Minggu, 26 Mei 2024

Orang Beriman tidak Boleh Membenci Istrinya

(foto ilustrasi)
Kamis, 01 Mar 2018 | 14:41 WIB - Mozaik Islami

PADA umumnya, rumah-rumah telah kehilangan kebahagiaan berumah tangga yang hakiki. Nasihat ini secara khusus saya peruntukkan untuk para suami.

Rasullah saw berkata, "Seorang yang beriman tidak boleh membenci istrinya. Jika ada perilaku istrinya yang tidak disukai, dia bisa menyukai perilakunya yang lain."

Hadis ini benar-benar mengandung makna yang dalam, karena tidak semua yang terdapat pada istri itu jelek. Ada yang baik dan ada pula yang jelek. Jangan sampai Anda memarahi istri Anda, hanya lantaran sebagian perilakunya tidak Anda sukai.

Pada kenyataannya, inilah yang sedang terjadi pada masyarakat kita dewasa ini. Sebagian suami berujar, "Saya mau meninggalkan istri saya dan menikah lagi dengan wanita lain." Atau, "Saya tidak mampu lagi hidup bersama istri saya." Pada saat Anda bertanya pada suami yang seperti itu, "Apa yang telah dilakukan oleh istrimu?" Dia menjawab, "Tidak ada. Tapi aku sudah tidak menginginkannya. Aku ingin menikah lagi! Beberapa perilakunya tidak aku sukai." Sebagian pemuda yang belum menikah tidak mengerti masalah ini, namun masalah ini sudah ada secara praktis pada mereka.

Saya akan menyatakan pada suami yang seperti itu, "Mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak" (Q.S. al-Nisa [4]: 19).

Berikut pesan untuk para suami: Bersabarlah dengan istri Anda! Lihatlah sisi baik yang mempesonakan Anda dan terus tingkatkan itu! Bantu dia untuk memperbaiki apa yang tidak baik pada dirinya! Ketahuilah, kita ini manusia biasa dan bukan malaikat. Perlu juga diketahui, di antara bentuk kebaikan seseorang adalah ia mau diingatkan akan kekurangan-kekurangan pada dirinya." [amru muhammad Khalid/lnilah]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Orang Beriman tidak Boleh Membenci Istrinya

BERITA TERKAIT

INILAH SERANG

1623 dibaca
Polres Lebak Tangkap Pengedar Sabu di Sukabumi
1331 dibaca
Nelayan Kerang Hijau Karangantu Panen Raya

HUKUM & KRIMINAL

664 dibaca
Tim Gabungan Polres Serang Tutup Paksa Tempat Hiburan Malam
1300 dibaca
Nyamar jadi Pembeli, Polres Serang Cokok Pengedar Sabu

POLITIK

1422 dibaca
Ino Berharap Partisipasi Pemilih Pilkada Lebak Sebanyak 75 Persen
1072 dibaca
Puluhan Caleg DPRD Kabupaten Serang Tak Serahkan LPSDK

PENDIDIKAN

1518 dibaca
Kasus UAS SD di Pandeglang Masih Menyisakan Pertanyaan
1179 dibaca
Kerjasama dengan BUMN, Sekda Banten Lepas 20 'Siswa Mengenal Nusantara'
Top