Kamis, 23 Januari 2020

Pemkab Serang Siaga Hadapi Musim Penghujan

Kepala BPBD Kabupaten Serang, Nana Sukmana Kusuma-[Foto Istimewa]
Senin, 02 Des 2019 | 21:38 WIB - Serang Peristiwa

lBC, Serang - Memasuki musim penghujan yang diprediksi pada akhir tahun dan awal tahun 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengimbau kepada masyarakat agar siap siaga di wilayah yang menjadi langganan banjir jika musim hujan.

Kepala BPBD Kabupaten Serang, Nana Sukmana Kusuma selain mengimbau pihaknya juga siap untuk memberikan bantuan kepada masyarakat jika terjadi bencana. Baik bencana banjir dan longsor. “BPBD siaga 24 jam dari setiap harinya untuk bencana apapun,” ujar Nana melalui siaran pers yang dikirim Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfosatik) Kabupaten Serang pada Senin, 2 Desember 2019.

Dia menyebutkan, bahwa BPBD Kabupaten Serang mempunyai empat bidang kerja meliputi Bidang Kesiapsiagaan, Bidang Kedaruratan, Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi dan Bidang Damkar. “Kami bekerja maksimal dari sebelum bencana dengan analisa mitigasi, sosialisasi edukasi sampai dengan rencana kontijensi,”terangnya.

Bidang Kedaruratan pun, Nana memastikan bekerja selama 24 jam melakukan sistem managemen bencana dan melakukan koordinasi bila terjadi bencana. Begitu pula Bidang rehabilitasi dan Rekontruksi, melakukan kajian dari paska bencana dan kaji cepat bencana. “Yang pasti semua titik rawan bencana kita perhatikan,”tegas Nana.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan pada BPBD Kabupaten Serang, Ade Ivan Munasyah mengatakan , memasuki musim penghujan untuk wilayah yang kerap terjadi bencana banjir di Kecamatan Pabuaran, Ciomas, dan Padarincang dan lainnya tetap menjadi perhatian BPBD Kabupaten Serang.

Sedangkan untuk penanganannya sebelum terjadi bencana, sebut Ivan, pertama dengan menyiapkan personel selama 24 jam dan koordinasi dengan aparat setempat atau unsur muspika seperti Koramil, Polsek, dan organisasi pernagkat daerah (OPD) dinas terkait. “Kemudian koordinasi dengan relawan siaga bencana yang sudah terbentuk di setiap kecamatan dan desa,”terangnya.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

LAINNYA

Pemkab Serang Launching Sensus Penduduk 2020
Rabu, 22 Jan 2020 | 19:35 WIB
Pemkab Serang Launching Sensus Penduduk 2020

KOMENTAR

Pemkab Serang Siaga Hadapi Musim Penghujan
x.ackd

PEMERINTAHAN

234 dibaca
Bupati Serang: APBD Rp 3 Triliun Adalah Amanah Rakyat
331 dibaca
Lantik 277 Pejabat, Bupati Serang Minta Pemerintah Kecamatan Siaga Bencana

POLITIK

310 dibaca
Buka Pendaftaran Calon PPK, KPU Pastikan Tak Ada TitipanĀ 
535 dibaca
KPU Kabupaten Serang Buka Pendaftaran Calon Anggota PPK

HUKUM & KRIMINAL

830 dibaca
Motor Hasil Curian Disimpan di Parkiran RS Sari Asih

PERISTIWA

254 dibaca
Banjir, Ratusan Rumah di Kecamatan Kasemen Terendam

EKONOMI & BISNIS

213 dibaca
Andika: Banten Siap Dukung Kebijakan Strategis OJK
Top