Minggu, 26 Mei 2024

Naik 100 Persen, Bupati Serang Serahkan Bantuan Keuangan Parpol

[Foto Diskominfosatik Kabupaten Serang]
Senin, 17 Jul 2023 | 16:10 WIB - Serang Politik HEADLINE

lBC, Serang - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah secara simbolis menyerahkan dan penandatanganan berita acara serah terima bantuan keuangan partai politik (parpol) tahun 2023 di Pendopo Bupati Serang pada Senin, 17 Juli 2023. Bantuan keuangan mengalami kenaikan 100 persen dibanding tahun lalu yang disalurkan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Serang.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan menuturkan meski adanya kenaikan bantuan keuangan untuk partai politik namun tidak signifikan. Kenaikan berdasarkan kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang dan DPRD Kabupaten Serang. ”Kesepakatan DPRD ketika APBD membaik meski ada kenaikan tapi tidak signifikan sudah disepakati, karena supaya kondisi APBD juga aman pasti,”ujarnya kepada wartawan.

Tatu bersyukur bisa menyerahkan bantuan keuangan langsung kepada 12 pimpinan parpol tingkat Kabupaten Serang melalui Badan Kesbangpol. ”Tentunya bantuan keuangan dari pemerintah ini sangat bermanfaat bagi teman-teman partai politik, karena tujuan salah satunya untuk penyiapan kader-kadernya dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM) nya,”ucapnya.

Tatu mengatakan dengan bantuan keuangan partai politik meski jauh dari kata cukup, namun pihaknya berharap dengan anggaran yang ada bisa bermanfaat. ”Yang pasti semoga dana ini bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin,”katanya.

Tatu juga mengatakan bahwa sudah menyampaikan kepada teman-teman pimpinan partai politik atas bantuan keuangan tersebut jika dilihat dari cukupnya pasti tidak akan cukup. ”Tetapi bisa dibuat skala prioritas dulu kebutuhan-kebutuhan partai, bisa dibackup dari anggaran ini. Karena sudah ada ketentuan juga penggunaan dana ini,”terangnya.

Sedangkan dampak dari pendidikan politik saat ini yang berdampak terhadap partisipasi masyarakat dalam pemilu, manurut Tatu, jika pada pemilihan legislatif (pileg) cukup tinggi di angka 70 persen namun berbeda pada pilkada masih rendah. Kemungkinan, kata dia karena pada pileg banyak calon yang turun ke masyarakat untuk mengajak dan menyampaikan jadi yang berdampak partisipasi tinggi.

”Memang harusnya baik pada pileg atau pilkada kalau pendidikan sudah bagus harusnya sama jadi partisipasi pada pileg 70 persen harusnya di pilkada juga 70 persen. Ini PR kita semua, PR Pemda Serang, PR jajaran pimpinan parpol untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat,”ungkpanya.

Dengan demikian, sambung Tatu, agar masyarakat paham betul jika mempunyai andil, punya kepentingan sehingga tidak boleh mengabaikannya harus memilih caleg atau calon kepala daerah di wilayahnya masing-masing karena akan menentukan arah pembangunan di wilayah tersebut. Oleh karenanya pendidikan politik sangat penting harus terus dilakukan.

”Terutama teman-teman media sangat penting, punya posisi yang strategis lewat berita media online maupun media manapun disampaikan bahwa ini penting. Karena yang mengurus baik itu kabupaten, kota, provinsi ada legislatif atau ekskutif yaitu suaranya ada di masyarakat, masyarakat harus betul-betul memilih orang yang mumpuni,”paparnya.

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Serang Epi Priatna mengatakan jumlah anggaran yang dialokasikan untuk bantuan keuangan partai politik tahun 2023 sebesar Rp2.485.785.000. Rinciannya sebesar Rp3.000 per suara sah setiap partai politik, sedangkan pad atahun sebelumnya hanya RP1.500 persuara sah. ”(Mengalami kenaikan) 100 persen,”ujarnya.

Adapun penggunaannya, sebut Epi, yaitu untuk kegiatan pendidikan politik dan kegiatan-kegiatan partai politik dalam rangka sosialisasi dan sebagainya. ”Ini akan segera akan disalurkan. Ada pengawasannya setiap tahun, ada laporan untuk kelengkapan pelaporan keuangan ke BPK RI. Sebelum-sebelumnya juga sama sesuai dengan ketentuan,”katanya.

Turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri, Inspektur Rudi Suhartanto, Asda I Nanang Supriatna, Asda II Ida Nuraida, Staf Ahli Bupati Sugihardono dan para pimpinan paratai politik di Kabupaten Serang.[Ars]

 

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Naik 100 Persen, Bupati Serang Serahkan Bantuan Keuangan Parpol

INILAH SERANG

979 dibaca
Tahun 2021, Pemkab Serang Bangun 20 Ponpes Salafi
2716 dibaca
Besok, 50 Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Serang Dilantik

HUKUM & KRIMINAL

1391 dibaca
Baru Belanja Sabu, Tukang Service HP Diringkus Polisi
1446 dibaca
Pembeli, Kurir dan Pengedar Sabu Diringkus

POLITIK

1562 dibaca
Pengamat Sebut Borong Partai di Pilkada Ciderai Demokrasi
556 dibaca
Dikunjungi Andika, Warga Petir Apresiasi Betonisasi Jalan oleh Bupati Serang Tatu

PENDIDIKAN

1304 dibaca
Warga Somasi Ahli Waris Lahan SMPN MancakĀ 
1561 dibaca
Peringati Hari Relawan, Pokja Relawan Pandeglang Ekspedisi Ujung Jawa Tiga Hari
Top