Senin, 01 Juni 2020

Pandji Harap P2WKSS Tekan Jumlah Keluarga Miskin

Wabup Serang, Pandji Tirtayasa-[Foto: InilahBanten.co.id]
Jumat, 11 Okt 2019 | 23:46 WIB - Serang Gaya Hidup

lBC, Serang - Wakil Bupati (Wabup) Serang, Pandji Tirtayasa membuka Penilaian Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Banten. Penilaian P2WKSS di Kabupaten Serang tahun 2019 bertempat di Kampung Meliyas, Desa Kamurang, Kecamatan Cikande Jum’at, 11 Oktober 2019.

Pandji menuturkan, bahwa P2WKSS merupakan program peningkatan peranan perempuan yang menggunakan pola pendekatan lintas bidang dan lintas sektor pembangunan secara terkoordinasi, dengan upaya yang diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga guna mencapai tingkat hidup yang berkualitas.

“Melalui program diharapkan terjadinya penurunan jumlah keluarga miskin atau keluarga pra sejahtera dan sejahtera. Dengan prioritas rawan sosial ekonomi, kesehatan, pendidikan serta prilaku masyarakat yang kurang baik dan tidak sehat,”ungkapnya.

Sambungnya, pola lintas program dan lintas sektor dalam pembangunan secara terkoordinasi dengan upaya yang diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, guna mencapai tingkat hidup yang berkualitas.

“Pelaksanaan P2WKSS di Kabupaten Serang tahun 2019 dengan lokasi di Desa Kamurang dan Desa Bakung Kecamatan Cikande melalui keputusan Bupati Serang tentang penetapan lokasi desa binaan untuk pelaksanaan P2WKSS tahun 2017-2019,”terangnya.

Pandji juga menerangkan, kegiatan P2WKSS di Kabupaten Serang dilakukan dengan tahapan, Survey lokasi dan validasi data sasaran, Rapat koordinasi dan sosialisasi Tim Pokja P2WKSS, Pembinaan lokasi (1 bulan 4 kali sesuai kebutuhan), Pelaksanaan program kegiatan dari dinas/instansi/lembaga terkait seperti TP. PKK dan GOW (Tim pokja P2WKSS).

Kemudian Bimbingan teknis pada sasaran program, rapat evaluasi awal, pembinaan kelokasi sasaran, penyusunan indikator penilaian, penilaian/evaluasi tingkat kabupaten terhadap 2 desa (1 desa terpilih mewakili Kabupaten Serang untuk dinilai dan dievaluasi oleh tingkat Provinsi Banten, pembinaan lokasi sasaran, evaluasi akhir. “Dilanjut penilaian atau evaluasi akhir dari tingkat Provinsi Banten yang pada hari ini dilaksanakan,”jelas Pandji.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Pelrindungan Anak (DKBPPPA) Kabupaten Serang, Tarkul Wasyit, Camat Cikande, Muhammad Agus, Kepala Desa (Kades), Kamurang, Mukemi, Unsur Muspika Kecamatan Cikande, Tim Prenilai dari Tim Penilai P2WKSS tingkat Provinsi Banten, dan ratusan warga.

Sementara Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Banten, Nining mengatakan, pada program P2WKSS adanya inovasi teknologi sederhana yang diharapkan akan menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan dilokasi pembinaan P2WKSS dan bina wilayah ini. Karena setelah program pembinaan P2WKSS akan menjadi lokasi binaan untuk tim penggerak PKK.

Sambung Nining, instrumen penilaian pelaksanan kegiatan penyuluhan pemanfaatan teknologi untuk pemberdayaankeluarga dilokasi P2WKSS tahun 2019 meliputi Program dasar 40 persen, Program lanjutan 20 persen, Program dukungan 20 persen, dan Inovasi 20 persen.

“Namun yang terpenting dalam kegiatan ini bukan hanya sebuah lomba, melainkan upaya pemerinatah kabupaten kota untuk membangun desa dan kelurahan dengan melalui peningkatan peranan perempaun. Menang atau kalah bukan tujuan utama, tetapi proses guna mewujudkan keluarga pra sejahtera dan sejahtera,”ujarnya.

Kepala DKBPPPA Kabupaten Serang, Tarkul Wasyit mengatakan, alasan dipilihnya Desa Kamurang seperti diketahui ini pertama tingkat rentan kemiskinan ekonomi awalnya tinggi, rawan ekonominya tinggi.

“Nah, dengan adanya P2WKSS di desa ini untuk menurunkan tingkat kemiskinan, contoh sebanyak 11 kepala keluarga dilatih menjahit dan mereka bisa membuka usaha, dan itu bisa menurunkan angka kemiskian dan meningkatkan taraf perekonomian di masyarakat. Sedangkan untuk jumlah kepala keluarga yang dibina ada 100 di satu rukun warga (RW) dan dikerucutkan di tingkat rukun tetangga (RT),”ujarnya.

Sedangkan dibidang lain sebelumnya jalan rusak, saat ini sudah dilakukan pengecoran menjadi bagus. “Jadi ini atas peran semua lintas bidang dan lintas sektor pembangunan,”tuturnya.

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Pandji Harap P2WKSS Tekan Jumlah Keluarga Miskin

PEMERINTAHAN

185 dibaca
Pakai Protokol Kesehatan, Pemkab Serang Gelar Halabihalal Terbatas
593 dibaca
Pemkab Serang Bentuk Satgas Ketahanan Pangan Daerah

POLITIK

1112 dibaca
DPP Serahkan ke DPD Gerindra Banten Tentukan Balon Kada
1196 dibaca
PDIP Usulkan Tatu-Pandji di Pilkada Kabupaten Serang 2020

HUKUM & KRIMINAL

111 dibaca
Salah Sasaran, Warga Tanara Kena Bacok
67 dibaca
Kantongi Sabu, Seorang Pemuda di Cilegon Diciduk Polisi

PERISTIWA

85 dibaca
Diduga Stres, Mahasiswi Bina Bangsa Gantung Diri
542 dibaca
Warga Curug Ditemukan Tewas Mengambang di Sungai

EKONOMI & BISNIS

531 dibaca
Sekretaris Bapenda: Bank Banten Gagal Bayar Disebabkan Utang ASN dan DPRD
582 dibaca
Bupati Serang Sebut Bantuan Beras Harus Serap Petani Lokal
Top