Sabtu, 13 Juli 2024

Panen, Rutan Rangkasbitung Pasok Cabe Ke Pasar Rangkasbitung

Karutan Rangkasbitung saat di wawancara wartawan di LP. (Foto-ist)
Jumat, 29 Sept 2017 | 17:27 WIB - Lebak Hukum & Kriminal Ekonomi & Bisnis

IBC, Lebak - Rumah Tahanan (Rutan) Rangkasbitung terus melakukan pembinaan terhadap warga binaan setempat. Diantara pembinaan yang dilakukan adalah bidang Pertanian yang mendapat sokongan bantuan dari Bank Indonesia (BI). Sehingga sudah tiga periode tanam Rutan Rangkasbitung dapat memasok kebutuhan cabe keriting ke pasar setempat.

Kepala Rutan Rangkasbitung, Sigit Budianto mengatakan, pembinaan dalam bidang pertanian terhadap warga binaan pilihan ini sudah berjalan sejak lama diantara tanaman yang ditanam adalah cabe, kacang bahkan ternak Lele dumbo.

"Alhamdulillah pembinaan yang kita berikan dibidang Pertanian ini mendapat sokongan bantuan dari BI dan dinas Perikanan Lebak," kata Sigit, kepada wartawan,  Jumat 29-September-2017.

Lanjutnya, adapun lahan pertanian yang digarap oleh warga binaan diatas lahan milik Rutan Rangkasbitung dengan luas 2,5 hektar yang sudah digarap sekitar 3000 meter persegi.

"Sekitar 1500 pohon cabe kriting yang ditanam setiap periodenya, dan hingga saat ini sudah tiga periode tanam," ujarnya.

Menurutnya, setiap panen hasilnya dijual ke pasar setempat yakni pasar Rangkasbitung dan dari 1500 pohon cabe yang ditanam bisa menghasilkan lima sampai enam kwintal.

"Hasil dari penjualannya kita putar kembali dan digunakan untuk pembinaan lanjutan," ungkap Sigit.

Yulis Julianto, bagian pembinaan pertanian Rutan Rangkasbitung menyatakan, warga binaan yang dilibatkan dalam pertanian ini sekitar lima orang yang sudah dipilih. Setiap pagi mereka diantar ke lahan pertanian yang berada di jalan Sukarno Hatta, Sumur Buang, Kecamatan Cibadak dan sore harinya mereka kembali lagi ke Rutan.

"Pembinaan yang kita berikan ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi mereka nanti kembali ke lingkungan masing-masing," ucapnya

Reporter: Fahdi Khalid
Redaktur: Akew
Bagikan:

KOMENTAR

Panen, Rutan Rangkasbitung Pasok Cabe Ke Pasar Rangkasbitung
jbkj

INILAH SERANG

525 dibaca
Kapolsek Carenang Anjangsana ke Purnawirawan Polri
910 dibaca
Pemprov Banten Pastikan Pasokan Minyak Goreng Aman

HUKUM & KRIMINAL

1270 dibaca
Saat Jaman Bicara Soal Kekerasan Terhadap Anak
799 dibaca
Mabes Polri Ambil Alih Penanganan Kasus, Tewasnya 6 Pengawal Habib Rizieq

POLITIK

56 dibaca
Sambut HUT ke-22, KPPG Siapkan Launching Buku dan Siapkan Kader Maju Pilkada 202...
1886 dibaca
Bismillah, FPI Dukung dan Memilih WH-Andika di Pilgub Banten 2017

PENDIDIKAN

693 dibaca
Pelepasan KKM Untirta, Bupati Serang Sebut Fokus Tangani Tiga Bidang
Top