Jumat, 18 Januari 2019

Pemprov Akan Bentuk Badan Pengelola Kawasan Banten Lama

[Foto SubagLiputan/dok]
Rabu, 09 Jan 2019 | 16:29 WIB - Banten Serang Pemerintahan

IBC, Serang - Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy didampingi Pj Sekda Banten Ino S Rawita memimpin rapat koordinasi lanjutan penataan Kawasan Situs Kesultanan Banten (KSKB) bersaama Walikota Serang Syafrudin di ruang transit Pendopo Gubernur, KP3B, Curug, Kota Serang, pada Rabu, 9 Januari 2019. Rakor  ini membahas beberapa point penting terkait progress revitalisasi kawasan Kesultanan Banten.

Wagub Banten Andika Hazrumy menjelaskan, pada tahun 2019 ini Pemprov Banten terus melakukan revitalisasi kawasan kesultanan banten di Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Selain penataan kawasan inti, Pemprov Banten, kata Andika akan melakukan tiga tahapan. 

Sebut Andika, Pertama akan menyelesaikan pembangunan kawasan penunjang wisata Kesultanan Banten Kedua membangun sinergitas antara provinsi dengan  Pemkot Serang, dan yang Ketiga, terkait dengan pembentukan Badan Pengelola Kawasan Kesultanan Banten.

"Kita akan bentuk badan pengelola kawasan Banten lama. Jangan sampai kita sudah bangun, kita sudah percantik tetapi tidak ada yg mengurus,untuk itu kita akan koordinasi antara Pemrov Banten dengan Pemkot Serang untuk membentuk badan pengelolaan kawasan banten lama,” kata Andika.

Lanjut Andika, bahwa gubernur mengingikan agar badan pengelolaan kawasan Banten lama ini selain dikelolah oleh Pemprov Banten dan Pemkot Serang juga melibatkan unsur lainnya seperti TNI, Polri dan Kenadziran.

Dalam rakor ini, kata Andika disepakati bahwa untuk pembentukan pengelolaan kawasan wisata Banten lama  di serahkan kepada Pemkot Serang , diantaranya yaitu pengelolaan kebersihan, pengelolaan lahan parkir dan arus lalu lintas, ketertiban dan keamanan. Sedangkan Pemprov Banten akan fokus kepada revitalisasi tahap kedua, agar pembangunan kawasan Banten lama ini bisa segera selesai.

"Kita bersama Pak Gubernur sudah statement bahwa Pemprov ingin membantu Pemerintah Kota Serang untuk dapat mengembangkan potensi pariwisata religi. Krena kami tidak mengharapkan kedepan Kota Serang ini menjadi kota statis. Diharapkan dengan adanya pariwisata religii ini dapat juga membantu pendapatan  Kota Serang,” jelasnya.

Andika juga mengharapakan dengan dibentuknya badan pengelola kawasan wisata ini bisa menjaga dan memelihara aset yang berada di kawasan wisata religi tersebut, setelah selesai nanti pemprov akan menghibahkan kawasan ini kepada Pemkot Serang.

Sementara Walikota Serang Syafrudin sangat mendukung program pembangunan revitalisasi Kesultanan Banten ini. Karena ini merupakan ikon Kota Serang yang juga sebagai ibu kota Provinsi Banten.

"Kaitannya dengan penataan pedagang kaki lima, sampah dan lalu litas kami Pemkot Serang siap untuk membantu dalam rangka penataan kawasan wisata banten lama ini,” kata Syafrudin.

Pihaknya juga akan memerintahkan Dinas Tata Kota, Dinas Lingkungan Hidup dan Satpol PP Kota Serang untuk menjaga dan melakukan perawatan di kawasan Kesultanan Banten.

"Kami siap untuk mendukung revitalisasi kawasan banten lama ini, juga untuk bersinergi dengan provinsi banten dalam rangka mewujudkan kawasan wisata banten lama menjadi wisata religi kebanggaan provinsi banten,khusunya kota serang,” kata Walikota seraya menyatakan siap untuk dibentuk Badan Pengelolan Kawasan Kesultanan Banten Lama.[SubLip]

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Pemprov Akan Bentuk Badan Pengelola Kawasan Banten Lama

PEMERINTAHAN

87 dibaca
Andika Sebut Kepercayaan Publik pada Pemprov Banten Meningkat
223 dibaca
Lantik 223 Pejabat, Bupati Serang Sebut Agar Kinerja Lebih Baik
181 dibaca
Pertama di Indonesia, Inspektorat Kabupaten Serang Integrasikan Dua ISO

POLITIK

3950 dibaca
Gubernur Banten Wahidin Halim Dilaporkan ke Bawaslu
845 dibaca
Dukung Prabowo-Sandi, Caleg PBB di Banten Bentuk Pass Lantang
153 dibaca
Debat Capres Bisa untuk Curi Perhatian Rakyat

HUKUM & KRIMINAL

219 dibaca
Mayat Wanita di Cipocok Jaya Ternyata Dibunuh
106 dibaca
Polisi Ringkus Pelaku Curanmor, Penadah dan Pengoplos
332 dibaca
Diduga Otak Pengeroyokan Santri, MH Terancam Dijemput Paksa

PERISTIWA

121 dibaca
Peran Media Penting dalam Sosialisasi Millennial Road Safety Festival
140 dibaca
Gubernur Berikan Bantuan Seragam Sekolah untuk Korban Tsunami

EKONOMI & BISNIS

104 dibaca
Sri Mulyani Jamin Usaha Kecil Digital Bebas Pajak
196 dibaca
Pulihkan Anyer, Pemprov Banten Tinjau Pelarangan Rapat di Hotel
Top