Minggu, 08 Desember 2019

Pemkab Serang Siaga Hadapi Musim Penghujan

Kepala BPBD Kabupaten Serang, Nana Sukmana Kusuma-[Foto Istimewa]
Senin, 02 Des 2019 | 21:38 WIB - Serang Peristiwa

lBC, Serang - Memasuki musim penghujan yang diprediksi pada akhir tahun dan awal tahun 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengimbau kepada masyarakat agar siap siaga di wilayah yang menjadi langganan banjir jika musim hujan.

Kepala BPBD Kabupaten Serang, Nana Sukmana Kusuma selain mengimbau pihaknya juga siap untuk memberikan bantuan kepada masyarakat jika terjadi bencana. Baik bencana banjir dan longsor. “BPBD siaga 24 jam dari setiap harinya untuk bencana apapun,” ujar Nana melalui siaran pers yang dikirim Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfosatik) Kabupaten Serang pada Senin, 2 Desember 2019.

Dia menyebutkan, bahwa BPBD Kabupaten Serang mempunyai empat bidang kerja meliputi Bidang Kesiapsiagaan, Bidang Kedaruratan, Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi dan Bidang Damkar. “Kami bekerja maksimal dari sebelum bencana dengan analisa mitigasi, sosialisasi edukasi sampai dengan rencana kontijensi,”terangnya.

Bidang Kedaruratan pun, Nana memastikan bekerja selama 24 jam melakukan sistem managemen bencana dan melakukan koordinasi bila terjadi bencana. Begitu pula Bidang rehabilitasi dan Rekontruksi, melakukan kajian dari paska bencana dan kaji cepat bencana. “Yang pasti semua titik rawan bencana kita perhatikan,”tegas Nana.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan pada BPBD Kabupaten Serang, Ade Ivan Munasyah mengatakan , memasuki musim penghujan untuk wilayah yang kerap terjadi bencana banjir di Kecamatan Pabuaran, Ciomas, dan Padarincang dan lainnya tetap menjadi perhatian BPBD Kabupaten Serang.

Sedangkan untuk penanganannya sebelum terjadi bencana, sebut Ivan, pertama dengan menyiapkan personel selama 24 jam dan koordinasi dengan aparat setempat atau unsur muspika seperti Koramil, Polsek, dan organisasi pernagkat daerah (OPD) dinas terkait. “Kemudian koordinasi dengan relawan siaga bencana yang sudah terbentuk di setiap kecamatan dan desa,”terangnya.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Pemkab Serang Siaga Hadapi Musim Penghujan

PEMERINTAHAN

350 dibaca
Soal Aset, Bupati Serang Tegaskan Gubernur Tidak Perlu Mediasi
123 dibaca
Peringati Hari Korpri, Bupati Serang Minta ASN Berinovasi

POLITIK

143 dibaca
Hadiri Launching Pilbup Serang 2020, Pandji Pastikan ASN Netral
169 dibaca
KPU Launching Pilbup dan Wabup Serang 2020

HUKUM & KRIMINAL

332 dibaca
Polisi Limpahkan Tersangka Penambangan Ilegal ke Kejari Serang
212 dibaca
Ibu dan Ayah Pembuang Bayi di Pagelaran Ditetapkan Jadi Tersangka

PERISTIWA

114 dibaca
Pemkab Serang Siaga Hadapi Musim Penghujan
177 dibaca
Warga Pagelaran Dihebohkan Penemuan Mayat Bayi

EKONOMI & BISNIS

143 dibaca
Wagub Banten Minta Walikota/Bupati Evaluasi Regulasi Hambat InvestasiĀ 
156 dibaca
Inflasi di Kabupaten Serang Terendah di Banten
Top