Rabu, 19 Februari 2020

Pemprov Banten Bantah Menkes Setuju Berobat Gratis Modal KTP

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo,Statistik dan Persandian Banten, Amal Herawan Budi (Foto Istimewa)
Sabtu, 28 Apr 2018 | 14:20 WIB - Serang Kesehatan

lBC, Serang - Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Dinas Komunikasi, Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) membantah adanya persetujuan dari Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek tentang berobat gratis di Provisi Banten hanya dengan modal KTP saat bertemu Gubernur Wahidin Halim dengan ketua DPD RI Oesman Sapta Odang. Menyusul sebelumnya, adanya rilis bahwa Menkes dan DPD RI mendukung program tersebut.

“Saya tidak pernah buat rillis berita yang menyatakan adanya persetujuan dari Menkes berobat gratis di Banten hanya modal KTP.Tapi, Menkes mengapresiasi pogram berobat gratis gubernur,namun harus diselaraskan dengan JKN dan BPJS,” terang Amal Herawan Budi,Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo,Statistik dan Persandian Banten kepada wartawan pada Jumat, 27 April 2018.

Baca juga: Menkes dan DPD Dukung Kebijakan Pemprov Banten Berobat Gratis

Amal menambahkan,dalam pertemuan dengan Gubernur Banten di kantor DPD RI,Menteri Kesehatan hanya mengapresiasi kebijakan Gubernur untuk melindungi warganya melalui berobat gratis bagi warga miskin menggunakan KTP. Namun kebijakan itu harus diselaraskan dengan kebijkaan pemerintah pusat yaitu, Jaminan Kesehatann Nasional dan BPJS.

”Untuk menselaraskan kebijakan Gubernur itu perlu waktu, sehingga Menkes menyarankan kepada Pemprov Banten untuk dapat menggunakan pola jaring pengamanan sosial dalam merealisasikan program kesehatan gratisnya,” terangnya.

Amal menyesalkan, banyak media yang salahmengutip rillis yang dikirimkannya dengan membuat judul berita seolah olah Menkes menyetujui berobat  gratis hanya dengan modal KTP di Banten. ”Dalam rillis yang saya kirimkan itu jelas, tidak ada menyebutkan Menkes sudah menyetujui berobat gratis modal KTP,semua harus diselaraskan dengan JKN,” tegasnya. 

Sebelumnya melalui rilis yang diterima lnilahBanten dari Diskominfo Banten, bahwa Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, Nila F Moeloek mendukung kebijakan Gubernur Banten, Wahidin Halim, dalam upaya memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat miskin dan rentan miskin di seluruh Provinsi Banten dengan cukup menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP). 

“Kebijakan  ini bisa didesain menjadi program jaring pengaman sosial (social safety nett),” ujar Menteri Kesehatan. Hal ini diungkapkan Menteri Kesehatan saat menghadiri Rapat Kerja Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) di Gedung Nusantara III DPR RI Senayan Jakarta pada Kamis, 26 April 2018, yang juga dihadiri langsung oleh Gubernur Banten, Wahidin Halim, Direktur BPJS Pusat serta para pejabat di lingkungan Kemetrian Kesehatan dan Pemprov Banten dengan dipimpin langsung oleh anggota DPD/MPR RI dari Prov Banten H. Ahmad Subadri.

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Pemprov Banten Bantah Menkes Setuju Berobat Gratis Modal KTP

BERITA TERKAIT

HPN1

PEMERINTAHAN

138 dibaca
SAKIP Berpredikat A, Pemkab Serang Siap Jadi Rujukan Daerah Lain
206 dibaca
Wagub Banten Cecar Soal Call Center, Kepala BPBD Gelagapan

POLITIK

131 dibaca
DPP Serahkan ke DPD Gerindra Banten Tentukan Balon Kada
250 dibaca
PDIP Usulkan Tatu-Pandji di Pilkada Kabupaten Serang 2020

HUKUM & KRIMINAL

45 dibaca
Enam Bandit Spesialis Pencurian Baterai Cctv Diringkus
108 dibaca
Ancam Ratakan Mapolsek Curug, TNI Gadungan Diringkus

PERISTIWA

111 dibaca
Warga Temukan Mayat Mengambang di Sungai Ciujung
280 dibaca
Kapolres Serang: Penyebab Banjir Akibat Pendangkalan Sungai dan Sampah

EKONOMI & BISNIS

86 dibaca
Bupati Serang: Kawal UMKM Hingga Tuntas
274 dibaca
KADIN Serang Diharap Jadi Tulang Punggung Perekonomian Daerah
Top