemberdayaan UMKM perempuan khususnya dalam platform ekonomi digital.

Usai acara, kepada pers Ketua BKOW Banten Ade Rossi Choerunnisa mengaku pihaknya sudah sejalan dengan harapan Wagub Andika dalam sambutannya. Hal itu, kata wanita yang juga Anggota Komisi III DPR RI (Dapil Banten I) ini di antaranya terlihat dari sejumlah kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati HUT ke-18 BKOW kali ini. 

Istri Wagub Andika ini menyebut pada acara tersebut pihaknya di antaranya menggelar advokasi kepada ibu rumah tangga terkait stunting, yang ditujukan untuk meningkatkan pemahaman ibu-ibu untuk mengolah dan menyajikan makanan bergizi  dengan menggunakan produk lokal,sehingga layak dikonsumsi anak, agar tumbuh secara baik.

"Sengaja kami mengundang chef Reza untuk demo  mengajarkan memasak makanan bergizi untuk konsumsi anak-anak,” kata wanita yang biasa disapa Aci ini.
 
Selanjutnya Aci menyebut pihaknya  juga melaksanakan bazar produk industri rumahan dari perempuan pelaku industri rumahan kabupaten lebak yang merupakan wujud dari pembangunan ekonomi kaum perempuan. “Ke depan kami berkomitmen untuk lebih dapat berkontribusi lagi sebagaimana harapan Pak Wagub,” katanya.

Bagikan:

KOMENTAR

Pemprov Banten Minta BKOW Bantu Sukseskan Pembangunan Gender
pemda

INILAH SERANG

198 dibaca
Polres Serang Tangkap Pengedar Pil Koplo saat Tunggu Pelanggan
384 dibaca
Bawa Kambing, Pengemudi dan Penumpang Mobil Nyaris Diamuk Massa
292 dibaca
Pemprov Banten Siapkan Strategi Penanganan Stunting dan Gizi Buruk

HUKUM & KRIMINAL

198 dibaca
Polres Serang Tangkap Pengedar Pil Koplo saat Tunggu Pelanggan
384 dibaca
Bawa Kambing, Pengemudi dan Penumpang Mobil Nyaris Diamuk Massa
1013 dibaca
Resmob Polres Serang Ringkus 4 Bandit Kurang dari 24 Jam Usai Terima Laporan Perampasan

POLITIK

244 dibaca
Golkar Banten Sambut Bahagia Koalisi Indonesia Bersatu
1475 dibaca
Instruksikan Pemenangan Airlangga, Andika Keliling ke DPD Golkar Kabupaten dan Kota di Ban...
1258 dibaca
Bakesbangpol Pastikan Tak Ada Ormas Radikal di Kabupaten Serang
Top