Minggu, 20 Oktober 2019

Pemkab Serang Komitmen Fasilitasi Pertumbuhan Industri

Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa-[Foto InilahBanten]
Rabu, 09 Okt 2019 | 19:03 WIB - Serang Ekonomi & Bisnis

lBC, Serang – Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa mengungkapkan, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang terus berupaya menjaga harmonisasi antara perusahaan dan tenaga kerja. Dengan cara, menciptakan ketenangan kerja dan meningkatkan motivasi dengan menimbulkan suasana yang kondusif untuk memperluas lapangan kerja dalam upaya pemerintah daerah mengurangi jumlah pengangguran.

“Kalau boleh berbangga, kami Pemkab Serang satu-satunya wilayah di Indonesia demikian kuat komitmennya dalam memfasilitasi pertumbuahan industri, pertumbuhan usaha di Serang Timur,”ujarnya.

Hal itu diungkapkan Pandji Tirtayasa dalam sambutannya sesaat sebelum membuka Musyawarah Kabupaten ke-II Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Serang yang bertemakan "Peran dan fungsi DPK Apindo Kabupaten Serang Dalam rangka mewujudkan ketahanan berusaha". Musyawarah bertempat di Aula PT. Modern Industrial Estate Cikande pada Rabu, 9 Oktober 2019.

Bahkan, sambung Pandji, Pemkab Serang juga sudah mencoba menyederhanakan perizinan-perizinan, juga mencoba memperpendek waktu perizinan. “Sedangkan untuk izin HO atau izin gangguan sudah kami hilangkan, karena izin tersebut ada dalam undang-undang pada zaman Belanda yang kini sudah tidak relevan. Hilangnya izin HO itu atas perjuangan DPP Apindo,”katanya.

Karenanya, sebut Pandji, DPP Apindo struktur kepengurusannya adalah para pengusaha atau para pemegang kebijakan di perusahaan masing-masing. Namun, karena terjadi perbedaan orientasi di daerah malah berperan untuk menjembatani tenaga kerja.

“Itu karena pengurus Apindo di Kabupaten Serang ada tidak ownernya perusahaan, ada juga HRD. Jadi Apindo lebih kentara himpunan HRD daripada memperesentasikan pengusaha yang menentukan tumbuh berkembangnya di satu wilayah,”papar Pandji.

Sementara Ketua Panitia Musyawarah Kabupaten ke-II Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Serang, Agus Siswanto mengatakan, musyawarah kali kedua ini dilaksanakan selama lima tahun sekali dihadiri sebanyak 43 peserta mewakili perusahaan anggota dan dewan pengurus. Peninjau sebanyak 15 orang merupakan wakil perusahaan atau calon anggota. “Mari sukseskan Muskab DPK Apindo Kabupaten Serang,”ujarnya.

Ketua DPK Apindo Kabupaten Serang, Agus Supriadi berpesan bagi ketua dan pengurus baru hasil musyawarah kabupaten ini agar selalu menjaga kondusifitas antara perusahaan maupun dengan para tenaga kerja. Mengingat, berkaitan dengan tuntutan kenaikan upah setiap tahun selaku menjadi tren.

“Ini yang menjadi beban para pengusaha meski pemerintah sudah mengatur regulasi tentang upah ini. Yang penting Apindo sudah berusaha selalu menjembatani antara anggota Apindo, tenaga kerja serta pemerintah,”ujarnya.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Pemkab Serang Komitmen Fasilitasi Pertumbuhan Industri
sayembara2

PEMERINTAHAN

154 dibaca
Pemprov Banten Terima Apresiasi dan Penghargaan dari Kemendagri
167 dibaca
Sosialisasikan SLRT, Layanan Sosial Kini Dilakukan Terpadu

POLITIK

679 dibaca
Didiskualifikasi, Balon Kades Garut Malah Kesurupan
117 dibaca
Rapatkan Barisan, Seluruh Dewan Golkar di Banten Diminta Solid

HUKUM & KRIMINAL

212 dibaca
Unit Reskrim Polsek Curug Tembak Gembong Curanmor
127 dibaca
Belum Nikmati Hasil Curanmor, Dua Pelaku Diringkus

PERISTIWA

69 dibaca
Bupati Serang Minta UPZ Maksimalkan Penerimaan ZIS
230 dibaca
Temui Massa Aksi Demo, Bupati Serang Jawab Semua Tuntutan

EKONOMI & BISNIS

106 dibaca
Musim Kemarau, PDAM Tirta Albantani Alami Kerugian Capai Rp5 Miliar
48 dibaca
Andika Jajaki Ekspor Gula Aren dan Manggis via Platform Digital
Top