Sabtu, 29 Januari 2022

Pemerintah Buka 1,3 Juta Formasi Calon ASN

Ilustrasi/Net
Sabtu, 20 Mar 2021 | 21:59 WIB - Nasional Pemerintahan

lBC, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mengumumkan pemerintah bakal membuka 1,3 juta formasi untuk calon aparatur sipil negara (CASN) pada 2021 setelah absen pada tahun lalu.

Pembukaan formasi baru itu merupakan bagian dari program prioritas pemerintah membangun sumber daya manusia, kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo, Jumat, 19 Maret 2021.

Walaupun demikian, Kemenpan-RB belum dapat memberi keterangan lebih detail, termasuk periode seleksi, karena jadwal rinci rekrutmen ASN masih disusun oleh Tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Dari total 1,3 juta formasi yang dibuka, sebagian besar untuk guru, yaitu sekitar lebih dari satu juta lowongan, kemudian 189.000 formasi untuk kebutuhan pemerintah daerah, dan 83.000 sisanya untuk kebutuhan pemerintah pusat. Formasi CASN untuk pemerintah daerah dan pusat akan dibuka untuk pegawai negeri sipil dan pegawai dengan perjanjian kerja (PPPK).

Dalam kesempatan itu, Tjahjo menerangkan lowongan guru akan dibuka dengan skema PPPK. Eks guru tenaga honorer kategori-2 dan lulusan pendidikan profesi guru (PPG) yang tidak mengajar diperbolehkan ikut rekrutmen, kata Tjahjo.

"Bahkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan fasilitas bagi tenaga-tenaga honorer meningkatkan kemampuan dalam menghadapi tes seleksi, dan memberikan kesempatan tes sebanyak tiga kali," kata Tjahjo menerangkan.

Ia menambahkan Kemenpan-RB mendukung upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merekrut banyak guru lewat skema PPPK demi menyelesaikan masalah kekurangan guru di daerah, yang selama ini diisi oleh tenaga honorer.

Untuk proses seleksi, pemerintah masih merumuskan prosedur dan memperkuat kebijakan serta memetakan berbagai risiko, dan menguji coba sistem seleksi berbasis Internet (online) bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Sementara itu, rencana membuka seleksi CASN tahun ini juga telah disusun oleh Kemenpan-RB bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) sejak Februari 2020. [lnilahcom]

Redaktur: Guntur Muzijat
Bagikan:

KOMENTAR

Pemerintah Buka 1,3 Juta Formasi Calon ASN

INILAH SERANG

50 dibaca
Jelang Pemilu 2024, KPU Kunjungi Diskominfosatik Kabupaten Serang Bentuk Bako Hu...
85 dibaca
Melawan, Dua Bandit Spesialis Bobol Brankas Ditembak
117 dibaca
Pemprov Banten Pastikan Pasokan Minyak Goreng Aman

HUKUM & KRIMINAL

85 dibaca
Melawan, Dua Bandit Spesialis Bobol Brankas Ditembak
156 dibaca
Mantan Istri Dijodoh-Jodohkan, Mantan Suami Keroyok Mak Comblang
279 dibaca
Resmob Polres Serang Tembak Gembong Pencurian Mobil

POLITIK

625 dibaca
Pilkada Kabupaten Serang 2024, KPU Ajukan Anggaran Rp107 Miliar
1331 dibaca
Pendukung Anies Dideklarasikan di Banten
1328 dibaca
Diskominfosatik Kabupaten Serang Ajak IPPNU Sinergi Adakan Literasi Digital

PENDIDIKAN

46 dibaca
Di Muswil IV, Andika Minta MA Banten Konsisten Berkiprah di Pendidikan
117 dibaca
KemenPUPR Serahkan Lahan dan Bangunan SDN Seba Terdampak Jalan Tol Serpan
Top