Sabtu, 26 September 2020

Peduli, Ketua KT Kabupaten Serang Tinjau Paska Bangun Saung ODGJ

Ketua Karang Taruna (KT) Kabupaten Serang, Bahrul Ulum saat meninjau ODGJ di Desa Sindang Mandi, Kecamatan Baros.[Foto Istimewa]
Jumat, 28 Agt 2020 | 16:43 WIB - Serang Kesehatan

lBC, Serang - Tindakan kepedulian Ketua Karang Taruna (KT) Kabupaten Serang, Bahrul Ulum terhadap masyarakat patut dijadikan contoh. Terlebih, kepada warganya yang menderita orang dalam gangguan jiwa (ODGJ).

Awalnya, sebelum membangun saung untuk ODGJ dan meninjau Bahrul Ulum yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Serang ini mendapatkan informasi dari Bendahara KT Kabupaten Serang, Ene Sa’diyah. Kemudian melaporkan ke Pusat Kesehatan masyarakat (Puskesmas) Baros, dan petugas puskesmas langsung meninjau ODGJ tepatnya di Desa Sindang Mandi, Kecamatan Baros.

“Pada tanggal 13 Juli saya mendapatkan informasi dari ketua rukun tetangga (RT) di Desa Sindang Mandi ada warga ODGJ yang di pasung, dan langsung di koordinasikan dengan petugas Puskesmas Baros,”ujar Sa’diyah saat berbincang dengan lnilahBanten di Kota Serang pada Jum’at, 28 Agustus 2020.

zcvbzvKemudian pada tanggal 14 Juli, dirinya bersama dokter jiwa dan relawan jiwa Puskesmas Baros langsung meninjau lokasi untuk survei keberadaan ODGJ tersebut. Melihat kondisi saung yang ditempati ODGJ, Sa’diyah merasa terenyuh.

“Melihat saungnya tidak tahan langsung koordinasi dengan Ketua Karang Taruna Kabupaten Serang Pak Bahrul Ulum, dan menyarankan agar dibangun,”ungkapnya.

Setelah selesai dibangun, kemarin dirinya bersama Ketua KT yang juga Ketua DPRD Kabupaten Serang meninjau lokasi ODGJ tersebut. Sa’diyah mengatakan, berdasarkan informasi yang diperoleh ODGJ tersebut beberapa pekan terakhir mengalami depresi, dan baru pindah dari Kecamatan Ciomas ke Kecamatan Baros.

hhmfh“Dalam upaya pembebasan pasung di Kabupaten Serang maka dengan cepat tanggap kami berkoordinasi dengan pihak Puskesmas setempat, agar dapat segera memberikan pelayanan kesehatan bagi ODGJ tersebut tak lagi dipasung serta sembuh seperti sediakala lagi,”harap Diyah.

Diyah panggilan akrabnya, kemarin pihaknya mendapatkan informasi Kembali jika ODGJ tersebut meski ditempatkan di saung namun tidak lagi di pasung oleh kedua orangtuanya.

“Semoga orang tua dan keluarganya diberikan kesabaran dalam mengurusnya dengan keterbatasan ekonomi mereka. Aamiin.”tutup Diyah.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Peduli, Ketua KT Kabupaten Serang Tinjau Paska Bangun Saung ODGJ

PEMERINTAHAN

135 dibaca
Wagub Andika Lantik Pjs Bupati Serang dan Pandeglang
423 dibaca
Pemkab Serang jadi Pilot Project Arsitektur SPBE Nasional

POLITIK

269 dibaca
Dapat Nomor Urut 1, Tatu-Pandji Siap Tuntaskan Pembangunan
184 dibaca
Terapkan Prokes Covid, KPU Tetapkan Nomor Urut Paslon Bupati dan Wabup Serang
342 dibaca
KPU Tetapkan Dua Paslon Bupati dan Wakil Bupati Serang

HUKUM & KRIMINAL

64 dibaca
Dua Gadis ABG Digilir Tujuh Pemuda
292 dibaca
Polres Serang Berhasil Ungkap Jaringan Narkoba Lintas Provinsi

PERISTIWA

277 dibaca
Curi Kotak Amal, TSP jadi Bulan-bulanan Warga
438 dibaca
Razia Prokes, Gugus Tugas Kabupaten Serang Sanksi Puluhan Pelanggar

EKONOMI & BISNIS

93 dibaca
Dukung Ketahanan Pangan, Polda Banten PT. IP Budidaya Ikan
Top