Jumat, 12 Agustus 2022

Pandangan Refly Harun Terkait Kisruh Demokrat

Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun. (antara)
Kamis, 11 Mar 2021 | 21:02 WIB - Nasional

lBC, Jakarta - Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun memberikan pandangannya terkait kisruh Partai Demokrat yang kemudian memunculkan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko sebagai ketua umum versi kongres luar biasa (KLB) partai berlambang mercy tersebut.

Menurut dia, Presiden Jokowi harus memberikan penegasan dan penjelasan bahwa Istana sama sekali tidak terlibat terkait kisruh yang terjadi di Partai Demokrat.

"Caranya adalah dengan memerintahkan Moeldoko untuk melepaskan dirinya sebagai Ketua Umum Partai Demokrat dan tetap di Kepala Staf Presiden sebagai pembantu Presiden," kata dia dalam diskusi via zoom, Kamis.

Namun, jika Moeldoko tetap bersikeras ingin menduduki kursi Ketua Umum Partai Demokrat, maka Presiden harus memberhentikan atau mengganti posisinya sebagai KSP.

Dari kaca mata hukum, Refly berpandangan posisi KSP memang boleh saja rangkap jabatan seperti halnya yang terjadi pada sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju. Namun, dalam konteks saat ini masalahnya bukan perkara rangkap jabatan melainkan lebih kepada kepastian keterlibatan istana atau tidak.

Oleh sebab itu, pihak istana perlu memberikan penjelasan dan pembuktian jika memang sama sekali tidak terlibat terkait kisruh di tubuh Demokrat.

"Jadi pertanyaannya apakah istana mengetahui dari awal gonjang-ganjing ini dan melakukan pembiaran? Kalau iya itu tidak baik," ujarnya.

Beberapa waktu lalu Moeldoko mengatakan jangan melibatkan Presiden Jokowi atas perkara tersebut, namun faktanya jabatan sebagai KSP melekat pada dirinya. Oleh sebab itu, etika politik dan etika pejabat publik harus tetap dijaga, kata Refly. [antara]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Pandangan Refly Harun Terkait Kisruh Demokrat
pemda

INILAH SERANG

71 dibaca
Perakit Mobil Odong-odong Ditetapkan sebagai Tersangka
94 dibaca
Pemkab Serang Bentuk Tim Pertahankan 26 Ribu Hektare LSD
103 dibaca
BPS Jadikan Desa Kemanisan sebagai Desa Cantik 2022

HUKUM & KRIMINAL

71 dibaca
Perakit Mobil Odong-odong Ditetapkan sebagai Tersangka
150 dibaca
Pengamen Jalanan Nekat Jualan Sabu
153 dibaca
Personil Polres Serang Gerebeg Rumah Pengedar, 20 Paket Sabu Diamankan

POLITIK

139 dibaca
Wabup Serang Harap Anggota DPRD Hasil PAW Berikan Masukan Positif
189 dibaca
Pemprov Banten Siap Fasilitasi Pemilu 2024
484 dibaca
Andika Ingatkan Pembangunan Baitul Qur’an oleh Pemprov Banten Tahun Ini
Top