Selasa, 13 November 2018

Pemilu 2019, Andika Ajak Masyarakat Cek Data Diri Sebagai Pemilih

[Foto Istimewa]
Rabu, 17 Okt 2018 | 16:16 WIB - Serang Politik

IBC, Serang - Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andhika Hazrumy menghadiri acara Partisipasi Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) dengan cara mengecek data diri secara serentak ke kantordesa/kelurahan, bertempat di Kantor Kelurahan Cipocok Jaya, Jalan Bhayangkara, Kota Serang pada Rabu, 17 Oktober 2018. 

Terlihat hadir mendampingi Wagub, Pj Walikota Serang Ade Ariyanto, Asda I Pemerintah Provinsi Banten Anwar Mas’ud, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten Rohimah, Ketua KPU Kota Serang Heri Wahidin, Panitia Pengawas  Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Cipocok Jaya beserta aparatur kecamatan dan kelurahan Cipocok Jaya, Kota Serang.

Andika menjelaskan, pentingnya masyarakat melakukan pengecekan data diri secara langsung di kelurahan adalah untuk memastikan bahwa dirinya apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum. Pengecakan dilakukan dengan cara mencocokan data yang tertera pada papan pengumuman dikantor kelurahan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Alhamdulillah, saya sendiri sudah terdaftar di Tempat Pemilihan Suara (TPS) 23 dan terdaftar secara tertulis di Kelurahan Cipocok Jaya,”ungkapnya.

Lebih lanjut, Andika memberikan apresiasi kepada KPU yang telah memberikan terobosan dalam memudahkan masyarakat untuk mengecek data diri sebagai pemilih melalui aplikasi KPU RI Pemilu 2019 yang dapat diunduh melalui play store.

Andika berharap secara khusus kepada seluruh jajaran terkait di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten untuk dapat mengupayakan agar seluruh stakeholder dan masyarkat untuk dapat melindungi hak pilihnya, serta mendorong kepada masyarakat agar peduli dalam mengecek data diri di masing-masing wilayahnya. Andika tidak menginginkan adanya permasalahan di kemudian hari lantaran tidak mengecek terlebih dahulu.

Andika berharap, pelaksanaan Pemilu 2019  nanti dapat berjalan dengan lancar, aman dan damai. Dalam hal ini, sebutnya, tugas KPU dan Bawaslu cukup berat, karena pemilu yang ada saat ini akan lebih rumit dari pemilu sebelumnya.

Maka diharapkan masyarakat dapat bekerjasama untuk menciptakan dan menjaga kondusifitas  pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Presiden 2019 nanti. Pemprov Banten, lanjutnya, secara internal telah membuat surat edaran khusus kepada jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN)  untuk dapat mengecek data diri terkait hak pilihnya. Selanjutnya, Wagub  meminta ASN menyampaikan ajakan ini kepada seluruhmasyarakat di delapankabupaten/kota se-Provinsi Banten.

"Karena kita memiliki tanggung jawab bersama untuk mengawal proses demokrasi agar berjalan dengan sukses, baik, aman dan damai. Karena Provinsi Banten menjadi salah satu barometer di Pulau Jawa dan tingkat nasionaldalam hal kesuksesan Pemilu-nya,"sambung Andika.

Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi Banten Rohimah menyampaikan bahwa hari ini merupakan kegiatan GMPH yang dilaksanakan secara serentak diseluruh wilayah Indonesia. Gerakan ini telah dilaksanakanmulai 1 Oktober hingga 28 Oktober 2018 mendatang oleh KPU Republik Indonesia (RI).

"Bagaimana bisa mengecek nama pemilih, apakah nama kita sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih, itu bisa kita lihat dengan tiga cara. Pertama, datang ke kantor Desa/Kelurahan. Kedua, mengecekdaftar pemilih di website www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id. Ketiga, download aplikasi KPU RI PEMILU 2019 di Play Store. Kita bisa cek dengan memasukkan nomor induk kependudukan (NIK),nama depan lalu muncul datanya. Seandainya nama kita belum muncul, maka segera laporkan ke RT/RW, atau Ke petugas KPU,"terangnya.

Hari ini, lanjut Rohimah, secara serentak KPU mengundang paratokoh masyarakat dan para pejabat untuk bersama-sama mengecek apakah sudah terdaftar atau belum di masing-masing wilayah.[Kominfo] 

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Pemilu 2019, Andika Ajak Masyarakat Cek Data Diri Sebagai Pemilih

PEMERINTAHAN

235 dibaca
Puluhan Pejabat Fungsional Pemprov Banten Dilantik
1028 dibaca
Perintah Perpres 16/2018, LPSE Dibentuk dalam Satu Badan/Dinas
217 dibaca
Lokakarya, Pemprov Bahas Pengurangan Kawasan Kumuh di Banten

POLITIK

263 dibaca
Caleg Golkar Dilarang Saling Menjelekkan dan Menjegal
210 dibaca
Dikukuhkan, Karya Nyata ICMI Ditunggu Masyarakat Banten
289 dibaca
Memilih Pemimpin di Pilpres 2019 Menurut UAS

HUKUM & KRIMINAL

146 dibaca
Di Pandeglang, Seorang Anak Bacok Ibu Tirinya Hingga Meninggal
632 dibaca
Sebar Ujaran Kebencian di Facebook, Warga Petir Ditangkap
340 dibaca
6 Oknum Anggota Ormas Pengeroyok Polisi Terancam 7 Tahun Penjara

PERISTIWA

105 dibaca
Melalui ARDEX-18, Provinsi Banten Siap Atasi Dampak Bencana
1182 dibaca
Mayat Laki-laki Membusuk di Rumah Kontrakan Gegerkan Warga Cikande
1781 dibaca
Di Waringinkurung, Polisi dan TNI Ini Kompak Gotong Keranda Mayat

EKONOMI & BISNIS

80 dibaca
Andika Ingin Ekraf Jadi Tulang Punggung Baru Perekonomian di Banten
102 dibaca
Selama Oktober 2018, Nilai Tukar Petani di Banten Alami Kenaikan
Top