Selasa, 23 Juli 2019

Ops Cipta Kondisi, Polres Serang Minimalisir Pergerakan Massa

[Foto: Haji Imat/inilahBanten]
Sabtu, 15 Jun 2019 | 07:11 WIB - Serang Peristiwa

lBC, Serang - Usai melaksanakan Operasi Ketupat Kalimaya, jajaran Kepolisian Resor  Serang, Polda Banten pada Jumat, 14 Juni 2019 malam, menggelar operasi cipta kondisi menjelang sidang putusan Pemilu Serentak 2019 yang dilaksanakan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) pada tanggal 28 Juni. Operasi dilakukan di dua titik yaitu sekitar Gerbang Tol Ciujung dan Cikande. 

Operasi cipta kondisi yang digelar sejak Kamis, 13 Juni 2019 bertujuan mengantisipasi pengerahan massa serta masuknya barang-barang berbahaya, termasuk diantaranya bahan peledak ke Jakarta. Sasarannya operasi yaitu kendaraan box dan minibus serta kendaraan lainnya yang mengarah ke Jakarta.

"Kegiatan ini merupakan wujud operasi rutin kepolisian. Maksud dan tujuan adalah menjaga kondisi kamtibmas serta meminimalisasir pergerakan massa yang akan berangkat ke Jakarta jelang putusan sengketa pilpres di MK," kata Kapolres Serang, AKBP Indra Gunawan.

Kapolres menjelaskan sebagai daerah penyangga Ibukota Negara, Kabupaten Serang memiliki potensi kerawanan Kamtibmas yang cukup tinggi. Oleh karenanya, operasi cipta kondisi ini akan dilaksanakan hingga menjelang putusan sidang MK pada 28 Juni mendatang. 

"Alhamdulillah, sepanjang dilaksanakan operasi, pihaknya tidak menemukan barang-barang yang dilarang maupun pergerakan massa ke Jakarta," kata Kapolres. 

Dalam kesempatan itu, Kapolres berharap masyarakat tidak berangkat ke Jakarta untuk melakukan aksi unjuk rasa di Gedung MK. Kapolres mengajak kepada seluruh pemangku kepentingan untuk membimbing masyarakat agar menghormati langkah konstitusional dalam menyelesaikan sengketa pemilu, menghindari aksi massa, serta senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Indra Gunawan juga meminta kepada kepada masyarakat agar jangan mudah percaya terhadap berita-berita hoax yang dapat mengganggu kamtibmas di wilayah setempat. Jika menemukan berita hoax, Kapolres berharap agar segera dilaporkan kepada pihak yang berwajib.

"Kita dari kepolisian berharap kerjasama para tokoh agama dan masyarakat untuk ikut mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak percaya terhadap berita-berita yang tidak sumbernya yang dapat mengganggu kamtibmas. Jika ada yang menemukan, segera laporkan ke pihak berwajib," pintanya.

Reporter: Haji Imat
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Ops Cipta Kondisi, Polres Serang Minimalisir Pergerakan Massa

PEMERINTAHAN

628 dibaca
Silpa APBD Kabupaten Serang TA 2018 Capai Rp403 Miliar
1848 dibaca
Dinilai Sukses, Bupati Minsel Belajar Kelola BUMD ke Bupati Serang
1709 dibaca
Pemkab Serang Terapkan Sistem Berbasis Elektronik

POLITIK

824 dibaca
Tak Penuhi Kuorum, Paripurna DPRD Kabupaten Serang Batal Digelar
1871 dibaca
Pilkada Serentak 2020, Golkar Banten Prioritaskan Usung Kader
1777 dibaca
Eks Relawan Sebut Kepemimpinan WH–Andika Bergaya Otoriter

HUKUM & KRIMINAL

2344 dibaca
Orang Tua Kades di Kecamatan Ciruas Dibacok
1399 dibaca
Tiga Pelaku Curas Biasa Aksi di Wilayah KP3B Diringkus
1446 dibaca
Miliki Catatan Kriminalitas, Dua Perampok Asal Malaysia Tak Bisa Dibawa ke Indonesia

PERISTIWA

1816 dibaca
Bupati Serang: TMMD Bangkitkan Budaya Gotong Royong di Masyarakat 
1958 dibaca
Diduga Terlibat Jual Aset Negara, Kejari Didesak Usut Walikota Serang
1733 dibaca
Peringati HANI 2019, Bupati Serang Canangkan Program Bersih dan Aman

EKONOMI & BISNIS

373 dibaca
Soal Pasir Laut, Bupati Tatu Minta Kajian Tim Ahli Dipublikasikan
536 dibaca
Inilah Gadis di Balik Uang Digital Facebook
Top