Sabtu, 25 Mei 2024

Pandemi Covid-19, Pemkab Serang Gelar Sederhana Lebaran Yatim

Selasa, 22 Sept 2020 | 20:52 WIB - Serang Mozaik Islami

lBC, Serang - Setiap tahun, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menggelar Lebaran Anak Yatim dengan menghadirkan sekira 1.000 anak yatim ke Pendopo Pemkab Serang. Namun di tengah pandemi Covid-19, Lebaran Anak Yatim tetap digelar tetapi dibuat sederhana. 

“Di tengah pandemi, kita tetap ingin berbagi kebahagiaan dengan anak yatim. Setiap tahun kita gelar kegiatan ini. Namun untuk tahun ini, kita gelar sederhana dan hanya mengundang perwakilan anak yatim dari setiap kecamatan,” kata Tatu di Pendopo Pemkab Serang pada Selasa, 22 September 2020. 

Pada Lebaran Anak Yatim kali ini, hanya sekira 50 anak yatim yang diundang ke Pendopo. Mereka diberi santunan serta bingkisan. Mereka pun dimanjakan menikmati belasan jajanan gratis yang sudah disiapkan di samping pendopo. 

Selanjutnya, untuk anak yatim yang lainnya, tetap diberikan santunan dan bingkisan melalui 29 pemerintah kecamatan bersama Baznas Kabupaten Serang. “Selain santunan yang kami berikan, turut serta memberikan tas bagi anak-anak dari Bank bjb dan Baznas Kabupaten Serang juga memberikan bingkisan,” ujarnya.  

Tatu menegaskan, para anak yatim di Kabupaten Serang harus terjamin mulai dari pendidikan hingga kebutuhan ekonominya. Oleh karena itu, pemerintah kecamatan harus melakukan koordinasi yang baik dengan Dinas Sosial dan Dindikbud Kabupaten Serang. 

“Pemkab Serang punya program beasiswa SD, SMP, hingga perguruan tinggi. Anak yatim harus bisa terjamin melalui program tersebut. Jika ada yang belum tersentuh program, bantu kami dan koordinasikan ke kecamatan dan dinas terkait,” ujarnya. 

Kabag Kesra Pemkab Serang Febrianto menambahkan, Bupati Serang sudah mengintruksikan kepada seluruh kepada OPD agar turut peduli terhadap anak yatim, dan bisa menjadi orangtua asuh. “Setelah simbolis di Pendopo, selanjutnya kami akan menggelar santunan Anak Yatim secara sederhana di kecamatan-kecamatan. Bersama Baznas Kabupaten Serang,” ujarnya. 

Sekadar diketahui, Lebaran Anak Yatim digelar Pemkab Serang sejak tahun 2018 yang digagas langsung Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. Atas kepeduliannya, Ratu Tatu telah dinobatkan sebagai Bunda Anak Yatim oleh Yayasan Laz Yatim Mandiri. 

Sebelum pandemi Covid-19, sekira 1.000 lebih anak yatim diundang ke Pemkab Serang, diberi santunan, menikmati jajanan dan aneka permainan secara gratis. “Semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir, agar Lebaran Anak Yatim bisa kita gelar meriah setiap tahun,” ujar Febri.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Pandemi Covid-19, Pemkab Serang Gelar Sederhana Lebaran Yatim

INILAH SERANG

2306 dibaca
Naik Tipe, Polda Banten Diminta Tingkatkan Kamtibmas
1373 dibaca
Puji Program Infrastruktur, Tatu Direkomendasikan ke DPP Berkarya

HUKUM & KRIMINAL

1393 dibaca
Dua Bulan Buron, Dua Perampok Spesialis Ruko Dilumpuhkan dengan Timah Panas
1836 dibaca
Rempah Jenis Ketumbar Dicampur Cairan Kimia Berbahaya

POLITIK

1806 dibaca
Maju di Pilkada Serang 2020, Masrori Tidak Merasa Lawan Petahana
1739 dibaca
Beberapa TPS di Lebak Rawan Kecurangan, Ini Versi Panwas

PENDIDIKAN

1635 dibaca
Komunitas Magma Tangsel dan Pemkot Ajak Masyarakat Gemar Baca
845 dibaca
Bersiap Melaksanakan Kembali Kegiatan Belajar di Sekolah
Top