Senin, 01 Juni 2020

Pemkab Serang Komitmen Fasilitasi Pertumbuhan Industri

Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa-[Foto InilahBanten]
Rabu, 09 Okt 2019 | 19:03 WIB - Serang Ekonomi & Bisnis

lBC, Serang – Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa mengungkapkan, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang terus berupaya menjaga harmonisasi antara perusahaan dan tenaga kerja. Dengan cara, menciptakan ketenangan kerja dan meningkatkan motivasi dengan menimbulkan suasana yang kondusif untuk memperluas lapangan kerja dalam upaya pemerintah daerah mengurangi jumlah pengangguran.

“Kalau boleh berbangga, kami Pemkab Serang satu-satunya wilayah di Indonesia demikian kuat komitmennya dalam memfasilitasi pertumbuahan industri, pertumbuhan usaha di Serang Timur,”ujarnya.

Hal itu diungkapkan Pandji Tirtayasa dalam sambutannya sesaat sebelum membuka Musyawarah Kabupaten ke-II Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Serang yang bertemakan "Peran dan fungsi DPK Apindo Kabupaten Serang Dalam rangka mewujudkan ketahanan berusaha". Musyawarah bertempat di Aula PT. Modern Industrial Estate Cikande pada Rabu, 9 Oktober 2019.

Bahkan, sambung Pandji, Pemkab Serang juga sudah mencoba menyederhanakan perizinan-perizinan, juga mencoba memperpendek waktu perizinan. “Sedangkan untuk izin HO atau izin gangguan sudah kami hilangkan, karena izin tersebut ada dalam undang-undang pada zaman Belanda yang kini sudah tidak relevan. Hilangnya izin HO itu atas perjuangan DPP Apindo,”katanya.

Karenanya, sebut Pandji, DPP Apindo struktur kepengurusannya adalah para pengusaha atau para pemegang kebijakan di perusahaan masing-masing. Namun, karena terjadi perbedaan orientasi di daerah malah berperan untuk menjembatani tenaga kerja.

“Itu karena pengurus Apindo di Kabupaten Serang ada tidak ownernya perusahaan, ada juga HRD. Jadi Apindo lebih kentara himpunan HRD daripada memperesentasikan pengusaha yang menentukan tumbuh berkembangnya di satu wilayah,”papar Pandji.

Sementara Ketua Panitia Musyawarah Kabupaten ke-II Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Serang, Agus Siswanto mengatakan, musyawarah kali kedua ini dilaksanakan selama lima tahun sekali dihadiri sebanyak 43 peserta mewakili perusahaan anggota dan dewan pengurus. Peninjau sebanyak 15 orang merupakan wakil perusahaan atau calon anggota. “Mari sukseskan Muskab DPK Apindo Kabupaten Serang,”ujarnya.

Ketua DPK Apindo Kabupaten Serang, Agus Supriadi berpesan bagi ketua dan pengurus baru hasil musyawarah kabupaten ini agar selalu menjaga kondusifitas antara perusahaan maupun dengan para tenaga kerja. Mengingat, berkaitan dengan tuntutan kenaikan upah setiap tahun selaku menjadi tren.

“Ini yang menjadi beban para pengusaha meski pemerintah sudah mengatur regulasi tentang upah ini. Yang penting Apindo sudah berusaha selalu menjembatani antara anggota Apindo, tenaga kerja serta pemerintah,”ujarnya.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Pemkab Serang Komitmen Fasilitasi Pertumbuhan Industri

PEMERINTAHAN

185 dibaca
Pakai Protokol Kesehatan, Pemkab Serang Gelar Halabihalal Terbatas
593 dibaca
Pemkab Serang Bentuk Satgas Ketahanan Pangan Daerah

POLITIK

1114 dibaca
DPP Serahkan ke DPD Gerindra Banten Tentukan Balon Kada
1196 dibaca
PDIP Usulkan Tatu-Pandji di Pilkada Kabupaten Serang 2020

HUKUM & KRIMINAL

111 dibaca
Salah Sasaran, Warga Tanara Kena Bacok
67 dibaca
Kantongi Sabu, Seorang Pemuda di Cilegon Diciduk Polisi

PERISTIWA

85 dibaca
Diduga Stres, Mahasiswi Bina Bangsa Gantung Diri
542 dibaca
Warga Curug Ditemukan Tewas Mengambang di Sungai

EKONOMI & BISNIS

531 dibaca
Sekretaris Bapenda: Bank Banten Gagal Bayar Disebabkan Utang ASN dan DPRD
587 dibaca
Bupati Serang Sebut Bantuan Beras Harus Serap Petani Lokal
Top