Rabu, 19 Februari 2020

Pemkab Lebak Didesak Fokus Tangani Infrastruktur

Unro Al Juhri, tokoh pemuda Lebak.(foto ist)
Selasa, 07 Mar 2017 | 19:38 WIB - Lebak

lBAN, Rangkasbitung— Pemkab Lebak dinilai lamban dalam melakukan pembangunan. Sebab, belum konsisten dalam membangun infrastruktur yang berjuluk Kota Multatuli tersebut.

Hal itu disampaikan Ketua Badan Penasehat Keluarga Mahasiswa Lebak (Kumala) Unro Al Juhri. Tokoh pendidikan asal Lebak yang aktif di Jakarta menyarankan Pemkab Lebak tidak perlu bertele tele dalam membangun Lebak, seperti melakukan study banding ke berbagai daerah jika tidak bisa diimplementasikan.

”Sebetulnya Pemkab Lebak tidak perlu bertele tele dalam membangun Lebak. Semua orang tahu di Lebak itu yang paling mendesak adalah pembangunan infrastruktur jalan. Jika jalan sudah bagus yang lainnya, seperti ekonomi akan menggeliat dengan sendirinya,” ucap Unro yang juga tokoh pemuda Lebak ini di Rangkasbitung pada Selasa, 7 Maret 2017.

Sebagai putra daerah, Unro mengaku miris melihat Lebak yang masih masuk dalam kategori daerah tertinggal di Indonesia. Padahal, letak geografis Lebak tidak jauh dari Ibukota negara. ”Jika dikelola dengan baik, saya optimistis Lebak itu sudah harus keluar dari predikat daerah tertinggal, karena Lebak itu punya potensi pariwisata, sumber daya alam, seperti tambang dan perkebunan yang sangat potensial jika dikelola dengan baik,” terangnya.

Terlebih, sebut dia, bahwa saat ini moda transportasi dari Jakarta ke Rangkasbitung sebagai Ibukota Lebak sudah dilalui oleh KRL. Lebak sebagai daerah penyangga Ibukota sudah saatnya melepas predikat daerah tertinggal.

Menurut Unro, selain fokus menangani infrastruktur Pemkab Lebak juga perlu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan dasar hingga SMA dan Perguruan Tinggi, termasuk membenahi management dan pelayanan RSUD Adjidarmo yang kerap dikeluhkan oleh pasien.

”Setiap kali saya bertemu dengan masyarakat, mereka kerap mengeluhkan pelayanan RSUD Adjdarmo, dari mulai pelayanan medis hingga areal parkir yang semrawut di rumah sakit milik pemerintah daerah tersebut,” ungkapnya.

Sementara Kabag Humas Pemab Lebak, Eka Prasetiawan yang dikonfirmasi mengaku, saat ini pemkab Lebak dibawah kepemimpinan Hj Iti Octavia Jayabaya dan H Ade Sumardi tengah fokus menangani infrstruktur jalan. Bahkan, hampir seluruh ruas jalan milik kabupaten kini menggunakan konstruksi rigid beton.

Justru menurut Eka, dibawah kendali Iti kondisi jalan kabupaten kini jauh lebih baik dari kondisi jalan nasional. Masyarakat menurut Eka, juga perlu paham, mana jalan yang menjadi kewenangan kabupaten dan mana jalan yang menjadi tanggung jawab provinsi dan pemerintah pusat.

Eka menambahkan, dengan anggaran yang sangat terbatas Pemkab Lebak terus berupaya menangani kerusakan sejumlah infrastrukutur jalan, termasuk membangun jalan poros desa dan membuka daerah terisolir dalam merealiasikan program Lebak Pintar, Lebak Sehat dan Lebak Sejahtera.

”Justru dengan anggaran yang sangat terbatas,bupati bertekad menyukseskan program Lebak Pintar,Sehat dan Sejahtera,” pungkasnya.[Chaniago]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Pemkab Lebak Didesak Fokus Tangani Infrastruktur

BERITA TERKAIT

HPN1

PEMERINTAHAN

138 dibaca
SAKIP Berpredikat A, Pemkab Serang Siap Jadi Rujukan Daerah Lain
206 dibaca
Wagub Banten Cecar Soal Call Center, Kepala BPBD Gelagapan

POLITIK

131 dibaca
DPP Serahkan ke DPD Gerindra Banten Tentukan Balon Kada
250 dibaca
PDIP Usulkan Tatu-Pandji di Pilkada Kabupaten Serang 2020

HUKUM & KRIMINAL

45 dibaca
Enam Bandit Spesialis Pencurian Baterai Cctv Diringkus
108 dibaca
Ancam Ratakan Mapolsek Curug, TNI Gadungan Diringkus

PERISTIWA

111 dibaca
Warga Temukan Mayat Mengambang di Sungai Ciujung
280 dibaca
Kapolres Serang: Penyebab Banjir Akibat Pendangkalan Sungai dan Sampah

EKONOMI & BISNIS

86 dibaca
Bupati Serang: Kawal UMKM Hingga Tuntas
274 dibaca
KADIN Serang Diharap Jadi Tulang Punggung Perekonomian Daerah
Top